13.4.12

Tips Memilih Modem dan Hemat Internet

Raja Jempol Blog
Masih ngenet di WARNET ? udah tidak jaman lagi, dengan murahnya komputer,notebook maupun netbook yang berkisar antara 1,5 juta hingga 12 juta, kalau untuk sekedar bisa main internetan tidak perlu beli yang mahal. Berbagai modem GSM maupun CDMA banyak dijual diberbagai toko, kalau dibandingkan pergi kawarnet tentulah lebih hemat biaya serta tenaga.


Dalam artikelku kali ini saya mencoba berbagi trik dan tips memilih perangkat modem dan tips menghemat internet. Berikut ini adalah tipsnya :

A. Tips memilih perangkat Modem
Sa’at ini mobile modem bukan lagi barang yang sulit dicari, dihampir semua toko handphone maupun laptop dan juga beberapa operator selular juga menjual mobile modem dalam satu paket dengan SIM card mereka. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih perangkat mobile modem adalah :

1. Jaringan pendukung. Ketahui jenis jaringan apa yang didukung oleh mobile modem tersebut. Jika jaringan GSM periksa apakah dapat menerima jaringan GPRS, UMTS dan HSDPA. Jika jaringan CDMA, periksalah apakah dapat menerima jaringan EVDO.
2. Kecepatan data. Sa’at ini banyak mobile yang menawarkan kecepatan hingga 7,2 Mps. Namun yang perlu diperhatikan adalah kecepatan maksimal jaringan .
3. Jenis interface. Jenis interface mobile modem terdiri dari PCMCIA dan USB. Hampir semua jenis laptop mempunyai slot PCMCIA. Namun kekurangannya adalah slot PCMCIA tidak terdapat pada komputer dekstop sehingga akan membatasi penggunaan modem ini hanya pada laptop. Berbeda dengan mobile modem jenis USB, penggunaannya lebih luas, bisa digunakan pada laptop maupun komputer dekstop.
4. Jenis operating sistem [sistem operasi]. Perhatikan jenis operating sistem yang dapat mendukung perangkat mobile modem yang dipilih. Apakah itu Windows 2000, XP, Vista, MacOS< Windows 7, Windows 8 atau berbagai jenis varian linux. 5. Paket layanan. Perhatikan paket layanan yang diberikan oleh operator selular tersebut pilih kecepatan dan yang hemat biaya, terkadang ada juga paket per KB dan bila melebihi kuota koneksi jadi lemot/lamban. B. Tips hemat berinternet.
Penghematan bisa kita lakukan dengan cara selektif dalam memilih SIM card atau operator yang menawarkan tarif lebih murah, seperti apa yang saya paparkan diatas. Namun penghematan juga dapat dilakukan melalui laptop adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Matikan automatic update, antivirus update yang bekerja pada komputer seperti windows update, antivirus update danlain-lain. Sebaiknya melakukan update secara manual.
2. Matikan fasilitas yang tidak terlalu dibutuhkan pada browser, seperti flash flayer, iklan dan lain-lain dengan menambahkan plugin/add-ons pada browser untuk menonaktifkan aplikasi flash menggunakan flashblock [download pada http://flashblock.mozdev.org] dan untuk menonaktifkan ikaln dapat menggunakan plugin block adblock [download di http://adblockplus.mozdev.org].
3. Hindari membuka sebuah halaman situs terlalu lama. Segera tutup jika tidak dibutuhkan lagi karena terkadang terjadi transfer data tanpa disadari.
4. Segera basmi dengan clean dan delete virus, worm atau spyware yang ada pada komputer karena ketiganya bisa jadi akan melakukan transfer data tanpa disadari.
5. Segera matikan koneksi jika tidak digunakan lagi dan jika tidak terlalu butuh hindari aktifitas yang membutuhkan banyak bandwidth seperti download program, video streaming dan sebagainya.
6. Jika mendownload file yang berukuran besar seperti lagu, video atau gambar, sebaiknya gunakan sistem tarif time based karena sistem ini tidak menghitung berapa besar file yang akan didownload, tetapi perlu diingat jika filenya terlalu besar waktu yang dibutuhkan juga akan semakin lama, dapat juga menggunakan aplikasi Internet Download Manager [IDM].

Selamat berinternet semoga internetan jadi hemat dengan tips ini.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus