16.11.17

Asal-asal Usul Desa Suwaluh

Menurut beberapa sumber asal-usul nama desa Suwaluh ada dua versi.
Yang pertama, Suwaluh berasal dari kata Waluh yaitu sejenis sayuran labu pada masa itu desa dibuka dari sebuah lahan perkebunan yang dipenuhi tumbuhan waluh. Hingga pada masa-masa berikutna hasil panen Waluh atau Labu tersebut melimpah sehingga dinamakan Suwaluh. Desa Suwaluh ini terdapat 2 dusun yaitu Dusun Pelawangan Lor dan Dusun Pelawangan Kidul.
Versi yang kedua, Suwaluh berasal dari nama orang atau Tokoh yang babat alas atau membuka kawasan hutan menjadi perkampungan, nama orang tersebut Suwalloh, sehingga pada hari-hari berikutnya perkempungan tersebut disebut Suwaluh. Suwalloh adalah seorang penyebar agama islam, tak heran jikalau sejak dahulu didesa Suwaluh tidak ada adat istiadat jawa semacam ruwah desa dan lain-lain sebab yang membuat desa adalah seorang penyebar agama Islam.
Desa Suwaluh terbagi menjadi dua dusun yaitu, Dusun Suwaluh Utara yang dikenal dengan tokohnya Purboyo dan Dusun Suwaluh Santren dengan tokohnya H. Abu Bakar.
Adapula yang mengatakan Desa Suwaluh termasuk dalam Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, di Desa Suwaluh ini terdapat 2 dusun yaitu Dusun Pelawangan Lor dan Dusun Pelawangan Kidul.
Jejak peradaban di desa Suwaluh sangat banyak dan merata, terutama di persawahan Pelawangan, terdapat banyak gumukan yang tersebar di persawahan tersebut, juga 2 tempat yang disebut Pelawangan Lor dan Pelawangan Kidul.
Selain itu jejak peradaban juga ada di sekitar area masjid Agung Purboyo dan wilayah yang berbatasan dengan Dusun Wringinpitu dan Desa Waruberon. Beberapa waktu yang lalu ada sebuah komunitas Pecinta Sejarah dan Budaya mengadakan eskavasi mandiri di Pelawangan Kidul mereka melakukan penggalian seizin pemilik tanah dan pemerintah Desa Suwaluh.
Menurut hasil penelitian mereka bahwa di desa Suwaluh ini khususnya di Pelawangan pernah ada pemukiman era Majapahit, bahkan baru baru ini ITS turut melakukan riset di Pelawangan dengan menggunakan Georadar yang hasilnya kemudian diseminarkan di gedung seminar ITS tahun lalu, Hasil analisis foto satelit dan hasil Georadar menyatakan bahwa pernah ada sebuah pemukiman kuno di Desa Suwaluh.

3 komentar:

  1. alhamdulillah, ingin rasanya saya menggali lebih dalam mengenai sejarah desa suwaluh, kalau boleh sya bertanya apakah ada riwayat/biografi mengenai kedua tokoh Islam di Desa Suwaluh tersebut? terimakasih

    BalasHapus
  2. Saya Ada lah salah satu keturunan dari purboyo.. Senang sekali mengetahui tulisan tersebut... Barakallah mudah2 digali lebih intens lagi... Ini salah satu sejarah peradaban di tanah jawa.. Khususnya daerah jatim... Ternyata perkembangan Islam sudah Ada pada masa itu

    BalasHapus
  3. Subhanallah semoga desanya menjadi desa yg BALDATUN TOYIBATUN WA ROBUN GOPUR BERKAH KADES WAI JAHA LAMPUNG

    BalasHapus

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus