3.9.12

Masak Belut Yuk !!

belut
Belut ada banyak macamnya belut air tawar/rawa, belut laut [mua] dan belut listrik. Belut yang dimaksud dalam artikel kali ini yaitu belut air tawar/rawa yang banyak dijumpai disawah, sungai dan rawa, namun sa’at ini banyak suda dibudidayakan, bahkan diolah menjadi keripik belut untuk komoditi ekspor.

Sebelum mengolahnya menjadi beberapa macam menu masakan terlebih dahulu bagaimana cara membersihkan hewan licin ini, bau amis dan lendirnya musti dihilangkan, adapun caranya ada dua macam yaitu :
1. Menghilangkan kulitnya, ini dilakukan dengan menekan-nekan belut terlebih dahulu kemudian dari leher hingga ekor dikuliti dengan mengiris melingkar pada bagian leher kemudian kulitnya ditarik kebawah [kelupas] hingga ekor.
2. Ada pula yang membiarkan kulitnya karena gizi kulitnya juga besar, cukup dengan merendamnya dalam larutan air, jeruk nipis, kunyit dan garam.
Setelah mengetahui cara menhilangkan lender licinnya berikut ini beberapa resep untuk belut, perlu diketahui belut yang diolah ini ukuran 30-45 cm atau belut dewasa.

Belut Penyet
Bahan : 4 ekor belut, mentimun, kemangi
Bumbu : cabe rawit, jeruk nipis, kunyit, garam, terasi, tomat, bawang merah, garam
Cara memasak : potong-potong belut dengan ukuran 5 cm, rendam dalam air garam/kunyit/jeruk nipis. Tumis bawang merah dan tomat, goring belut hingga matang. Tomat, bawang, terasi, garam,cabe rawit ditumbuk halus [diuleg dlm cobek] setelah belut matang letakkan hangat-hangat pada sambal dan beri kemangi serta irisan mentimun.

Sate Belut
BAHAN :4-5 ekor belut, dipotong ukuran 1 x 2 x 2 cm
Bumbu : 50 gr bawang bombay, belah menjadi 8 potong,10 buah tomat kecil/tomat ceri,1 sdt minyak untuk menumis,25 gr cabai merah besar, dipotong panjang 2 cm, 25 gr buncis, dipotong panjang 2 cm, 50 gr terong kecil, dibelah jadi 4, 10 buah tusukan satai
Bumbu Marinade:1 sdt merica bubuk, 2 sdt Tobasco (sambal botol), 2 sdt saus tiram, 1 sdt gula pasir,½ sdt garam
Sambal Gamie : 3 buah cabai merah, 5 buah cabai rawit, 1 sdt saus tomat, 1/4 sdt terasi, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt gula pasir, 1 sdm irisan bawang merah, 1 sdt minyak goreng
Cara memasak :
1. Campur semua bahan bumbu marinade, aduk rata.
2. Rendam potongan belut, bawang bombay, tomat, cabai,dan terong kecil selama 2 jam dengan bumbu marinade.
3. potongan belut dipanggang 1/2 matang dan yang lainnya, kecuali tomat dan bawang bombay
ditumis dengan minyak, kemudian ditusuki selanq seling dengan ikan.
4. Panggang sebentar hingga keluar aromanya.
5. Hidangkan dengan sambal gamie.
6. Sambal Gamie : Haluskan cabai merah, cabai rawit, terasi, gula dan garam, tambahkan saus tomat,
minyak, dan irisan bawang merah, aduk rata. Panaskan di atas api kecil beserta cobeknya (cobek dari tanah liat) atau memakai wajan penggorengan.

Oseng-oseng Belut
Bahan: 3-4 ekor belut dipotong-potong 2-3 cm, 1 Bawang Bombay (ukuran Sedang), 3 Sdt Cabai bubuk, 2 Sdm Kecap Asin
Cara Memasak:
Tuang minyak di dalam belut pada wajan panas.Tumis bombay dengan sejumput gula pasir,hingga setengah matang lalu masukkan bubuk cabai,diikuti dengan ikan belut,aduk rata lalu masukkan Kecap Kikkoman sambil aduk rata selama 10 menit.kecilkan api dan angkat.

Pepes Belut
Bahan : 10 bh belut, ½ sdt garam2 sdm air jeruk nipis, 10 butir tomat, dihaluskan, 10 bh cabai rawit merah, 2 cm lengkuas, dihaluskan, daun pisang untuk membungkus, 4 btr bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 cm kencur, 1 sdt ketumbar, 1 buah cabai merah besar, 1 ¼ sendok teh garam, ½ sdt gula pasir

Cara Membuat Pepes :
Bersihkan belut, potong menurut selera. Lumuri belut dengan garam dan air jeruk nipis, aduk rata. Cuci bersih. Campur belut dengan bumbu halus, tomat, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, . Aduk semua bahan hingga rata. Ambil selembar daun pisang, taruh dua sendok belut berbumbu, bungkus bentuk lontong gepeng, semat ujungnya dengan lidi. Kukus selama 35 menit atau sampai belut matang.

Itulah beberapa resep untuk mengolah belut…

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus