23.9.12

Trik dan cara Mengatasi Laron

laron laron
Trik Mengatasi Laron, dimusim penghujan ini banyaksekali laron-laron yang bermunculan, terutama ketika malam hari,

Laron adalah rayap jantan dan betina yang sudah matang. Rayap akan memiliki sayap ketika dia telah memasuki usia matang untung melakukan reproduksi membentuk koloni baru. Rayap jantan dan betina yang sudah matang dan memiliki sayap akan keluar di awal musim penghujan. Sehingga kedatangan laron sering dianggap sebagai pertanda awal musim penghujan. Pada awal musim penghujan, rayap yang telah dewasa (atau laron) akan keluar dari sarang dan mencari pasangannya dengan berkumpul di sekitar sumber cahaya.

Sebenarnya laron atau juga rayap dewasa tidaklah hidup satu malam. Laron adalah rayap, dan tentunya dia telah hidup lama sebelum menjadi laron. Laron yang mati adalah laron yang tidak menemukan pasangannya akan mati saat fajar tiba. Sedangkan laron yang menemukan pasangannya akan membentuk koloni baru dan laron betina atau rayap betina akan menjadi ratu di koloni barunya.

Ketika laron keluar inilah yang kadang mengganggu para pemilik warung makanan atau kita sendiri rumah dipenuhi laron ketika malam hari. Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa cara antara lain yaitu :
1. Matikan lampu dalam rumah dan nyalakan lampu diluar rumah saja sehingga laron mengerubuti lampu diluar rumah. Cara ini mengandung resiko rumah harus gelap hingga laron tiada.
2. Menyalakan lilin didekat makanan. Cara ini mengandung resiko bisa membuat terbakar bilalilin jatuh tersentuh hewan lain yang memangsa laron, seperti kucing.
3. Membuat penampungan laron, yaitu menaruh wadah berisi air dibawah lampu yang nyalanya paling terang dalam rumah, karena lampu yang paling terang lebih banyak dikerubuti laron. Ketika laron mengerubuti lampu tersebut pada berjatuhan danterbang lagi, fungsi wadah berisi air adalah agar laron jatuh keair dan tidak bisa terbang lagi/mati.
4. Membuat alat perangkap dari plastik, yaitu dengan membuat plastik pembungkus ditiup kemudian diikat, lalu bagian luar dilumuri sedikit minyak goreng. Setelah perangkap jadi gantungkan didekat lampu dimana laron tersebut banyak mengerubuti, maka ketika laron hinggap akan mati terkena minyak goreng tersebut. Cara ini yang dianggap paling aman dan praktis.

Semoga bermanfa’at trik mengatasi laron dari Raja Jempol


0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus