Kultum Ramadlan Anak Sekolah

Bulan Ramadlan bulan penuh berkah bagi yang berpuasa tak terkecuali dalam momen Ramadlan anak-anak sekolah biasa diisi dan diadakan pesantren Ramadlan di sekolah masing-masing. Dalam rangkaian acara tersebut selain tadarrus, tarawih, buka bersama juga terkadang ada kultum [kuliah tujuh menit], sebagai sarana pelatihan ceramah agama bagi anak sekolah. Untuk itu Raja Jempol share contoh kultum anak sekolah yang bertemakan Ramadlan.
kultum
Judul : Keutamaan Amal Dibulan Ramadlan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT, shalawat beserta salam akan tetap terlimpahkan kepada suri tauladan umat manusia, tokoh paling berpengaruh di dunia, yakni baginda Rasul: Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam. Tak lupa kepada keluarga, para sahabat, dan semua tabiinny. Mudah-mudahan kita dicatat oleh Allah sebagai umatnya, Amin ya rabbal…. Alamin.

Hadirin Rahimakumullah,

Saya akan menyampaikan uraian hikmah tentang ibadah sederhana di bulan ramadhan.
Alhamdulillah, dalam kesempatan ini, kita dapat berkumpul di bulan yang penuh rahmat dan magfiroh dari Allah SWT, yakni bulan ramadhan.

Rasulullah dalam haditsnya bersabda yang artinya :
“Jika telah masuk bulan Ramadhan, pintu-pintu Surga akan dibuka, pintu-pintu Jahannam akan ditutup, dan para syaitan akan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tapi sayang sekali, jika pahala yang melimpah di bulan suci ini hanya diraih dengan puasa dan tarawih saja, padahal sebenarnya ada banyak ibadah yang sederhana dan mudah dipraktikkan dengan pahala yang berlipat ganda.

Yang pertama, senyum.
Senyum itu menampakkan keramahan, bahkan hadist Rasulullah Salallahu Alaihi Wasalam,
watabassumuka fi wajhi akhiika shodaqoh
Artinya, ” Dan senyummu untuk saudara mu adalah sodaqoh. “
kita bisa senyum kepada teman, orangtua, adik, kakak, guru, tetangga, dan semua orang!

Ibadah sederhana kedua adalah Shodaqoh,
Karena bulan ini kita puasa, teman-teman, yuk sisihkan uang jajan untuk berbagi dengan yang membutuhkan, atau infaq di masjid.

Dan Ibadah sederhana yang ketiga yaitu salam, kita bisa mengucapkan salam: ketika masuk rumah maupun keluar rumah, mau masuk mushala atau masuk kelas di sekolah. Yaitu dengan mengucapkan.. Assalamualaikum.
Salam,juga harus di ucapkan setelah mendengar nama Baginda Rasulullah Muhammad, yaitu dengan mengucapkan Sallahu alaihi Wasalam.

Hadirin Rahimakumullah,
Hebatnya lagi, ibadah sederhana; senyum, shodaqoh, dan salam bisa dijadikan oleh-oleh untuk bulan berikutnya. Sehingga kemuliaan bulan romadhon kali ini, dapat mengharumi sepanjang tahun. InsyAllah…

Demikian uraian hikmah tentang ibadah sederhana di bulan ramadhan, semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Teman-teman yang dirahmati Allah,
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Mohon maaf bila ada kesalahan, karena saya masih dalam tahap belajar.

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
itulah kultum singkat anak sekolah,semoga bermanfaat

Bagikan ke

0 Komentar