Budaya bukan Agama

Budaya bukan Agama
Budaya bukan Agama, ada beberapa macam budaya yang dijadikan ajaran agama Islam, ini dikarenakan pada masa penyebaran agama Islam dengan cara merubah secara halus melalui budaya yang ada sebelum Islam masuk. Sunan Kalijaga salah satu waliyullah dengan cara berpakaian serta menciptakan wayang kulit disertai cerita dakwah seperti Dewaruti, Jamus kalimasada dan lain-lain.

Pada era modern sa’at ini ada beberapa budaya lama/kuno dan baru yang dijadikan seolah-olah ajaran yang datang dari Islam dengan sedikit merubah bahasa menjadi bahasa Arab. Pada dasarnya budaya yang dianggap ajaran agama Islam ini tidak diajarkan Nabi pembawa Islam, dengan demikian bila dilakukan tentu saja tidak akan berpahala.

Berikut ini adalah beberapa budaya tersebut :
1. Acara tingkepan atau 7 bulanan wanita hamil adalah budaya Jawa Kuno, ada beberapa orang Islam merubah bahasanya menjadi Walimatul Haml
2. Acara kematian 7 hari, 100 hari hingga 1000 hari, dengan mengadakan Tahlilan yang sejatinya bukan ajaran Islam, namun budaya diluar Islam.
3. Acara bersih desa, diubah dengan ruwah desa
4. Acara ulang tahun diubah haul
5. Dan lain-lain

Itulah sedikit informasi agar dapat diketahui mana yang benar-benar ajaran agama dan mana yang budaya dijadikan seolah-olah ajaran agama, agar umat mengetahui mana yang haq dan mana yang batil, semoga bermanfa’at.

Bagikan ke