Makalah Hasil Wawancara Profesi

Bagi adik-adik pelajar khususnya awal menginjak SMA terkadang kesulitan membuat sebuah makalah yang biasa diberikan tugas oleh gurunya. Untuk beberapa hal dalam sebuah makalah ada Kata pengantar,Daftar Isi, sampai dengan Penutup dan Daftar pustaka ini semua bias dikarang dengan pikiran sendiri. Namun pada isi inti makalah harus dibuat berdasar penelitian secara nyata, seperti hasil observasi dan wawancara.Raja Jempol coba memberikan contoh isi inti sebuah makalah yang bertemakan wawancara dengan seorang profesi yaitu seorang bidan.
Berikut ini contoh makalahnya
:
ibu bidan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Bidan adalah sosok wanita terpercaya dalam mendampingi dan menolong ibu yang melahirkan. Peran dan posisi bidan dimasyarakat sangat dihargai dan dihormati karena tugasnya yang sangat mulia, memberi semangat, membesarkan hati, mendampingi, serta menolong ibu yang melahirkan sampai ibu dapat merawat bayinya dengan baik.
Bidan sebagai pekerja profesional dalam menjalankan tugas dan prakteknya, bekerja berdasarkan keilmuan, metode kerja, standar praktik pelayanan serta kode etik yang dimilikinya.

B. Tujuan
Tujuan dari wawancara dengan seorang bidan adalah sebagai berikut :
1. Agar mengetahui profesi bidan,
2. Untuk mengetahui Tugas-tugas seorang bidan,
3. Kehidupan bidan dalam keluarga daan masyarkat.

C. Nara sumber
Sebagai narasumber untuk wawancara adalah Ibu Jempol seorang bidan dilingkungan Desa Raja Jempol kecamatan Jempoler dan juga bertugas di Puskesmas kecamatan Jempoler.

D. waktu dan tempat
Wawacara dilaksanakan dirumah kediaman Bu bidan Jempol, yang juga melayani pengobatan pada warga ketika selesai bertugas di Puskesmas, pada hari minggu sore ketika masa libur waktu yang tepat untuk wawancara tersebut.


BAB II
Isi Hasil Wawancara

A. Pengertian Bidan
Bidan adalah seorang yang telah menjalani program pendidikan bidan yang diakui oleh negara tempat ia tinggal, dan telah berhasil menyelesaikan studi terkait serta memenuhi persyaratan untuk terdaftar dan atau memiliki izin formal untuk praktek bidan. Yang diakui sebagai seorang profesional yang bertanggungjawab, bermitra dengan perempuan dalam memberikan dukungan, asuhan dan nasehat yang diperlukan selama kehamilan, persalinan dan nifas, memfasilitasi kelahiran atas tanggung jawabnya sendiri serta memberikan asuhan kepada bayi baru lahir dan anak.

B. Isi wawancara
Berikut ini adalah sepuluh pertanyaan dan jawaban :
1. Apa sekolah ibu sebelum menjadi bidan ?
Sekolah yang dijalani yaitu Akademi Kebidanan ( AKBID ) yang banyak tersebar semacam STIKES, POLTEKES dan lain-lain.
2. Berapa lama untuk sekolah dalam bidang kebidanan ?
Untuk menjalani pendidikan kebidanan ada jenjang 3 tahun hingga 4 tahun.
3. Apa yang diajarkan dalam sekolah kebidanan ?
Disekolah kebidanan diajarkan berbagai ilmu tentang kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil dan bayinya.
4. Apa syarat menjadi bidan ketika telah lulus sekolah ?
Setelah lulus, untuk menjadi seorang bidan harus mengajaukan permohonan kepihak berwenang agar mendapat status bidan resmi serta lisensi untuk membuka praktek sebagi bidan SIKB. Syarat untuk mendapatkan Surat Izin Kerja Bidan (SIKB) dan Surat Izin Praktek Bidan (SIPB) adalah Surat Tanda Registrasi (STR).Sedangkan syarat untuk mendapatkan STR adalah sumpah atau janji bidan dan uji kompetensi. SIKB untuk bidan yang bekerja di desa atau yang punya wilayah kerja dan tidak diperbolehkan untuk menolong persalinan diluar wilayah kerjanya.Sedangkan SIPB, diterapkan bagi bidan yang bekerja di Rumah sakit (RS), Bidan Praktek Swasta (BPS) dan Puskesmas yang tidak mempunyai wilayah kerja.
5. Apa tugas utama bidan ?
Tugas mandiri bidan yaitu
a. Menetapkan manajemen kebidanan pada setiap asuhan kebidanan yang diberikan.
b. Memberi pelayanan dasar pra nikah pada remaja dengan melibatkan mereka sebagai klien
c. Memberi asuhan kebidanan kepada klien selama kehamilan normal
d. Memberikan asuhan kebidanan kepada klien dalam masa persalinan dengan melibatkan klien /keluarga
e. Memberikan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir
f. Memberikan asuhan kebidanan kepada klien dalam masa nifas dengan melibatkan klien /keluarga
g. Memberikan asuhan kebidanan pada wanita usia subur yang membutuhkan pelayanan KB.
h. Memberikan asuhan kebidanan pada wanita dengan gangguan sistem reproduksi dan wanita dalam masa klimakretium dan nifas
6. Berapa lama masa tugas seorang bidan ?
Masa tugas seorang bidan sebelum menjadi bidan resmi atau PNS, ada juga bidan PTT yang datang itu ada yang suadh menjalani satu dan dua kali kontrak. Setiap kali kontrak, masa kerjanya tiga tahun, para bidan PTT bahkan sudah banyak yang diangkat sebagai PNS setelah menjalani masa tugas 8-10 tahun. Setelah menjadi PNS masa tugas selayaknya PNS.
7. Apa ada tantangan ketika awal menjadi bidan ?
Pada awal bertugas didesa tantangan utama adalah masih banyaknya warga membawa wanita-wanita hamil kedukun bayi tradisional yang masih kurang pengetahuan kesehatan dan masih mempercayai berbagai mitos, sehingga kedatangan bidan dianggap hal aneh dan dituduh miring karena tidak memepercayai berbagai macam mitos kehamilan.
8. Apa perbedaan bidan dengan dokter kandungan ?
Perbedaan antara Bidan dan dokter kandungan adalah:
a. Bidan cenderung memiliki filosofi, lebih holistik dan memandang bahwa persalinan adalah aproses yang alami. Sedangkan dokter kandungan lebih cenderung memiliki perspektif medis dan melihat kelahiran sebagai sebuah peristiwa yang risiko.
b. Bidan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu selama proses persalinan dan dalam kunjungan prenatal. sedangkan dokter kandungan mungkin hanya akan menemani pasien saat tahap akhir proses persalinan atau saat pembukaan.
c. Dokter kandungan lebih cenderung untuk menggunakan intervensi medis seperti induksi, episiotomies serta merekomendasikan caesar.
d. Bidan praktek di pusat-pusat kelahiran (RS, RB, BPS) atau mendampingi proses persalinan dirumah. tidak seperti dokter kandungan yang praktek hanya di rumah sakit atau rumah bersalin
e. Dokter kandungan dilatih sebagai ahli bedah dan dapat melakukan operasi caesar, sedangkan bidan tidak dapat melakukan operasi.
f. Dokter kandungan bisa menangani klien dengan resiko tinggi maupun risiko rendah dan sedangkan bidan hanya bisa menangani klien risiko rendah.
9. Setiap desa ada bidan masing-masing apa saling bersaing ?
Semua bidan tergabung dalam satu organisasi yang bernama Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) dalam organisasi ini para bidan dibina bahwa mereka bertugas untuk melayani warga bukan menjadikan bidan sebagai profesi untuk mengumpulkan uang semata, namun sebuah pengabdian pada masyarakat sehingga antara satu bidan dengan bidan lain saling membantu dan bekerjasama.
10. Bagaimana mengatur waktu sebagai seorang bidan dan ibu rumah tangga ?
Dalam mengatur waktu untuk melayani masyarakat sebagai bidan dan untuk memgurus keluarga sebagai ibu rumah tangga. Saya atur ketika akan berangkat ke PUSKESMAS untuk dinas terlebih dahulu menyipakan makanan, merawat anak-anak. Dan ketika pulang dinas juga membuaka layanan kesehatan dirumah pada warga.


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Bidan adalah seorang yang telah menjalani program pendidikan bidan yang diakui oleh negara tempat ia tinggal, dan telah berhasil menyelesaikan studi terkait serta memenuhi persyaratan untuk terdaftar dan atau memiliki izin formal untuk praktek bidan. Bidan dalah ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat terutama bagi kalangan ibu dan bayi. Dengan ditempatkan diwilayh desa tentulah merupakan pelayan kesehatan tingkat dasar sebuah masayarakat.

B. Saran
Agar pemerintah terus berupaya mendukung profesi bidan dengan cara meningkatkan kwalitas SDM bidan melalui penyediaan fasilitas pendidikan bagi bidan.
Bagi organisasi diharapkan agar terus berupaya mengembangkan pelayanan dan pengetahuan bagi semua bidan secara adil dan merata.

Itulah contoh makalah wawancara dengan seorang berprofesi yang kebetulan dalam contoh adalah seorang bidan.makalah bisa disusun berdasar wawancara dengan siapa apakah, pilot, guru,insiyur, polisi,artis danlain-lain.
Semoga bermanfaat
.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar " Sara Jorok Spam" ma'af Saya Hapus