Drama Pendek Anak Sekolah

Naskah drama banyak dicari kalangan sekolah untuk memenuhi tugas gurunya, terkadang seorang siswa kesulitan untuk mengarang sebuah naskah drama, untuk itu Raja Jempol mencoba memberikan sebuah contoh naskah drama singkat untuk anak sekolah seperti dibawah ini :
naskah drama
Pentas Musik Di Sekolah
Pada suatu hari di sekolah favorit yang ada di salah satu kota yang sangat tidak asing lagi di Indonesia. Nama sekolahnya Sekolah Menengah Atas “ VanLite” di sekolah itu hanya anak orang kaya dan orang pintar saja yang bisa masuk ke sekolah tersebut. Dan sekolah tersebut termasuk sekolah music dan pada suatu ketika sekolah itu akan mengadakan pentas seni musical untuk menyambut hari jadi sekolah tersebut yang ke 57 tahun. Pada saat anak anak sedang berada di dalam kelas datanglah guru yang bernama pak Sincester memberitahukan bahwa akan diadakan pentas seni di sekolah tersebut. Begini Ceritanya…
PakSin: Selamat pagi anak anak
Selamat pagi pak..( Jawab muridnya serentak )
PakSin: Sebentar lagi sekolah kita akan mengadakan pentas musik yang sangat lumayan besar, ada pentas seni Menyanyi, Dance dan masih banyak yang lain.
Lea: Memangnya acara tersebut diadakan dalam acara apa pak??
PakSin : Ohh iya maaf saya lupa memberitahukan acara pentas seni ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi sekolah kita yang ke 57 tahun
Sandy : Jika saya ingin ikut bagaimana pak?
Pak Sin : Jika kamu ingin mengikuti acara ini silahkan bilang ke saya saja..
Tomy: Siap pak..
Pak Sin pergi meninggalkan kelas..
Mody : Acara apa itu pentas seni.. gak penting sekali.. ( Ucap Mody tidak menghargai )
Eunike : Kamu jangan bilang begitu mody, hargailah apa yang akan direncanakan oleh sekolah ini.. ( Tegur eunike )
Mody : Sudah ya kamu anak ketinggalan jaman, ganti dulu itu kacamata kamu.. ( Ucap mody kepada eunike dengan wajah marah )
Adit : Iya benar kata eunike mody..
Sandy : iya mody aku setuju dengan apa kata mereka.. kamu harus menghargai mereka.
Lea: Sudah sudah kalian jangan bertengkar..
Tomy : Iya sudah sudah.. Bagaimana ini dengan acara yang akan diadakan sekolah kita..Masa kita tidak mengikuti acara itu..
Sandy : Iya bagaimana ini teman??
Adit : Bagaimana ya?? Apa saya boleh ikut dalam kelompok kalian??
Eunike : Boleh silahkan saja untuk bergabung..
Adit : Terima kasih teman kalian sangat baik sekali..
Eunike : Lalu apa mody tidak ikut dengan kelompok kita??
Sandy : memang, apa mody mau bergabung dengan kita?
Adit : Tentu dia mau.. Coba tanyakan lea..
Lea : Mody apa kamu mau ikut pentas seni bersama kami??
Mody : apa?? Aku ikut acara seperti itu?? Malas sekali
Tomy : kenapa mody kamu tidak mau ikut??
Mody : Intinya aku tidak mau!!
Sandy : Sudahlah teman jika dia tidak mau ya sudah tidak perlu di paksakan..
Tomy : Iya benar, lebih baik kita bersama sama menanyakan ke pak sin tentang acara ini..
Sandy : OK..
Bel istirahatpun telah berbunyi kami semua ingin menemui pak sin, untuk menanyakan syarat – syarat apa yang harus dipenuhi ketika melaksanakan pementasan tersebut.
Adit: Selamat siang pak?? Apakah saya boleh masuk?? (Tanya adit sambil mengetuk Pintu kantor pak sin)
PakSin : Iya silahkan masuk.. Ada apa lea?
Lea : Pak saya ingin bertanya Apa saja syarat untuk mengikuti pentas seni ini??
PakSin : Syarat’nya hanya kamu harus memiliki grup yang harus berisikan 6 anggota, dan kamu lea, kamu saya pilih menjadi ketuanya.
Lea : oke pak!!
Sandy : Harus enam anggota pak?
Pak sin : Iya harus sandy.. dan itu sangat penting untuk nilai sastra kesenian sebagia ujian praktek…
Tomy : Yeah, siap pak.. terima kasih..
Mody : Ada urusan apa kamu sama pak sin? Sampai kamu harus mendatangi ruangan pak sin?
Eunike : Tanya apa saja, bukan urusan kamu!!!
Mody : Baiklah.. buat apa juga aku ikut urusan gak penting begitu ( lalu mody pergi meninggalkan teman temannya )
Tomy : Tunggu.. tanpa mody kita tidak bisa mengikuti pentas ini teman.. Karena hanya mody yang bisa dan karakter orang seperti mody yang cocok dari semua anak..
Lea : Benar itu teman..
Adit : Harus bagaimana ini?
Sandy : Baiklah kita datangi saja mody, tapi dengan baik baik ya, jangan ada yang emosi..
Eunike : hai mody,
Mody : Ada apa kalian mendatangi aku? Ada urusan yang penting ya?
Lea : Kami mohon kamu mau memenuhi permintaan kami..
Mody : Memang apa yang ingin kalian minta ke aku?
Tomy : Kami ingin kamu mau menjadi salah satu anggota grub kami, untuk mengikuti acara pentas seni di sekolah ini…
Mody : Memang kalian akan membuat acara pentas seni apa?
Eunike : Menyanyi bersama.. dan ini sangat penting untuk mendapat nilai ujian praktek sastra kesenian..
Mody : baiklah aku usahakan
Adit : terima kasih mody, begitulah jadi anak jangan mementingkan diri sendiri…hargailah teman kamu Teman teman mody pun meninggalkan mody… dan keesokan harinya mereka memulai latihan..
Sandy : Mody ayo kita latihan..
Mody : apa harus sekarang latihannya?
Sandy : iya mody..
Mody : baiklah…
Adit : ayo kita sudah di tunggu pak sin di aula sekolah
Pak sin : baiklah anak anak apakah kalian sudah siap untuk latihan?
Anak anak serentak menjawab siap pak…
Tetapi hanya mody saja yang kurang bersemangat..
Lea : Mody semangat dong..
Mody: iya, baiklah…
PakSin : Mody, apa kamu kelelahan sehingga wajah kamu tampak tidak bersemangat?
Mody: Tidak ada apa apa pak..
Pak Sin : Baiklah kalau begitu.. mari kita mulai latihannya..Semuanya bernyanyi..
Lea: Mody semangat..
Mody: iya iya.. sudah deh jangan banyak omong!!!
Menyanyi kembali…
Pak sin : hey mody… mana expresimu???
Mody: ini sudah berekspresi pak..
Pak Sin : Baiklah.. cukup latihan kita hari ini..Karena percuma kalian tidak bersemangat…
Eunike : kita sudah bersemangat pak.. hanya saja mody yang tidak bersungguh – sungguh mengikutinya.
Mody: apa katamu!!! Aku tidak bersungguh – sungguh, aku sudah bersungguh –Sungguh kamu saja yang sok tau!!
Lea: sudah jangan bertengkar, kita ini haruslebih bersemangat buat pemantasan nanti, kalau kalian terus bertengkar bagaimana kita bisa mengikuti pementasan itu.
Sandy : benar kata lea, kenapa sih harus bertengkar, kita selesaikan semuanya dengan kepala dingin
tomy: benar itu.. sudahlah jangan bertengkar lagi…
Adit: Memang pentas seni kurang berapa hari lagi?
Tomy : Pentas seninya kurang 5 hari lagi..
Mody: Apa?? Kurang lima hari lagi?
Sandy: maka dari itu kita harus serius latihan..
Tomy: semangat..
Empat hari kemudian..
Pak Sin :Bagaimana anak anak hari ini adalah hari terakhir kita latihan..Dan kita harus serius.. Tidak ada kesempatan untuk kedua kali.. dan kita harus serius kali ini…
Siap pak… ( dengan wajah bersemangat )
Mereka berenam latihan bernyannyi bersama dengan bersemangat.
Lea: oke guys!! Lebih bersemangatlagi latihan kali ini, dan untuk kamu mody Ikutilah latihan ini dengan bersungguh – sungguh
Mody: huft… ya.. ya..
Dipertengahan latihan…
Eunike : mody!! Kau menginjak kakiku.. bias gak sih kamu lebih berhati – hati.
Mody:ups… ya aku gak tau nike kalau kakiku sedang menginjak kakimu.
Eunike : maaf katamu. Aku tau pasti kamu sengaja menginjak kakiku kan..
Mody : hey jangan sembarang berbicara kamu!!
Sandy : astaga…!!! Kok bertengkar lagi, nike kamu mendingan aagak jauh dari mody.
Pak sin : ada apa lagi ini!! Ingat!! Ini hari terakhir kalian latihan, jadi saya mohon BERSUNGGUH – SUNGGUHLAH
Semuanya menjawab “baik pak..”
Lalu mereka memulai latihan kembali, tapi gak tau kenapa mereka jadi saling melengkapi dan tak terjadi pertengkaran lagi. Dan mody juga begitu dia mulai bersungguh – sungguh mengikuti latihan itu.
Pak sin : wow..!! ini yang saya tunggu – tunggu, saya harap kalian dipementasan nantilebih bagus dari latihan hari ini.
Lea: mody bagus sekali kamu tadi.. terima kasih karena sudah bersungguh – sungguh mengikuti latihan tadi.
Mody : iya.. aku menyadari kesalahanku.
Sandy : wah bagus itu..
Hari pementasan telah tiba mereka bersiap – siap untuk ganti pakaian yang akan digunakan dalam pementasan nanti.
Tomy: apa kalian sudah siap..
Adit: siap dong..
Lea: eh.. tunggu dulu kayaknya orangnya kurang deh..
Sandy: emangnya siapa ???
Mody: eunikkkee……
Lea: betul.. mana dia!!
Saat untuk pementasan semua peserta di persilahkan untuk duduk dikursi yang sudah disediakan oleh petugas.*****
Paksin : hallo semua selamat malam semuanya!! Selamat datang di pementasan SMP RAJA JEMPOL dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah kita ke – 57 dimana sekolah kita pertama dibangun. Iya.. sekolah kami juga akan menampilkan sebuah persembahan untuk acara hiburan pada malam hari ini
Sedangkan mody, lea sandy, tomy, dan adit kebingungan mencari eunike
Tomy: bagaimana ini acaranya akan segera dimulai!!
Adit: gawat!!
Sandy: lea!! Coba telepon atau SMS dia
Lea: ini sudah kucoba, tapi gak diangkat..
5 Menit kemudian…
Eunike :hay… maaf aku telat, tadi macet banget.
Sandy : kamu kemana saja sih.. acaranya mau dimulai
Lea: iya nih.. kita mencari kamu kemana – mana taau, tetelepon gak diangkat, di SMS gak dibales pula
eunike : ya maaf…
Mody: sudah!! Jangan bertengkar cepat ganti baju sana.
Eunike : ya..******
Pak sin : peserta selanjutnya!! Ini dia kita tampilkan drama musical dari siswa – siswi kami, tepuk tangan yang meriah
tomy: ayo cepat naik ke panggung
Dan merekapun tampil dengan sangat luarbiasa. Sungguh diluar dugaan 10 menit kemudian… setelah mereka selesai
Lea : aku tak menyangka penampilan kita akan sebagus ini
Sandy : tentu…
Mody : ya tentu saja.. maafkan aku ya teman, kalau selama ini aku…
Eunike : kita sudah memaafkan kok
Adit : bagaimana kita bersahabat saja, agar kita bisa bersama – sama.
Tomy : ide bagus itu
Mody : setuju…
Akhirnya mereka memutuskan untuk bersahabat selamanya, dan mody juga akhirnya mau bersahabat dengan mereka…
Selesai

Bagikan ke

12 Responses to "Drama Pendek Anak Sekolah"