keong mas
Keong Mas Untuk Pakan Itik, hewan satu ini amat popular sehingga diTaman Mini Indonesia Indah-pun dibuat gedungnya yang begitu besar dan megah. Keong mas yang menjadi musuh para petani dan menganggapnya sebagai hama yang merugikan karena sering menyerang tanaman padi dengan mengerat batang padi hingga padi roboh sebelum panen.
Namun pada dasarnya keong mas mengandung gizi yang besar dan dapat dimanfa’atkan untuk tambahan pakan ternak itik selain bekatul dan kosentrat. Telur yang dihasilkan itik setelah mengkomsumsi keong mas lebih banyak dan lebih berkualitas dengan ciri kuning telur itik agak kemerahan.

Protein dan kalsium yang ada pada keong mas mampu menggenjot hasil telur itik hingga 80%. Dikarenakan keong mas mulai banyak ditemui ketika mulai tanam padi, sementara kebutuhan pakan ternak itik setipa hari, tentulah budidaya keong mas secara intensif merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.
Oops Raja Jempol melihat ada peluang usaha budidaya keong mas yang cukup menjanjikan, ada kabar harga keong mas untuk konsumsi pakan itik skitar Rp.1000,- s/d Rp.1500 perkilo. Dan permintaan cukup besar dikarenakan keong mas mampu meningkatkan produksi telur itik yang tentu saja menguntungkan para peternak itik.
Keong mas dapat dibudidayakan dengan muda karena memiliki sifat cepat beradaptasi dan mudah berkembang biak dalam keadaan yang kondusif bagi hidupnya.

Adapun budidaya keong mas dapat dilakukan sebagi berikut :
1. Membuat kolam tanah, tembok atau terpal dengan ukuran sesuai selera
2. Memasukkan air dalam kolam tersebut dengan ketinggian air cukup 10 cm saja
3. Memasukkan tanaman air [kangkung, teratai,lompong, enceng gondok dll] kedalam kolam yang berfungsi sebagai makanan keong mas
4. Memasukkan ranting-ranting kayu untuk tempat bertelur keong mas
5. Memasukkan indukan keong mas dewasa jumlahnya sesuai ukuran kolam
6. Dalam waktu 2 s/d 3 minggu, keong mas mulai berkembang pesat , seekor keong mas mampu bertelur 1000 hingga 1200 butir dengan siklus hidup 60 hari.
7. Keong mas muda siap dipanen untuk pakan ternak itik.[sumber:Agrobisnis]

Itulah sedikit artikel dari raja jempol semoga bermanfa’at.....

0 komentar:

Poskan Komentar