Ada banyak cara untuk membuat telur asin atau mengasinkan telur agar awet dan enak dikonsumsi. Raja jempol mencoba berbagi tip bagaimana cara-cara mengasinkan telur itik, ayam dan telur puyuh. Berikut ini adalah cara-cara tersebut :
telur asin
Yang pertama kali adalah dipersiapkan bahan telur yang akan diasinkan yaitu telur itik, ayam atau telur puyuh. Pilih telur-telur yang dalam kondisi bagus, dengan cara merendam kedalam air jika telur tenggelam hingga dasar berarti telur tersebut bagus, namun jika mengambang setengah atau hingga terapung telur terbut jelek dan tidak layak untuk diasinkan.

1. Mengasinkan dengan air campuran garam

Cara mengasinkan dengan memggunakan air campur garam ini adalah kita ambil air dan garam campur secukupnya, kemudian masukkan kedalam wadah/stoples yangtelah diisi dengan telur-telur. Kemudian ditutup rapat-rapat stoples tersebut.dan setiap 2 hari sekali air garam itu harus diganti dengan yang baru. Lakukan terus menerus hingga 10 hari tergantung jenis telur, telur itiklebih lama.

2. Pengasinan dengan abu dan garam

Pengasinan dengan abu gosok dan garam yaitu abu kita berisedikit air hingga kental kemudian kita campur dengan garam secukupnya. Kemudian adonantersebut digunakan untuk membalut telur-telur hingga rata. Setelah itu letakkan pada wadah dan ditempatkan yang sejuk tidak lembab dan tidak panas kurang lebih 7-10 hari telur telah asin.

3. Pengasinan dengan batu merah dan garam
Tak beda jauh dengan abu gosok,tumbuk halusbatu merah kemudoiian campur dengan garam secukupnya,kasih air aduk hingga kental. Balut bungkus telur-telur dengan adonan tersebut hingga rata. Simpan telur dalam wadah selama kurang lebih 10 hari.

4. Mengasinkan dengan tanah liat dan garam
Ambil tanah liat atau tanah merah, basahi sedikit dengan air jangan terlalu cair karena tanah liat sudah kental. Tambahkan garam secukupnya aduk hingga rata,untuk menambah harum dan indah bisa air merupakan perasan daun pandan hijau, sehingga nantinya telur akan hijau. Bungkus telur-telur tersebut dengan adonan tanah liat plus garam. Cara pengasinan ini memakan waktu 10 hari,dan cara inilah yang paling membuat telur awet tahanlama dibanding cara-cara lainnya.

Itulah tata cara membuat telur asin dengan beraneka trik.

0 komentar:

Poskan Komentar