20.3.18

Contoh Sinopsis Buku

Sebelum Raja Jempol berikan beberapa contoh sinopsis, kelebihan ,kekurangan dan menyimpulkan sebuah buku, perlu diketahui apa itu Sinopsis ?

Pengertian Sinopsis
Sinopsis adalah ringkasan atau garis besar naskah yang menggambarkan isi dari suatu film atau pementasan yang dilakukan baik secara konkrit maupun secara abstrak.

Fungsi dari sinopsis ini adalah
- untuk memberikan gambaran ringkas dari isi naskah
- memberikan gambaran secara cepat mengenai isi naskah
- Sebagai pembuka/ prolog atau epilog dari naskah yang akan dipentaskan.
- Membuat gambaran jelas secara sederhana tentang urutan cerita dalam naskah.
- Draf pedoman pemeran atau pemain dalam pelaku improvisasi.


Sinopsis biasanya digunakan sebagai prolog bagi sebuah naskah baik dalam naskah pendek maupun naskah panjang untuk suatu pemetasan film dan terater panggung. Sinopsis akan memudahkan untuk mengetahui dan memahami secara lebih ringkas pada bagian awal dari suatu naskah tersebut.

Selain sinopsis naskah untuk pementasan di atas juga ada sinopsis lainnya, salah satunya misalnya sinopsis novel. Apakah sinopsis noverl tersebut? :
Sinopsis novel adalah ringkasan cerita novel. Ringkasan novel adalah bentuk pemendekan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. membuat Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang singkat.
Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.
Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.

Langkah-langkah membuat sinopsis
• Membaca naskah asli terdahulu untuk mengetahui kesan umum penulis.
• Mencatat gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan - gagasan yang penting.
• Menulis ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli.
• Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya saja.
• Ringkasan / sinopsis novel tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan buku.

Berikut contoh Sinopsis buku :
Contoh 1 :
Judul : Biologi 1 untuk SLTP kelas 1
Pengarang : Nuryani Rustaman dan Sri Redjeki
Penerbit : PT. GRADITA UTAMA SURABAYA
Tahun penerbitan : 1993
Jumlah halaman : 132 halaman

Sinopsis : Biologi atau ilmu hayat ialah ilmu yang memaparkan segala sesuatu tentang kehidupan makhluk. Nyamuk, cacing, kucing, lumut, beringin merupakan beberapa contoh makhluk. Makhluk-makhluk tadi berbeda bentuknya tetapi mempunyai aktivitas yang sama. Semua makhluk melakukan aktivitas yang merupakan ciri hidup yaitu bernapas, makan, bergerak, berkembang biak dan lain-lain.(hal 1)
Ciri-ciri makhluk : bernapas, bergerak, makan, tumbuh, berkembang biak.
Keaneka ragaman mahkluk itu menakjubkan. Makin banyak kita mempelajarinya makin terbuka kita akan keaneka ragaman tersebut. ( bab.3 hal. 15 )
Keaneka ragaman tumbuhan, didunia ini hidup lebih dari 30.000 jenis tumbuhan yang berbeda-beda. Diantaranya ada yang tingginya sampai berpuluh-puluh meter, yang lainnya terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop.
Bagian-bagian tubuh tumbuhan, kormus, akar, batang, daun,.
Keaneka ragaman hewan, dibumi kita hidup berbagai jenis hewan. Ada belalang sembah, merpati, orangutan, kelinci, lumba-lumba. Walaupun berbeda-beda, hewan-hewan tersebut memiliki kebutuhan yang sama.(bab.6)
Ekosistem. Dalam ekosistem terjadi interaksi antara komponen-komponen penyusunnya sehingga terbentuk suatu satuan fungsional. Keseimbangan suatu ekosistem akan berubah bila terjadi gangguan pada salah satu komponennya. Komponen-komponen dalam suatu ekosistem berupa makhluk dan benda-benda tak hidup. Makhluk hidup dalam sebuah ekosistem membentuk tatanan. ( bab 7 halaman 95-117)

Kelebihan : Buku memberikan gambaran secara mendetail tentang makhluk hidup hewan dan tumbuhan, jenis-jenis, bagian-bagian, kehidupannya.
Gambar-gambar yang disajikan turut mendukung pemaparan dari isi buku ini. Penjelasan tentang ilmu biologi kehidupan makhluk hidup disajikan dengan baik dan mudah dipahami.
Kekurangan : Kekurangan buku ini adalah gambar-gambar yang disajikan masih hitam putih tidak berwarna seperti kondisi asli makhluk tersebut.
Tidak disertai bahasa “latin” dari nama-nama hewan tumbuhan serta jenis dan bagian-bagiannya.

Kesimpulan : Dengan membaca buku ini akan menambah pengetahuan dan wawasan keilmuan bagaimana makhluk hidup disekitar kita hidup dan berkembangbiak.
Untuk menambah kesempurnaan buku ini gambar-gambar disajikn berwarna atau hasil pemotretan secara langsung mahkuk hidup tersebut, disertai sebuah tugas nyata bagi siswa untuk mengamati makhluk hidup tersebut.

Contoh 2 :
Judul : Sodoran Tarian Khas Masyarakat Tengger
Pengarang : Drs Suyitno
Penerbit : CV.Mediatama
Tahun penerbitan : 2006
Jumlah halaman : 74 halaman


Sinopsis : Sodoran, tarian adat Tengger. Banyaknya aneka ragam budaya daerah yang ada dinegara kita harus berbangga. Karena kita bisa mempelajari dan memperdalam khasanah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan kebangsaan, sehingga kita dapat saling mempererat tali persaudaraan diantara kita, tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama dan antargolongan. (hal 1 )
Sodoran, rangkaian pujan karo. Sodoran merupakan sebuah tari klasik tradisional yitu bentuk tari yang mengandun nilai-nilai luhur, bermutu tinggi yang dibentuk dalam pola-pola tertentu dan terikat. Sealin itu tarian ini mengandung nilai-nilai filosofis yang dalam, simbolis, religius dan tradisi yang tetap. ( hal 10 )
Dasar gerak tari sodoran. Para pemain yang membawakan tari Sodoran ini harus benar-benar ekspresif dan khidmat. Artnya jika para pemain melakukannya dengan serampangan maka mereka dianggap tabu. (hal 13 )
Kelengkapan tarian sodoran.
1. Susunan formasi dasar/pola lantai
Formasi dasar pada tari sodoran ini bentuknya baku, artinya dari tahun ketahun tidak mengalami perubahan.
2. Tata rias, tata busana, tata panggung
Tata ras yang dimaksud adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mengubah wajah (penampilan) dari bentuk asalnya.
3. Alat dan irama gending
Untuk mengiringi tari sodoran ini digunakan gamelan laras pelog seperti kendang, peking, saron, bonang, kenong, gambang, slenthen dan gong.

Kelebihan : Tarian Sodoran tarian khas masayarakat tengger dikupas secara detail dalam buku ini dari muali seajarah tarian, sejarah tengger, makna tarian sodoran, kelengkapan tarian, sususan formasi, tata rias , alat irama pengiringnya serta tata cara/pola menarinya.

Kekurangan : Buku ini menjelaskan secara terinci tentang tarian sodoran dengan jelas dan baik akan tetapi tidak disertai dengan gambar/foto penari, tata rias, alat-alat pengiringnya dan gambar gerakan penarinya. Gambar-gambar yang disajikan hanya berbentuk simbol-simbol yang sulit dipahami.

Kesimpulan : Tarian Sodoran tarian khas masyarakat tengger merupakan sebauh tarian pujan karo bernuansa religius yang hingga saat ini masih sering dijumpai dikawasan Tengger bromo pada upacara adat setempat.
Dengan membaca buku ini kita dapat mengetahui keanekaragaman budaya yang ada dinegeri kita yang tercinta.

Contoh 3 :
Judul : Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP kelas VIII A
Pengarang : Wisnu Suharnoko
Penerbit : CV Karya Mas Pustaka
Tahun penerbitan : 2005
Jumlah halaman : 80 halaman

Sinopsis : Sebuah buku yang menyajikan teori dan praktik cerdas cara belajar efektif, rasional dan tangkas tentang teknologi informasi dan komunikasi.
Pengenalan perangkat lunak pengolah angka salah satu kelompok microsoft office yaitu microsoft excel. Microsoft excel adalah salah satu software atau paket program perangkat lunak yang dapat memadukan tiga macam program aplikasi, yaitu work sheet/spreadsheet (lembar kerja), database (pengolah data) dan graphics (grafik) dengan bentuk baku yang muncul adalah modus Lembar Kerja, sehingga lain seperti pada microsoft word yang begitu tampil langsung disodori lembar kertas kosong.
Pada keadaan baku begitu mengaktifkan microsoft excel telah tersedia sebuah work book kosong yang berisi tiga lemabr worksheet atau lembar kerja. Dalam keadaan terbuka, kita diperkenankan membuka berkas atau buku kerja baru tanpa mengganggu berkas atau buku kerja yang telah terbuka sebelumnya.
Apabila berkas telah disimpan maka perintah penyimpanan akan melakukan penyimpanan dengan formasi yang telah diberikan dari catatan sebelumnya atau akan menyimpan dengan nama dan format yang sama seperti sebelumnya, atau akan menyimpan dengan nama dan format yang sama seperti berkas penyimpanan sebelumnya.

Kelebihan : Petunjuk pemakaian sebuah program/aplikasi komputer disertai cara praktek dijelaskan dengan gambar dan penjelasan/keterangan yang detail dan mudah dipahami.

Kekurangan : Gambar tidak berwarna, serta definisi/pengertian istilah tetentu terlalu singkat.
Program yang disajikan dalam panduan praktek masih versi lama.
Padahal dari periode keperiode muncul versi baru microsoft office 2003, 2007, hingga 2013.

Kesimpulan : Semakin majunya zaman perlu diiringi dengan wawasan pengetahuan dibidang teknologi komputer informatika bagi pelajar agar tidak ketertinggalan dari negara-negara lain.
Dengan membaca dan mempelajari buku ini maka akan menambah keterampilan bagi pelajar tentang teknologi komputer.


1 komentar:

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus