7.6.14

Cara mengetahui kualitas harddisk bekas

Cara mengetahui kualitas harddisk bekas, adalah artikel Raja Jempol kali ini guna memberikan sedikit informasi bagi pemakai computer maupun laptop ketika hardisk rusak atau badsector dan untuk mengganti dengan hardisk baru yang harganya lumayan mahal sehingga mesti cari harddisk bekas. Namanya juga barang bekas terkadang masih bagus terkadang malah sebaliknya tertipu karena kurang jeli dan lihat luarnya saja, padahal banyak yang polesan plus label palsu…hehehe.
Untuk itu raja jempol berikan beberapa langkah-langkah agar kita rugi dalam membeli harddisk bekas tersebut. Oke langsung saja berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1. Sediakan peralatan kabel data dan software windows mini yang biasa ada pada HYREN Software
Raja Jempol Blog
2. Amati fisik harddisk terutama bagian baut apakah masih rapi atau sudah pernah dibongkar, piringan disk yang berbentuk bulat perhatikan juga kabel konektornya masih utuh atau sudah robek.
Raja Jempol Blog
3. Goyang-goyangkan perlahan dan sambil dengar, kalau terdengar bunyi yang tidak wajar berarti hraddisk tersebut bermasalah, biasanya kalau digoyang seperti ada benda lain didalam berbunyi tik tik tik.
4. Nyalakan hardisk dengan memakai kabel data yang dilengkapi dengan adaptor, tunggu 5-10 menit, dengarkan juga suara harddisk ketika nyala, bila terdengar tik tik ssst berarti hardisk bermasalah. Perhatikan pula temperature harddisk seberapa cepat dan seberapa panas.
5. Berikutnya hubungkan dengan computer atau laptop melalui kabel data tersebut, bila harddisk bagus maka setelah dihubungkan akan terbaca dengan cepat.
6. Coba copy beberapa files dari computer/laptop kedalam harddisk tersebut, terutama file movie, setelah dicopy coba putar files hasil copyan pada harddisk tersebut, perhatikan secara cermat.
7. Bila tahapan diatas telah dilakukan dan harddisk bekas lolos seleksi, tahapan berikutnya adalah tahapan semifinal yaitu dengan cara masukkan software windows mini, setelah itu coba format hardisk tersebut, bila berhasil diformat harddisk bisa dikatakan bagus.
8. Langkah selanjutnya adalah langkah final, ini juga tergantung pembelian harddisk bekas tersebut apakah sekedar untuk menyimpan files atau digunakan sebagai primary system program. Untuk itu cobalah untuk menginstall harddisk tersebut dengan OS baik win xp, win 7, win 8. Bila proses penginstalan berjalan normal dan tidak lama serta berat atau blue screen maka dijamin harddisk tersebut bagus.
9. Perlu diketahui kalau bisa membeli harddisk bekas minta garansi walau Cuma 1 minggu lumayan karena ada peluang kita untuk menguji harddisk tersebut dengan langkah-langkah diatas.
10. Bagaimana kalau harddisk tidak pake garansi ? caranya coba langsung ditest oleh penjual dimana anda membelinya, Cuma kudu hati-hati dan cermat, kalau saya mending tidak beli harddisk yang tanpa garansi. Hehehe…sebab pada umumnya barang-barang bekas pasti ada garansi minimal 1 minggu.

Itulah tips dari Raja Jempol agar anda tidak rugi dalam membeli hardware second, lagi-lagi jangan lihat tampilan luar yang masih mulus dan bening, sebab barang bekas tersebut bisa disulap penampilan luar bagus tapi dalamannya hancur.

1 komentar:

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus