5.12.13

Tips Agar Balita Sehat


Langkah-langkah agar balita sehat adalah artikel tips untuk merawat anak usia dibawah lima tahun [ BALITA]. Anak usia balita amatlah perlu diperhatikan kesehatan dan pertumbuhannya, karena pada usia tersebut amat rawan akan terserang berbagai penyakit apabila sang ibu kurang mengetahui bagaimana merawat bayi dan balita.
balita sehat
Untuk itu Raja Jempol dalam kepedulian pada bayi dan balita ibu mencoba membagi langkah-langkah untuk dapat diterapkan. Berikut ini adalah langkah-langkah tersebut yang didapat dari berbagai sumber :

1. Kolostrum diberikan tanpa air putih.
Kolostrum merupakan pra susu atau susu pertama yang berwarna kuning kuningan yang dihasilkan oleh mamalia sesudah melahirkan anak.
2. MP ASI diberikan bayi diatas usia 6 bulan
Pentingnya Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) adalah makanan atau minuman yang mengandung gizi diberikan kepada bayi/anak untuk memenuhi kebutuhan gizinya
3. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari
Buahan-buahan sangat dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan dan sayuran yang kaya akan serat sangat bermanfaat bagi balita.
4. Berikan ikan sesering mungkin pada anak.
Ikan segar baik ikan laut dan ikan air tawar yang berkadar kolesterol rendah sangat membantu kecerdasan anak.
5. Anak tidak dibiasakan jajan sejenis chiki dan lain-lain
Makanan jajanan yang dijual bebas dan dikawatirkan berbahan pewarna , serta zat pengawet yang berbahaya bagi kesehatan balita.
6. Bila anak tidak mau/kurang nafsu makan, ibu memasak makanan yang digemari anak.
Anak kurang nafsu makan dan cenderung jajan, usahakan untuk memasakkan sendiri makanan yang digemarinya, agar tidak jajan.
7. Biasakan anak makan sambil duduk
Dengan makan sambil duduk maka makanan akan mudah dicerna serta tidak menimbulkan efek samping seperti keselek, makanan dimuntahkan akibat makan sambil bergerak, berdiri dan lain-lain
8. Makanan selingan dibuat sendiri, seperti kacang hijau dengan santan dan guka merah.
Selain makanan pokok yaitu nasi bisa dibuatkan makanan selingang sejenis bubur kacang hijau yang bisa diberikan ketika menjelang siang hari.
9. Usahan membuat nasi tim untuk anak
Biasakan memberikan nasi tim, karena pencernaan balita yang masih lemah, agar mudah mencerna makanan/nasi.
10. Sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur
Biasakan menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur agar sisa makanan tidak mengaikabtkan gangguan gigi dan mulut.
11. Potong kuku tiga hari sekali
Karena aktivitas balita yang terkadang suka bermain kotor-kotoran/tanah atau sisa makanan terselip pada kuku, dan kuku yang cepat memanjang usahakan memotong kuku tiga hari sekali.
12. Setiap mandi kuku anak dibersihkan
Dengan membersihkan kuku setiap mandi atau mencuci tangan sebelum makan, maka balita terhindar dari berbagai macam kuman.
13. Anak ganti baju setiap kotor
Agar kenyamanan balita dan terhindar dari kuman setiap baju yang dipakai kotor karena kotoran atau makanan dan minuman usahakan diganti.
14. Peralatan tidur dijemur minimal satu kali seminggu.
Supaya balita tidur nyaman dan terhindar dari gangguan makhluk kecil yang biasa berada diperalatan tidur. Jemur minimal satu kali seminggu.

Itulah beberapa langkah agar balita ibu dirumah senantiasa sehat, semoga bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus