Diera saat ini mencari pekerjaan amat sulit sekali kalau tidak mempunyai skill dan keahlian yang mumpuni sebab antara lapangan kerja dengan pencari kerja berbeda sangat jauh sehingga kompetisi untuk meraih pekerjaan amatlah ketat. Selain melawan koneksi atau family dalam perekruitan pekerjaan, menyebabkan banyak pencari kerja yang mempunyai skill malah tersingkir. Untuk itu perlu memanfaatkan skill yang dimiliki untuk membuka lapangan kerja sendiri dengan berwirausaha. Lagi-lagi kendala permodalan yang jadi momok menakutkan untuk memeulai usaha baru, namun jika kita sadar wirausaha tidak musti ujuk-ujuk besar namun bisa dimulai dari kecil menjadi besar.
kerja keras
Dalam berwirausaha dibutuhkan resep khusus agar yang kecil menjadi besar, adapun resep tersebut adalah “Konsep kerja empat kartu As, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas”
Kerja keras
Kerja keras adalah kunci utama untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dalam hal apa pun. Sudah pasti kita memperoleh sesuatu itu bukanlah perkara yang gampang semudah membalik telapak tangan atau hanya dengan meminta, tapi sekali lagi harus dengan kerja keras. Kerja keras adalah berusaha dengan sepenuh hati dengan sekuat tenaga untuk berupaya mendapatkan keingingan pencapaian hasil yang maksimal pada umumnya. kerja keras merupakan salah satu cara yang dapat digunakan bila mana sesuatu hal ingin di capai, kerja keras untuk ini itu, dan yang penting kerja keras dalam konteks yang positif tidak serta merta bekerja keras untuk tujuan yang negatif ( malakukan perbuatan melanggar hukum, merugikan hak asasi orang lain dan merugikan lingkungan di sekitarnya).
Ciri orang yang memiliki semangat kerja
Orang yang memiliki semangat kerja akan terlihat berbeda dengan orang tidak memiliki semangat kerja. Ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Kerja keras dan teliti
2. Menghargai waktu
3. Orientasi ke masa depan
4. Bertanggung jawab
5. Hemat dan sederhana
6. Adanya iklim kompetisi/bersaing secara jujur dan sehat
Perilaku yang mencerminkan kerja keras
Perilaku orang yang mencerminkan kerja keras antara lain :
1. Bersungguh-sungguh dalam mengerjakan sesuatu agar meraih hasil yang maksimal.
2. Mengerjakan tugas selalu tepat waktu.
3. Menjalankan tugas sebaik-baiknya yang menjadi tanggung jawab.
Kerja Cerdas
Kerja Cerdas adalah kerja yang tidak hanya mengandalkan otot, namun juga menggunakan otak, bisa berpikir kreatif dan inovatif, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan waktu yang efektif, sehingga masih memiliki waktu dan energi untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan yang lainnya. Dan biasanya kerja cerdas ini dimiliki oleh kaum intelektual atau ilmuwan. Jadi, bekerja cerdas adalah pandai melihat peluang, memperhitungkan risiko dan mampu mencari solusi dalam penyelesaiannya.
Kerja Tuntas
Kerja Tuntas adalah bekerja dengan semangat, sampai selesai dan tidak setengah-setengah. Seberapa pun banyaknya pekerjaan kita, harus kita selesaikan sampai akhir (finis), sehingga semua pekerjaan kita memperoleh hasil yang sukses.
Kerja Ikhlas
Kerja Ikhlas adalah bekerja dengan hati, dengan niat yang tulus semata-mata untuk ibadah dan mencari keridhaan Sang Pencipta, sehingga jika akhirnya berhasil maka kita akan lebih bersyukur dan jika tidak berhasil, maka kita tidak akan kecewa, karena semuanya sudah diatur oleh yang Kuasa, kita tinggal berusaha dan berdo'a. Jadi, jika kita bekerja dengan ikhlas, maka kerja kita bernilai ibadah dan ada ganjaran pahala buat kita.




Facebook Google twitter
Cari: Konsep kerja empat kartu As