23.12.17

Cara Mengurangi Bulu Rambut Kulit Berlebih

Raja Jempol Blog

Semua wanita mendambakan memiliki rambut kepalanya, lembut, tebal, panjang dan indah. Sebagaimana ia memimpikan bulu matanya yang lentik dan bulu alis yang cantik. Namun akan jadi persoalan bila justeru bulu-bulu rambut tumbuh tebal dikulit, wajah, lengan, kaki dan lainya.

Sebelum terlebih jauh bagaimana cara, kiat mengatasi problem ini.
Bulu badan terbagi dalam beberapa macam :

1. Jenis bulu yang tebal, kasar, dan berwarna gelap. Jenis bulu ini biasa tumbuh pada ketiak dan pada bagian vital wanita.
2. Jenis bulu yang istimewa dengan kelembutannya, ketipisannya dan warnanya yang lebih terang. Jenis bulu ini hampir ada pada seluruh bagian tubuh.Salah satu dari kedua jenis bulu tersebut bisa beralih kejenis yang lainnya. Yang kasar beralih lunak dan yang lembut berubah kasar, lebih tebal akibat kelebihan hormone kejantanan pada tubuh dan factor-faktor lain.

Adapun factor-faktor lain penyebab fenomena ini :
Faktor-faktor penyebab tumbuhnya bulu berlebih pada wanita, factor genetic dan dominannya kelebihan hormon jantan pada wanita. Diantara sebab meningkatnya hormon kejantanan pada wanita adalah pembesaran kelenjar diatas ginjal [suprarenal-kelenjar andrenal]. Ovarium [indung telur] juga ikut bekerja menghasilkan sedikit hormone kejantanan, apabila kelenjar ovarium membesar hormone kejantan yang diproduksi juga meningkat.

Terkadang memakai sebagian jenis-jenis obat-obatan, bahan kosmetik yang berefek pada pemingkatan produksi hormone kejantanan dalam jangka waktu yang lama juga menjadi factor tumbuhnya bulu-bulu tersebut. Seperti sebagian jenis antibiotic dan pil kontrasepsi, sebagian obat epilepsy dan cortisone, obat penguat stamina dan sebagian obat penambah selera makan.

Kiat mengatasi problem ini :
Bulu yang tumbuh pada kumis, betis, wajah, janggut pada usia pubertas adalah wajar dan normal bukan kelainan. Cara paling ampuh untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi obata-obatan atau hormone yang bekerja menormalkan hormone kejantanan yang melebihi batas normal.

Cara menghilangkan bulu berlebih :
Apabila penyebab tumbuhnya bulu berlebih tidak teridentifikasi, maka menhilangkannya dengan beberapa cara sebagai berikut :

1. Cara Tradisional. Yaitu cara yang banyak dikenal kalangan wanita dengan menggunakan adonan manisan. Cara ini sedikit mengakibatkan komplikasi, namun dapat dapat diatasi dengan salep selama tiga hari setelah merontokkan bulu berlebih.
2. Menggunakan krim perontok bulu. Yaitu bahan kimia yang bisa menghilangkan rambut sampai kebawah kulit. Ketika menggunakan krim ini sebaiknya dilakukan ujicoba terlebih dahulu, dengan meletakkan krim sedikit pada kulit, apakah ada efek negatifnya atau tidak.
3. Mencabut bulu. Bisa dilakukan dengan penjepit rambut atau alat lainnya. Cara ini cocok dilakukan ketika bulu rambut yang berlebih jumlahnya sedikit. Akan tetapi cara ini juga berefek bisul bekas cabutan, namun bisa diatasi dengan salep.
4. Terapi listrik. Yaitu bulu beserta akar-akarnya dihilangkan dengan alat listrik yang khusus bekerja menghilangkan akar rambut/bulu. Cara ini aman digunakan apabila dilakukan oleh ahli yang professional. Bulu tidak akan tumbuh dalam jangka yang cukup lama.
5. Mencukur dengan silet cukur. Cara ini digunakan pada daerah-daerah yang berbulu tebal. Hanya saja bulu-bulu akan tumbuh lagi, bahkan lebih kasar dua atau tiga hari lagi.
6. Menghilangkan warna. Cara ini dilakukan apabila bulu yang tumbuh pada wajah terhitung tipis. Bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan penghilang warna bulu seperti air oksigen. Cara ini sifatnya hanya menghilangkan warna saja, sehingga warna bulu akan berubah seperti warna kulit.

Sedikit tips agar bulu rambut yang tumbuh pada bagian kulit kita tidak berlebihan..

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus