Kata Bijak Warisan Bob Sadino

Beberapa waktu yang lalu seorang pengusaha sukses meninggal dunia, kesuksesannya dimulai dari keuletan.Berawal dari Ternak 50 Ekor Ayam, Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Ia dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan yang nomor satu, yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang.
Harta warisan yang ditinggalkannya tentulah banyak namun harta warisan termahal darinya adalah ketekadan, keuletan dalam merintis bisnis.
kata bijak
Untuk itu Raja Jempol sharing beberapa kata-kata bijak Bob Sadino untuk dijadikan motivasi raih kesusksesan.
1. Orang pintar biasanya paling banyak harapannya. Bahkan maunya berhasil dalam waktu singkat. Padahal kita tahu semua itu Impossible! 0rang goblok harapannya hanya satu ; hari ini bisa makan!

2. Orang pintar biasanya banyak ide, bahkan terlalu banyak sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sementara orang ‘goblok’ mungkin hanya punya satu ide, dan satu ide itulah yang menjadi pilihan usahanya.

3. Orang ‘goblok’ biasanya lebih berani dibanding orang ‘pintar’. Kenapa ??? Karena orang ‘goblok’ sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya orang ‘pintar’ terlalu banyak pertimbangan sehingga tidak melangkah-langkah.

4. Sekolah terbaik adalah sekolah kehidupan, sekolah jalanan, sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya untuk mengeksplorasi dengan leluasa seluruh potensinya yang ada padanya.

5. Orang bodoh sulit mendapat pekerjaan sehingga dia terpaksa buka usaha sendiri. Dalam perjalanan bisnisnya agar semakin sukses dia harus merekrut orang pintar. Alhasil orang bodoh tadi jadi bos nya orang pintar.

6. Orang pintar belajar keras untuk mendapatkan ijazah dan secepat mungkin melamar pekerjaan. Orang bodoh berjuang keras secepatnya mendapatkan uang, agar bisa membayar pelamar kerja.

7. Semakin goblok seseorang, akan kian banyak ilmu yang diperolehnya. Saya menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain.
8. Anda berpikir seribu mil, wah pasti terasa jauh. Sedangkan saya tidak pernah berpikir karena hanya melakukan selangkah saja. Ngapain pakai mikir kan hanya selangkah.[referensi = superboy.com]

Yuuk rebut warisan paling berharga Bob Sadino.

Naskah Drama 2 Orang Anak SMA

Naskah drama ada banyak macamnya ada monolog, ada pula 2 pelaku, 3,4,5,6,7 dan seterusnya. Kali Raja Jempol akan membuatk naskah drama singkat untuk 2 orang pelaku yang raja tujukan pada anak-anak sekolah SMA. Karena anak-anak SMA maka naskah drama ini raja buat sesimple mungkin.
raih cita
Judul : Mengejar Cita-cita
Pelaku : Rani dan Rini
Tema : perbincangan dua anak SMA menjelang kelulusan

Jelang akhir ujian nasional dua siswi sebut saja Rani dan Rini, dua sahabat yang akrab walau berbeda kondisi ekonomi orangtuanya. Dibawah pohon beleci...eh salah kersen..salah juga bahasa Indonesianya pohon murbei, mereka asyik bincang-bincang tentang rencana mereka kelak sehabis lulus SMA.

Saat istirahat tampak Rani mencari-cari sahabatnya Rini yang biasa rajin keperpustakaan setiap istirahat, koq tidak kelihatan, dilihatnya Rini sedang duduk termenung sendirian dibawah pohon murbei, segera saja Rani bergegas menghampirinya.
Rani : Hei Rin.....ngapain kamu bengong sendirian dimari ?
[dengan sedikit terkejut]
Rini : Nggak apa-apa hanya lagi berfikir aja.
Rani : mikirin pacar ya ? ayo ngaku [tanya sirani sambil menggoda]
Rini : Ah..nggak lha...sumpah ! aku sedang mikirin masa depan kita.
Rani : Masa depan kita ? [sambil bertanya-tanya plus bengong]
Rini : Iya masa depan kita setelah lulusan SMA, bukan hal lain lho....masa’ jeruk makan jeruk..hehehe..
Rani : [sambil berfikir dengan sedikit mimik wajah berkerut] Iya-iya sehabis lulus SMA ngapain ?
Rini : Kalau kamu sih enak Ran, ortu kamu kaya so pasti sehabis lulus SMA melanjutkan kuliah keperguruan tinggi, sedangkan aku..
Rani : Ehmm betul juga, rencananya sih aku mengejar cita-citaku dengan melanjutkan kuliah. Terus kamu gimana Rin ?
Rini : Aku nggak tahu, maunya kuliah tapi ortu tidak ada biaya untuk menguliahkanku, pinginnya seperti kamu mengejar cita-cita, sayangnya Cuma mimpi.
Rani : Lho koq Cuma mimpi..btw cita-cita itu sebuah mimpi yang harus diwujudkan.
Rini : Iya itu sih mudah buat kamu karena kamu anak orang kaya, sedangkan aku...
Rani : Waalaah jangan putus asa donk banyak cara untuk mewujudkan cita-citamu. Kamu bisa ikut program beasiswa untuk kuliah...ehmmm atau juga kerja sambil kuliah, kan banyak tuh Universitas Terbuka.
Rini : Benar juga ya, terus gimana kalau Ibu milih simplenya saja, kagak usah kerja atau kuliah mending menikah saja ?..
Rani : Ya kerja dan kuliah alasan yang tepat untuk menolak kemauan ibumu, bilang saja masa Bu saya sekolah hingga SMA Cuma untuk didapur. Hehehe itu saran saja lho bukan ngajarin melawan.
Rini : Ehmm kamu memang smart Ran...kayaknya itu yang musti aku lakukan, dapatkan beasiswa agar meringankan ortu atau kerja sambil kuliah..
Rani : Ya udah jangan termenung sendirian dimari, Yuuk seperti biasa keperpustakaan baca-baca buku biar nanti terwujud dapat beasiswa.
Rini : Ayuuk ! makasih ya Ran atas masukkannya..[sambil menggandeng tangan Rani]
Rani : Yoi...masukannya tidak gratis lho, mumpung istirahat tinggal lima menit minum es cendol mak ipah kayaknya seger.
Rini : Ah..kamu dari dulu-dulu ada maunya.
[ merekapun pergi menuju kewarung mak ipah]
Dihari-hari berikutnya setiap istirahat senantiasa mereka keperpustakaan sebagai bekal untuk mewujudkan cita-cita mereka sehabis lulus SMA kelak.

Itulah sedikit drama singkat 2 orang pelaku untuk anak SMA, semoga bermanfaat.

Gambar dan Fungsi Perangkat Komputer

Perangkat komputer ada perangkat lunak dan Perangkat keras atau Hardware yaitu berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, yang artinya peralatan ini dapat disentuh dan terlihat fisiknya. peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1. Perangkat Masukan (Input Device) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. Perangkat Keluaran (Output Device) perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor, speaker, dan printer.
3. Perangkat pengolah data (Processor) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Selain itu, perangkat keras (hardware) juga dikelompokan berdasarkan fungsinya
1.Fungsi Perferal ,misalnya Network card ,Modem, Midi
2. Storage device ,misalnya Disket, Harddisk, CD-ROOM, Optycal Disk, Flashdisk, PCMCIA card, Catridge
3. Komponen Inti CPU yaitu RAM, ROM, Processor ,Motherboard

Berikut ini beberapa gambar perangkat tersebut beserta fungsinya :
1. CPU (Central Processing Unit)
cpu
Fungsi :sebagai pemroses data CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi dan penyimpanan data. Komponen CPU ada tiga bagian yaitu CU(control unit) sebagai pengontrol semua arus pusat, ALU(aritmetik Logical Unit) sebagai pemroses data berupa angka aritmetika, dan Register membantu memproses instruksi ke memory (RAM).

2.RAM ( Random Access Memory)
ram
Fungsi sebagai penyimpan sementara, baik untuk system oprasi, program aplikasi, atau file kerja selama komputer dalam kondisi dioprasikan.

3. Monitor
monitor
Fungsi:Untuk menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU. monitor memiliki berbagai ukuran dan resolusi. Resolusi berarti sejumlah pixels yang sangat kecil yang dipergunakanuntuk memproksi karakter-karakter atau gambar-gambar pada layar.

4. Keyboard
keyboard
Fungsi :Untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi Ada beberapa jenis konektor yaitu: PS/2, USB, Hingga yang terbaru saat ini menggunakan wireless (Tanpa kabel).

5. Mouse
mouse
Fungsi :Untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data. Biasanya, pada tampilan monitor, mouse berupa pointer berupa tanda panah sebagai petunjuk icon-icon yang dapat diklik.

6. Printer
printer
Fungsi :Untuk memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

7. CD/DVD ROM
cd room
Fungsi :Untuk menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.

8. Compact Disk (CD)
CD
Fungsi Untuk penyimpanan data yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

9. Floppy Disk
floppy
Fungsi :untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi. Untuk media penyimpananya sendiri menggunakan disket

10. Harddisk
hard disk
Fungsi : untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.

11. Scanner
scanner
Fungsi untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

Itulah beberapa contoh gambar perangkat keras, sesuai perkembangan teknologi IT maka perangkat keras tersebut ada banyak berbagai macam dan jenis baru yang lebih canggih dan smart.



Mengatasi Malas Sekolah Usai Liburan

Liburan yang panjang selain membuat enjoy juga mengakibatkan malas, lupa, enggan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Malas masuk kerja dan malas sekolah adalah penyakit habis liburan, untuk itu Raja Jempol coba sharing cara mengatasi malas tersebut. Untuk malas kerja dengan sendirinya akan hilang karena factor gaji,uang yang menyelesaikannya, kalau nggak kerja nggak gajian..heeheee. terus bagaimana dengan malas sekolah, berikut ini tipsnya :
malas sekolah
1. Berpikir Positif
Sebagai manusia, kita diwajibkan untuk berpikir positif agar hawa-hawa malas sekolah itu minggir semua. Berpikir aja kalau kalian ingin ketemu temen atau sahabat di sekolah. Kalian ingin berkutat dengan rumus-rumus atau pelajaran apapun itu, Kalian masih ingin membahagiakan ortu kalian dengan nilai-nilaimu yang memuaskan, Kalian memikirkan masa-masa bahagia waktu disekolah .

2. Semangat
Semangat kembali belajar demi masa depan kalian, untuk dituntut belajar guna raih kesuksesan.

3. Dengarkan musik
Usahakan buat dengarkan lagu dulu sebelum melakukan aktivitas mandi,dll, karena dengan mendengarkan musik itu bisa bikin mood kita jadi fresh lagi .

4. Usahakan berangkat mepet
Dateng aja mepet-mepet mau bel gitu ke sekolah. Ga usah mepet dari rumah juga, bisa aja kamu lagi nongkrong di tempat fotocopyan atau di tempat orang yang jual makanan atau minuman didekat sekolah yang banyak temennya gitu (buat yang lagi musuhan cari yang jarang disamperin temen) tapi ga jauh dari sekolah, atau bisa juga kamu ngumpul sama temen dulu (yang musuhan bisa ngumpet dulu) di belakang halaman sekolah terus waktu mau bel kamu muncul deh di kelas. Jadi, hal ini bisa bikin kamu ga gondok, ga males, dan ga telat waktu dateng ke sekolah!

5. Baca buku
Nah untuk yang ga mau dateng mepet dan suka baca, saya sarankan buat baca buku ke perpus atau bawa buku bacaan sendiri yang menurutmu asyik buat dibaca terus baca deh disekolah kayak di kelas atau di halaman belakang sekolah. Kenapa? Masih sama sih alesannya kayak diatas, males ketemu temen yang lagi musuhan dan kalian masih ingin merasakan nikmatnya liburan kecil kan? hal ini bisa dilakukan dan cukup efektif kok! lumayan juga kan buat refreshing daripada gondok minta bolos sekolah?

6. Pulang cepat
Nah buat yang masih gondok sama sekolah, waktu bel sekolah menandakan kegiatan sekolah udah selesai semua, cepet-cepetan aja keluar dari gerbang sekolah terus samperin deh rumah kalian! Kenapa? karena saya yakin banyak orang yang masih ingin menghabiskan waktunya buat hibernasi, dll. Namun kamu ada kegiatan lainnya seperti kursus atau les? Ya udah kelarin dulu aja semua yang penting kalau udah selesai kegiatan buru-buru pulang aja buat ngelakuin hal yang kalian mau! banyak tugas?

Sekian aja tips-tips yang rada ngawur tapi cukup bermanfaat dari Isabella blog.

HP Compaq dx6120 Slim Tidak Nyala

HP Compaq dx6120 Slim Tower Desktop PC adalah computer cukup jadul namun satu-satunya computer casing slim yang pertama saya jumpai. Seperti produk lain laptop, printer dan PC desktop memang produk HP penuh misteri ada ketidak cocokan sedikit saja tidak bisa nyala.
HP DX
Power supply masuk indicator led nyala, akan tetapi ketika saklar/tombol on/off ditekan tidak bisa nyala atau tidak bisa ngangkat. Raja jempol mengalami hal tersebut untuk itu solusinya adalah lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka casing bersihkan semua bagian-bagiannya, ram, slot kabel dan lain-lain dari debu
2. Buka fans processor bersihkan, cek dan tambahkan pasta pendingin processor
3. Buka power supply bersihkan pula, dan cek sekring yang ada masih bagus atau harus diganti.
4. Baterei cmos tak ketinggalan ganti dengan yang baru, adapun tempat baeteri cmos tepat dibawah power supply, untuk dapat melihatnya harus melepas power supllynya, seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
mobo HP
5. Setelah semua selesai, pasang dan tutup kembali
6. Coba nyalakan, mudah-mudahan nyala, kalau tidak nyala tapi led dimainbord nyala, atau ditekan on tidak ngangkat gimana ya ? repot banget...hehehe
7. Karena repotnya sempat mau saya banting, akhirnya saya temukan rahasianya agar on bisa ngangkat untuk menyalakan komputer hp tersebut.
8. Colokkan PC dengan arus listrik melalui kabel power supply yang ada, biarkan sekitar 15 s/d 1 jam, wahh lama banget ya, atau tunggu sampai terdengar bunyi tut tut plus lampu merah kedap kedip.
9. Setelah itu coba nyalakan dijamin langsung nyala.
10. Lakukan ini setiap kali, bila ingin tidak berlama-lama biarkan kabel power supply terhubung listrik jangan dicabut.
11. Langkah cepatnya Ganti power supplynya.

Itulah sedikit rahasia Raja Jempol yang baru ditemukan diawal tahun 2015. Semoga bermanfaat.

Cara mencerahkan kulit dengan Kojiesan

Cara mencerahkan kulit yang kusam artikel raja jempol kali ini ditujukan kepada pembaca yang ingin wajahnya cerah. Aktivitas sehari-hari terutama ketika beraktifitas diluar rumah akan mengakibatkan kulit wajah tampak kusam tidak sedap dipandang mata, dan kelihatan lebih tua dari usianya. Banyak penyebab kulit dan wajah kusam seperti debu, terik panas, asap kendaraan dan kotoran lain yang halus menimpa wajah pada saat beraktifitas diluar.
Kojiesan dari Jepang
Untuk itu sehabis beraktifitas diluar dianjurkan untuk membersihkan wajah dengan air guna menghilangkan kotoran, debu. Selain itu banyak juga yang membersihkan muka dengan menggunakan maskara, pembersih muka secara tradisional berbahan alami seperti mentimun,bengkuang , tepung beras, putih telur, air teh dan lain-lain, namun cara tersebut amat ribet, memakan waktu dan kurang enak digunakan.

Adapula yang menggunakan pembersih instan yang banyak dijual ditoko-toko kosmetik yang tersebar luas dipelosok kota hingga desa, akan tetapi bila salah memilih produk akan berdampak negatif pada kulit wajah. Sering terdengar kasus kulit wajah rusak karena efek zat kimia pada obat pemutih wajah yang digunakan. Tujuan untuk membuat wajah cerah berubah jadi bencana karena efek negati dari obat pembersih muka tersebut. Untuk itu perlu cara yang hemat, tidak ribet sekaligus tidak mempunyai efek negatif yang dapat merugikan pemakainya.
Kojic Acid dari Kojiesan pilihan yang tepat untuk membersihkan muka agar cerah.
KojiesanKojiesanKojiesan

Kojic acid atau yang dikenal dengan asam kojic memiliki nama kimia 5-hydroxy-2-hydroxymethyl-4-pyrone. Kandungan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1990 di Jepang secara tidak sengaja pada proses fermentasi beras. Dalam perkembangannya, kandungan ini cocok untuk perawatan kecantikan kulit karena berkhasiat untuk mencerahkan dan mengembalikan warna asli kulit. Pada dasarnya, kojic acid telah lama digunakan secara tradisional sebagai pemutih kulit di Jepang namun kemudian zat ini sempat terpinggirkan pada saat hidroquinone ditemukan. Namun, kojic acid kembali sering digunakan karena ternyata hidroquinone memiliki banyak efek samping yang merugikan pada kulit. Tidak banyak produk kecantikan dengan basis pemakaian keseharian yang memakai bahan alami seperti Kojic Acid.

Kojiesan di Indonesia
Kojiesan menjadi salah satu solusi alami bagi wanita yang ingin tampil dengan kulit cerah dan bersinar. Produk Kojiesan telah dipercayai oleh jutaan wanita di Asia, kini hadir di Indonesia dibawah payung PT UICCP Indonesia sebagai distributor tunggal. Kojiesan merupakan produk yang dipakai dalam keseharian (daily used) dan yang pertama sekaligus satu-satunya yang mengandung bahan alami yaitu Kojic Acid dan 100% Virgin Coconut Oil (VCO) sebagai bahan utamanya.

Sabun Kojiesan dapat dipakai di tubuh maupun di wajah, kandungan Kojic Acid-nya membantu meringankan bintik-bintik gelap karena jerawat, bintik-bintik karena penuaan, dan membantu mengembalikan warna kulit yang rusak dikarenakan oleh sinar matahari.

Berikut adalah lini produk Kojiesan yang saat ini tersedia:
a. Kojiesan Classic

b. Kojiesan Skin Lightening Soap

c. Kojiesan Face Lightening Cream

d. Kojiesan Body Lightening Lotion
e. Kojiesan Dream White

f. Kojiesan Anti-Aging Soap

g. Kojiesan Face Cream-Moisturizer

Rangkaian perawatan kecantikan Kojiesan diatas kini tersedia di pasar-pasar modern seperti, Hero Supermarket, Lion Superindo, Giant Extra, Dan-Dan, Grand Swalayan, Naga Swalayan, Guardian, Alfa Midi, Diamond, Ranch Market, Farmers Market dan Lotte Mart.

[ sumber info : www.kojiesan.co.id]

Tips Sehat Dengan Sepeda Gunung Polygon

SEPEDA adalah salah satu alat transportasi yang paling murah diantara alat transportasi lainnya seperti motor apalagi mobil. Selain harga JUAL SEPEDA murah juga dapat digunakan sebagai alat olahraga, ini terbukti dalam moment kompetisi olahraga ada cabang olahraga balap sepeda. Setiap hari minggu pagi yang merupakan liburan akhir pekan bagi anak-anak sekolah dan para pegawai adalah saat yang tepat untuk berolahraga bersepeda walau hanya sekedar menyusuri jalan sekitar kampung halaman hingga bersepeda disekitar pegunungan.

Dalam artikel kali ini Raja Jempol coba berbagi tips bagaimana cara liburan yang seru dan sehat dengan sepeda impian, berikut ini beberapa langkah-langkahnya.
1. Cari TOKO SEPEDA yang menjual berbagai jenis sepeda terutama merk Polygon dan pada toko tersebut tersedia pula sparepartnya yang lengkap.
2. Pilih HARGA SEPEDA yang relatif murah tapi tidak murahan berkualitas tinggi, Polygon adalah pilihan terbaik.
Polygon
3. SEPEDA GUNUNG Polygon, adalah jenis sepeda yang cocok untuk berolahraga bersepeda, selain kokoh dan kuat, juga ringan, sehingga mudah dibawa ketempat wisata lain yang jauh dari rumah.
Sepeda Gunung
Untuk lebih detail tentang spesifikasi sepeda Polygon silahkan kunjungi http://store-id.polygonbikes.com
4. Isi botol air yang tersedia pada sepeda Polygon, dengan air mineral untuk bekal minum pada saat bersepeda.
5. Pakai pakaian olahraga yang tepat dan lengkap , untuk wanita jangan sekali-kali pake rok mini .
baju bersepeda
6. Pilih pagi hari adalah saat yang tepat untuk bersepeda karena udaranya yang sejuk.
7. Lakukan olahraga bersepeda rutin seminggu sekali/hari minggu yang merupakan hari libur
8. Ikuti moment kompetisi/lomba bersepeda santai, selain menambah wawasan dan perkenalan juga ada kesempatan mendapatkan hadiah dari ajang kompetisi tersebut.
9. Gabung dengan klub atau organisasi penggemar olahraga bersepeda untuk menambah pertemanan.

Itulah beberapa tips singkat mengisi liburan dengan olahraga bersepeda untuk gaya hidup yang sehat.
Semoga bermanfaat artikel Tips Sehat Dengan Sepeda Gunung Polygon.

Membuat Pakan Ayam Mudah dan Murah

Ditengah mahalnya harga pakan ternak alangkah baiknya mencari alternatif agar pakan ternak terjangkau plus masih tetap mengandung gizi bagi ternak kita, terutama ternak unggas ayam. Dalam artikel kali ini Raja Jempol coba share bagaimana cara membuat sendiri pakan ayam poltry dari bahan-bahan yang ada disekitar dan mudah didapat.
Pakan Ayam
Ayam selain suka dengan dedak, padi, jagung,jenis biji-bijian lain ayam juga butuh sayuran dan buah-buahan untuk kelangsungan hidup mereka. Langsung saja berikut cara membuat pakan ayam sendiri yang murah dan mudah.

Pertama kali sediakan alat penggilingan, untuk pilih yang murah beli/sediakan alat penggiling daging manual/digerakkan dengan tangan yang harganya sekitar 150 s/d 200 ribu.
gilingan daging
Langkah kedua siapkan bahan-bahan untuk membuat pakan ayam tersebut diantaranya :
1. Bahan bji-bijian, bahan biji-bijian ini seperti jagung, kedelai, kacang hijau
2. Bahan buah-buahan, bahan buah yang cocok adalah pepaya
3. Bahan sayuran, ada banyak sayuran yang murah, kangkung, enceng gondok, bayam, kubis
4. Dedak, bekatul
5. Tepung ikan atau ikan-ikan kecil atau kerang hijau/kupang, bekicot.
6. Gula secukupnya atau tetes tebu.
7. Untuk ukuran formulasi masing-masing bahan tergantung untuk jenis ayam apa, kalau ayam petelor tepung ikan lebih banyak dibanding untuk pakan ayam pedaging/ayam kampung.

Setelah alat dan bahan tersedia berikutnya adalah proses pembuatannya.
1. Bahan biji-bijian jagung, kedelai, kacang hijau rendam dalam air beberapa jam hingga mengembang dengan tujuan mempermudah proses penggilingan
2. Buah pepaya yang telah masak, iris kecil-kecil seukuran yang bisa masuk penggilingan daging tersebut
3. Cacah bahan sayuran kecil-kecil
4. Setelah bahan selesai dicacah, diiris aduk dedak dengan air gula/tetes secukupnya [kental].
5. Masukkan cacahan sayuran, pepaya, tepung ikan dan bahan biji-bijian dalam adonan dedak tadi, adu hingga rata.
6. Setelah itu kukus hingga matang, dinginkan catatan proses pengkukusan ini dilakukan untuk pakan yang jumlahnya banyak dan digunakan beberapa hari. Jika hanya format sedikit dan lagsung diberikan pada ternak tidak perlu pengkukusan.
7. Selanjutnya silahkan digiling pada penggilingan daging tersebut.
8. Setelah digiling jemur hingga kering..
9. Pakan ternak siap digunakan dan disimpan untuk jangka yang lama.

Sedikit cara mudah membuat pakan ayam murah.