15.4.13

Membuat Rumus Matematika di Power Point

Power Point adalah salah satu bagian dari MS.Office yang terkadang digunakan sebagai bahan presentasi. Cara membuat file/dokumen power gampang-gampang susah, mudahnya kalau file power point hanya berbentuk tulisan biasa. Cukup dengan mengetikannya secara langsung kedalam slide power point tersebut,atau juga ketik dalam ms.word kemudian copypaste pada power point.

Yang jadi masalah jikalau membuat file/dokumen power point untuk presentasi “matematika” atau “kimia”yang penuh dengan rumus-rumus yang tidak bisa dibuat pada slide power point secara langsung.

Harus dibuat pada program lain kemudian dicopas pada slide power point, namun terkadang rumus tersebut tidak bisa dicopy,ini berdasar pengalaman RajaJempol ketika membuat rumus matematika dengan ms.word tapi tidak bisa dicopas keslide.
Dari sinilah akhirnya mengetahui kalau file rumus matematika, seperti cos,sin,kuadrat,akar dan lain-lain hanya bisa masuk slide dalam format gambar. Yang jadi masalah juga tidak mungkin membuat rumus matematika dengan paint ataupun photoshop.

Adapun yang Rajajempol lakukan adalah sebagai berikut :
1. buatlah rumus matematika/kimia dengan menggunakanms.word, cara membuatnya tidakdengan mengetikan secara langsung,tapi seperti langkah nomor dua.
2. klik menu “Insert” pada ms.word pilih”Shapes” adaberbagai pilihan pilih “Text Box”.atau juga langsung pilih “Tex Box”tidak melalui shapes.
3. buat text box secukup rumus yang akan diketik, adapun membuat bisa “Insert” pilih “Equation”pada program ms.word.
4. setelah rumus selesai di buat pada halaman ms.word,buka program “paint” dengan posisi “select”
Raja Jempol Blog
5. kemudian copy rumus tadi dengan klik ujung kotak “test box”dan pastekan pada halaman paint,akan tampak seperti gambar dibawah ini :
Raja Jempol Blog
6. setelah rumus muncul pada paint kemudian simpan dalam format “jpeg”.
7. buka file tersebut dengan photoshop atau ms.picture manager untuk mncrop/memotong gambarnya.
8. setelah selesai rumus dalam bentuk gambar tinggal insert/copy pada slide power point.
Nah selesai sudah membuat rumus matematika dan kimia pada program power point.

Semoga bermanfaat artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus