17.3.17

Pengertian dan Faktor Globalisasi

globalisasi dunai

Bagi adik pelajar sekolah menengah pertama raja jempol akan share sedikit artikel tentang pelajaran PKN yaitu globalisasi berikut ini adalah kutipannya

Pengertian Globalisasi
Istilah globalisasi berasal dari bahasa Inggris disebut globe yang berarti dunia atau bola dunia. Berdasarkan istilah tersebut maka yang dimaksud dengan globalisasi adalah suatu proses mendunia, dimana semua peristiwa dari ekonomi, politik, budaya yang terjadi dibelahan dunia telah mem[engaruhi kehidupan masyarakat diseluruh dunia ini. Atau dapat disebut dengan pengertian yang lain bahwa globalisasi merupakan suatu proses dimana hubungan sosial dan saling ketergantungan antar manusia didunia ini semakin besar.
Untuk memahami pengertian globalisasi secara luas, selanjutnya marilah kita pahami pendapat dari beberapa ahli tentang globalisasi berikut ini :
a. Martin Alrown
Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana pendudk dunia terhubung kedalam komunitas dunia yang tungal, komunitas global.
b. M. Waters
globalisasi adalah sebuah proses ssoial dimana halangan-halnagan bersifat geografis pada tatatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadara bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.
c. Emmanuel Richter
Jaringan kerja globalisasi yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini kedalam ketergantungan dan perturan dunia.
d. A. G. Mc Grew
Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan dibelahan dunia yang satu dapat membawa konsekwensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat dibelahan diunia yang lain.
e. R. Robertson
Globalisasi adalah proses mengecilnya duni dn meningkatna kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesaling ketergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu dia abad ke 20.
f. Wikipedia Encyclopedia Indonesia
Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (changes), dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalam arti ekonomi, globalisasi mengacu terutama pada liberalisasoi perdanaganan bebas (free trade).
g. Bank Dunia
Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara lain.
h. Dana Moneter Internasional ( IMF )
Globalisasi berarti men9ingkatnya kesaling tergantungan ekonmi antar negara-negara didunia yang ditandai oleh meningkatnya beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.
Globalisasi membuat suatu perubahan kehidupan dunia yanag dulunya sangat sederhana menjadi bersifat multidemensional. Dalam konsep awal orang beranggapan bahwa globalisasi merupakan suatu gejala ekonomi. Dengan adanya globalisasi seperti Toyota, Siemens, Coca cola, Samsung, MC Donald’s yang semua ini berada diberbagai negara diseluruh dunia. Tidak mengherankan apabila globalisasi membuat semakin kuatnya iktan ekonomi, politik, teknologi, dan budaya yang mampu menghubungkan individu, komunitas, perusahaan dan pemerintah diseluruh dunia.
Globalisasi membuat suatu kenyataan bahwa kehidupan dunia menjadi satu kesatuan dalam “satu dunia” yang membuat sebuah desa global ( global ville ) dengan kehidupan manusia, secara individu, kelompok, atau bangsa-bangsa menjadi saling ketergantungan ( interdependent ) dalam semua aspek kehidupan.

Faktor-Faktor Penggerak Globalisasi

Globalisasi dipengaruhi adanya dua faktor yang dapat mendukung proses globalisasi menjadi semkin cepat tersebut, yaitu teknologi konukasi informasi, dan teknologi transportasi.
a. Teknologi Komunikasi dan Informasi
Berkembangnya teknlogi dan informasi dunia yang pesat membuat hubungan manusia antar manusia didunia semakin mudah. Teknologi komunikasi dan informasi yang canggih ini merupakan hasil dari peusahan multinasional dan transnasional yang telah mendunia. Sebelum tercipatnya alat-alat komunikasi yang canggih, tempo dulu manusia dalam berkomunikasi menggunakan sarana komunikasi yang sangat sederhana. Telepon seluler yang dimiliki setiap orang dapat memungkinkan setipa waktu dapat berkomunikasi dengan siapa sahja dimana mereka berada. Dengan internet manusia dapat mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Internet dapat mempermudah suatu transaksi-transaksi dalam dunia bisnis diseluruh dunia.
b. Teknologi Transportasi
Sebelum tercipatnya alat transportasi mutakhir, orang menghabiskan waktu untuk dapat sampai pada daerah tujuannya. Lain halnya sa’at ini, orang menjadi semakin cepat dan mudah untuk mencapai daerah yang dituju. Hal ini, dikarenakan telah tersedia teknologi transportasi yang memadai. Tersedianya sarana transportasi yang semakin canggih dapat mempercepat terjadi perubahan perekonomian suatu negara maupun bidang-bidang kehidupan yang lain, misalnya politik, sopsial dan budaya.

Tanda-tanda Globalisasi
Globalisasi dapat ditunjukan dengan adanya beberapa tanda. Secara umum Budiaynto ( 2005:90 ) menyebutkan bahwa tanda-tanda globalisasi adalah sebagai berikut :
a. Meningkatnya aliran data lintas batas, seperti penggunaan internet, satelit komunikasi, dan telepon.
b. Meningkatkan perdagangan global
c. Adanya desakan berbagai pihak untuk mengadili para penjahat perang di Makamah Internasional ( International Criminal Court) dan adanya gerakan untuk menyerukan keadilan internasional.
d. Meningkatnya, pertukaran budaya (cultural exchange) internasional.
e. Menyebarluasnya faham multikulturalisme dan semakin besarnya akses individu terhadap berbagai macam budaya
f. Meningkatnya perjalanan dan turisme lintas negara
g. Meningkatnya imigrasi, termasuk imigrasi gelap
h. Berkembangnya infrastruktur telekomunikasi global
i. Berkembangnya sistem keuangan global
j. Meningkatnya aktivitas perekonomian dunia, yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan multinasional
k. Meningkatnya peran organisasi-oraginsasi internasional, seperti WTO, WIPO, IMF yang berurusan dengan transaksi-transaksi internasional.

Globalisasi di Indonesia
Bagaimanakah globalisasi di Indonesia ?
Globalisasi di Indonesia sa’at ini sifat dan bentuknya lebih komplek ketimbang, daripada globalisasi tempo dulu. Oleh karena itu, globalisasi bagi Indonesia merupakan suatu tantangan dan suatu kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu bermain dan mengambil bagian dalam kancah globalisasi dunia. Indonesia harus tetap mengikuti hukum globalisasio, dimana suatu peristiwa yang terjadi Indonesia akan memberikan pengaruh pada dunia internasional, sebaliknya peristiwa yang terjadi didunia internasional akan memberikan dampak bagi Indonesia.
Agar bangsa Indonesia dapat ikut bermain dalam globalisasi internasional, maka perlu suatu persiapan diri yang matang dan senantiasa memiliki sikap terbuka. Untuk menghadapi semakin derasnya arus globalisasi diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Dalam penjelasan umum UU No. 20 tahun 2003 pendidikan nasional mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkwalitas sehingga mampu proaktif menjawab tantangan jaman yang selalu berubah.
[sumber : perpustakaan]

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus