23.1.17

Proses Penanaman Padi

Padi adalah salah satu tanaman utama bagi para petani di Indonesia, selain karena konsumsi padi sebagai bahan makanan pokok rakyat Indonesia juga merupakan tanaman yang relatif cepat masa panenya, dalam setahun bisa dilakukan 2 kali masa tanam.
Bagimana proses dan tatacara penanaman padi, berikut ini sedikit proses penanaman padi yang umum dilakukan oleh petani di Indonesia.
1. Penyiapan lahan, lahan dibersihkan dari sisa tanaman sebelumnya dengan cara mengarit/memotong dan membakarnya hingga bersih.
2. Membajak lahan, lahan yang telah bersih dibajak dengan traktor atau alat bajak, dengan tujuan membalikan tanah bagain bawah keatas serta membuat lahan jadi gembur.
3. Setelah dibajak lahan direndam dengan air, diikuti dengan pembajakan kedua agar tanah jadi rata.
4. Pembibitan, pembuatan bibit padi, bbit padi debiuat dengan cara merendam benih-benih padi beberapa hari, kemudian ditebar pada lahan pembibitan. Lahan pembibitan dibuat dengan berbagai campuran pupuk kandang atupun pupuk buatan.
Penanaman Padi
5. Setelah beberapa minggu bibit mulia tumbuh, dilakukan persiapan lahan untuk ditanami
6. Penanaman padi atau Tandur, adalah proses penanaman bibit padi yang telah dibuat kelahan yang lebih luas atau sawah
Penanaman Padi
7. Proses selanjutnya pemupukan, penyiangan, penyemprotan hama hingga padi berbuah dan siap dipanen ketika telah menguning.

Itulah sedikit proses penanaman padi, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus