6.9.12

Mengenal jenis kertas printing

kertas foto
Mengenal jenis kertas printing, ini diperlukan bagi orang-orang yang sedang menjalankan usaha digital studio. Raja Jempol dalam artikel kali ini coba share berbagai macam jenis kertas untuk pencetakan foto.
Ada beragam jenis kertas untuk keperluan cetak foto, khusunya untuk kertas yang dicetak dengan menggunakan printer ink-jet. Tentu saja dari masing-masing jenis kertas tadi akan menghasilkan cetakkan yang berbeda pula.

Berikut ini adalah beberapa jenis kertas untuk cetak foto :
1. Canvas paper
Jenis kertas ini mampu menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas. Jadi sa’at dicetak akan menampilkan hasil cetak yang persis dengan kertas kanvas.
2. Premium Glossy Photo Paper
Kertas premium glossy atau sering disebut high glossy ini mampu menghasilkan cetakkan dengan efek lebih kilau. Penggunaan kertas jenis ini sangat cocok untuk foto yang mempunyai resolusi tinggi. Jadi kualitas cetakan jadi lebih maksimal dan lebih cerah. Tentu saja harga kertas jenis ini lebih mahal.
3. Double Side Paper
Jenis kertas ini mampu dicetak dua bagian [depan dan nbelakang]. Kualitas cetakannya juga cukup bagus, tidak terlalu kilau, dan cenderung doff. Kertas ini cukup cocok digunakan untuk keperluan cetak pamflet yang digantung, jadi bisa nampak depan dan belakang.
4. Laster Photo Paper
Kertas laster ini juga cocok digunakan untuk mencetak foto beresulosi tinggi. Hasil cetak kertas laster ini nantinya bisa menimbulkan efek kulit jeruk. Jenis kertas laster ini pun juga mampu menimbulkan efek doff. Kertas laster ini juga mempunyai ketahanan yang lebih bagus, jadi foto bisa lebih awet dan tidak gampang pudar. Kertas jenis ini sangat cocok digunakan untuk foto dokumen pribadi, karena bisa awet hingga puluhan tahun.
5. Glossy Photo Paper
Jenis glossy ini merupakan standar cetak foto. Kualitas kertas putih dan mengkilap dan mampu menghasilkan cetak cemerlang. Kertas ini juga cocok digunakan untuk foto beresolusi tinggi, apalgi harga yang relatif lebih murah.
6. Sticker Glossy Photo Paper
Bagi yang ingin memasukkan foto kedalam sticker, maka pilihan yang tepat adalah jenis sticker glossy. Kualitas kertasnya putih dan mengkilap, serta mampu mencetak foto beresolusi tinggi.
7. Inkjet Paper
Untuk jenis inkjet paper ini biasanya digunakan untuk keperluan grafis, seperti mencetak proof arsitektur rumah, grafik bar dan banyak lagi. Kulaitas jenis inkjet ini lebih bagus dibanding HVS biasa, karena serapan pada tintanya lebih bagus, dan lebih cepat kering.
8. Sublim Paper
Kertas jenis ini digunakan sebagai mediator untuk keprluan transfer gambar ke t-shirt [kaos]. Jadi bila ingin mencetak foto kedalam t-shirt maka gunakan jenis kertas ini, karena kertas ini mampu memaksimalkan pemindahan tinta ke t-shirt.

Itulah delapan jenis kertas printing yang patut untuk diketahui bagi mereka yang bergelut dibidang digital studio..semoga bermanfa’at.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus