Cara Daftar BPJS Online

BPJS adalah program yang memudahkan bagi public dalam mendapatkan layanan kesehatan. Selama ini pengurusan BPJS cukup ribet dan makan waktu dan tempat untuk itu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperkenalkan pendaftaran secara elektronik atau E-ID melalui website resmi badan. Peserta yang sudah mendaftar dapat mencetak sendiri ID-nya dan dipergunakan seperti layaknya kartu BPJS Kesehatan.

Apa saja yang harus disiapkan sebelum mendaftar? Yang perlu dipersiapkan antara lain :
1. Kartu Keluarga
Pada menu awal Anda akan diminta no Kartu Keluarga oleh sistem berikut nama keluarga yang akan didaftarkan di dalam kartu keluarga. Setelah sistem melakukan pengecekan pada data kependudukan, keluarga inti akan diwajibkan mendaftar.
2. Nomor Handphone dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
3. Foto dengan ukuran maksimal 50 kb
4. Nomor Rekening
5. Alamat email

Langkah selanjutnya kunjungi http://daftar. bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online
Sehingga akan tampak seperti gambar dibawah ini
Syarat BPJS
Centang kotak bawah sebagai bentuk persetjuan persyaratandan ketentuan BPJS. Setelah itu masuk pada formulir isian pertama yaitu mengisi nomor kartu keluarga ( KK ):
formulir BPJS
Isi semua formulir tahap demi tahap tanpa ada data yang salah hingga selesai untuk lebih detailnya Baca panduan manual sebelum memulai pendaftaran agar tidak kesulitan sepanjang proses.
Jika pendaftaran sukses, Anda akan diminta membayar iuran sesuai kelas yang Anda pilih. Tidak ada beda pengobatan antara kelas I, II ataupun kelas III.
Masing-masing kelas ini hanya dibedakan pada fasilitas sekunder seperti kelas kamar di rumah sakit. Sementara pengobatan dan pelayanan dokter adalah sama.

Setelah membayar, Anda dapat membuka kembali alamat aktivasi dan mencetak kartu virtual yang sudah disediakan. Sumber : http://finansial.bisnis.com/read/20150219/215/404460/daftar-bpjs-kesehatan-secara-online.-apa-saja-yang-harus-disiapkan
Sedikit info semoga bermanfaat.

Langkah-langkah untuk Jadi Dewasa

dewasa otak

Apakah kita sudah dewasa ? dengan melihat umur mungkin sudah namun dalam berperilaku justeru tidak sesuai dengan kenyataan dan terkadang umur kita sudah dewasa namun perilaku kita masih anak-anak. Raja jempol mencoba memberikan tips bagaimana agar dewasa sebagai berikut :

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENJADI DEWASA
Belajar adalah bagian dari kehidupan. setiap manusia berakal adalah pembelajar potensial, cakap dalam bertumbuh dan selalu tertarik dengan pengalaman dan pengetahuan baru. dengan belajar, setiap beradaptasi dan bertumbuh dalam aktivitasnya, akan mampu menjadi 'problem sorver' ketimbang 'problem speaker', lebih berfikir kreatif, lebih cakap dan percaya diri dalam hidupnya, meningkatkan keahlian pribadi, membuka peluang untuk sukses dalam menghadapi perubahan serta dapat membuat angan-angan menjadi kenyataan. sebagaimana sifat kehidupan, belajar adalah proses yang terus terjadi, tak boleh berhenti meski bertahap dan bertingkat.,br>Belajar dalah aktifitas dalam menemukan pengetahuan baru dan bersifat permanen. Pembelajaran adalah proses dalam mendorong dan memelihara pendidikan. Pembelajaran merupakan sebuah proses bertahap dan bertingkat dalam menyempurnakan keahlian, kesadaran dan kompetensi.

Menghargai perbedaan gaya dan cara belajar
Proses belajar tidak bisa dilakukan sendirian, tapi akan melibatkan banyak orang. Sehingga setiap pembelajar harus siap dengan perbedaan karakter, sikap, gaya dan cara belajar, yang diakibatkan oleh cara berfikir dan memandang masalah secara berbeda. setiap pembelajar juga harus siap terhadap konflik yang akan terjadi akibat adanya perbedaan tersebut.
Terdapat empat macam gaya belajar, sbb :
1. Penggerak (doer)
Menyukai pembicaraan singkat, praktis, tidak bertele-tele, langsung pada inti permasalahan. Mereka juga umumnya segera mengetahui umpan balik tentang cara dan hasil kerja mereka.
2. Pemikir (thinker)
Suka menyelidiki latar belakang pemikiran suatu tindakan yang akan atau sedang dikerjakan, serta apa tindakan yang akan menyertai atau akan dilakukan nantinya.
3. Perasa (feeler)
Sangat memperdulikan orang lain, sehingga untuk setiap tindakan mereka selalu ingin tahu dampaknya terhadap pikiran maupun perasaan orang lain, mereka ingin disenangi dan dihargai.
4. Penggagas (intuitor)
Selalu ingin tahu mengapa ? bagi mereka setiap tindakan merupakan bagian dari sesuatu yang lebih besar. Mereka selalu mencoba mengaitkan antara suatu pekerjaan dengan hal-hal dan gagasan yang "wah !".
Walaupun setiap orang akan memiliki semua gaya, tetapi ada satu gaya yang dominan. Selanjutnya setiap gaya akan melahirkan cara belajar ini tidak untuk mengklasifikasikan orang dalam kotak-kotak yang berbeda. Lebih jauh dari itu, pemahaman tentang perbedaan gaya dan mengajarkan pengetahuan pada situasi dan kondisi yang berbeda.
Setiap orang, dengan gaya apapun, membutuhkan waktu dan ruang untuk belajar. Waktu belajar artinya belajar adalah proses penemuan pengetahuan baru yang hasilnya bersifat permanen. Sedangkan ruang, maksudnya setiap orang membutuhkan ruang untuk belajar, karena terkadang kita seringkali memisahakn aktivitas dengan proses belajar. Kebiasaan memisajkan ini sangat merusak dan akan membuat setiap orang tidak bebas dalam tumbuh dan berkembang. tantangan proses pembelajaran adalah bagaimana mengarahkan aktifitas rutin kita menjadi peluang pembelajaran seumur hidup.

Formulasikan rencana pembelajaran individu
Kadang kala sesuatu yang terbaik dikalahkan oleh yang baik. Kebahagiaan tercapai ketika kita menunda apa yang baik pada saat ini untuk mencapai yang terbaik dimasa mendatang.
Kita dapat memelihara fokus pembelajaran jika kita ingat untuk tetap berkonsentrasi kemasa depan, dan bukannya mengeluh tentang masa lalu yang seharusnya lebih baik.
Formulasi pembelajaran individu mencakup :,br>1. Pendidikan.
Pelatihan dan ppengembangan keahlian apa yang harus dikuasai agar 'celah' pengetahuan dapat dikurangi, atau ditutpi.
2. Pengalaman
Tugas dan pekerjaan apa yang dapat mengasah dan menajamkan bakat dan spesialisasi.
3. Tanggung jawab
Tanggung jawab dan peran apa yang seharusnya dilaksanakan untuk membuat kedewasaan dan penguasaan diri meningkat.
4. Peluang
Sumberdaya dan peluang apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam setiap tinkatan lingkungan agar dapat merubahnya menjadi aktivitas yang bermanfa'at.

Membangun proses mentoring
Seringkali kita lebih mudah untuk memenuhi janji kepada orang lain ketimbang kepada diri sendiri. Oleh karena itu proses pembelajaran sangat dipengaruhi pula oleh bagaimana kita melibatkan orang lain, untuk bersama-sama terlibat dalam 'spiral' pembelajarn, untuk bertumbuh dan berkembang. Proses pembelajaran menjadi dampak dan menulari orang-orang sekitar dan menjadikannya komponen lingkungan yang menumbuhkankembangkan. Salah satu model interaksi yang dapat mengakomodasi dengan baik proses 'spiral' pembelajaran ini adalah kegiatan mentoring. Sebuah interaksi antar pemikiran, perilaku dan kebiasaan untuk membina hubungan yang mencegah terhambatnya pertumbuhan psikologis individu. Mentoring melibatkan seorang mentor, pembelajar sejati yang dapat mengajarkan prinsip dan hakikat nilai kehidupan, berbagi pengalaman dan bagaimana menyikapinya, serta menandai perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima. Sekali saja proses mentoring ini dilakukan, maka bersiaplah untuk memelihara dan mengawasi kemungkinan perbedaan dan perpecahan. Setiap orang tumbuh didalmnya, mungkin saja menyembunyikan konflik, dan bahkan timbul kecemburuan kesuksesan dan kompetissi yang membuat ketidakyamanan dalam berinteraksi. Proses mentoring menjadi laboratrium tempat orang terpacu untuk lebih dahulu memahami orang lain ketimbang ingin dirinya difahami. Interaksi intensif akan menjadikannya proses terus menerus yang menuju pada perbaikan inidividu maupun kolektif, meghasilkan cara pandang baru yang secara bersama-sama mendefinisikan dunia melalui kacamata bagaimana menerima kenyataan sebagai pijakan untuk melangkah menuju cita-cita yang tergambar secara jelas.

Jadilah dewasa dan wujudkan
Salah satu pengertian dewasa adalah ketika kita dapat menyeimbangkan antara keberanian dan pertimbangan. Keberanian berhubungan dengan kapasitas diri, logika , analisa, dan kekuatan untuk mewujudkan tujuan. Pertimbangan berhubungan dengan bagaimana memahami lingkungan, baik secara kolektif maupun individu. Keberanian yang membabi buta dapat menyebabkan kerusakan, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungan. Keberanian yang tidak disertai pertimbangan hanya akan memunculkan egoisme dan ke-akuan.
Pertimbangan yang berlebihan akan menhasilkan keragua-raguan, dan membuka peluang untuk memperoleh label 'pengecut'. Pertimbangan saja, tanpa keberanian, dan berlebihan pula membuat waktu dalam mengambil keputusan menjadi lebih lama, sementara dinamika aktivitas sedemikian cepat. Oleh karena itu adalah bijak menyeimbangkan antara keberanian dengan pertimbangan, rajutan mental menuju kedewasaan.
Kedewasaan pula yang dapat membawa kita untuk berdiri memandang segala sesuatu secara keseluruhan sebelum meneliti bagian-bagiannya secara details. Kedewasaan menjadi awal membentuk sinergi, bahwa keseluruhannya lebih besar dari jumlah bagian-bagiannya.

Merry Riana Kata Kata Motivasi

Siapa Yang tak kenal dengan wanita yang satu ini, motivator yang handal dari Indonesia dan jaya di Singapore ini, perjuangannya dalam meraih kesuksesan penuh liku dan terjal. Karena mimpinya sejuta dollar, biografi dan jalan hidupnya hingga difilmkan untuk dijadikan motivasi bagi penontonnya.
merry riana
Merry Riana seorang Entrepreneur wanita yang sukses di usia muda ia juga Seorang Speaker, Trainer dan menjadi Motivator Wanita No.1 di Asia. Merry Riana yang menjadi salah satu Enterpreneur dan Motivator wanita tersukses ini berasal dari Indonesia, Ia dilahirkan di pada tanggal 29 Mei 1980 di Jakarta, Merry Riana lahir dan tumbuh di Jakarta dalam sebuah keluarga sederhana. Orangtua Merry adalah seorang pebisnis dan ibu rumah tangga. Ia merupakan anak sulung dari 3 bersaudara. Perjalanan hidup Merry di Singapura berawal ketika terjadi kerusuhan besar di Jakarta tahun 1998. Cita-cita untuk kuliah di Jurusan Teknik Elektro Universitas Trisakti buyar karena kejadian tersebut. Ia kemudian memilih kuliah di Singapura untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. ayah Merry memutuskan untuk mengirim anaknya belajar di luar negeri
berikut iniKata-kata Motivasi dari Merry Riana

•Berpikir positif adalah pekerjaan yang mudah, yang Anda perlukan hanyalah ‘jangan berpikir negatif’.
•Hidup ini seperti mengendarai sepeda. Kita akan melaju terus, selama kita masih mengayuh pedalnya.
•Berubahlah sebelum perubahan itu yang akan memaksa Anda.
•Hidup mungkin penuh dengan masalah. Tapi selama kamu memberikan yang terbaik & terus berdoa, segalanya akan indah pada waktunya.
•Berikan senyuman termanismu walau saat terpedih di hatimu, setidaknya kamu masih bisa membahagiakan orang-orang di sekitarmu.
•Lakukan kebaikan dan kebaikan-Nya pun akan semakin terasa.
•Jangan hanya puas jadi penonton dan komentator. Jadilah sutradara dan pemain.
•KESEMPATAN sudah menunggu lama di depan kita. Cepat bergerak, sebelum orang lain datang menjemputnya.
•Kenikmatan & penderitaan hanya sementara. Jangan terhanyut oleh kenikmatan sementara jangan menyerah karena penderitaan sementara.
•Jika kita menunggu sampai semua keadaan sudah sempurna baru kita mengambil tindakan, mungkin kesempatannya sudah hilang.
•Jika kita bersalah pada orang lain akui kesalahan dan minta maaf. Jika orang lain bersalah pada kita: dengar dan maafkan.
•Jangan meremehkan hal-hal kecil. Hal-hal besar hanya bisa tercapai dengan mencapai hal-hal kecil itu terlebih dahulu.[sumber : kapanlagi.com ]

Gambar Motif Ragam Hias

Pengertian, motif, pola,teknik mengambar dan contoh ragam hias adalah tema artikel Raja Jempol kali ini yang ditujukan untuk member wawasan ilmu seni rupa bagi adik-adik pelajar. Berikut ini adalah paparan singkatnya :
a. Pengertian
Ragam hias disebut ornamen

b. Motif ragam hias
Ada empat macam motif ragam hias yang meliputi :

1. Motif flora (vegetal)
Sering dijumpai pada barang-barang seni seperti batik,ukiran,kain sulam,tenun dan border
Motif Flora
2. Motif fauna (animal )
Hewan yang biasa digunakan untuk ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, ikan.
Ragam hias fauna sudah mengalami deformasi (perubahan bentuk). Ragam hias fauna di kombinasikan dengan motif-motif flora yang di gayakan (stilasi)
Motif hias fauna dijumpai pada hasil karya batik, ukiran, sulaman, anyaman, tenun, dan kain bordir
Motif ini kita jumpai di daerah Papua (cendrawasih), NTT (komodo), lampung (gajah)
motif Fauna
3. Motif geometris
Motif geometris kita jumpai di daerah jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua.
Pola motif geometris ditandai dari bentuknya seperti persegi empat, zig-zag, garis silang, segitiga, lingkaran
motif geometris
4. Motif figurative (figural)
Ragam hias Figuratif objeknya manusia
Biasa digunakan pada bahan tekstil (dan kayu)
Motif Figuratif
c. Pola ragam hias
Ragam hias memiliki pola atau susunan yang diulang-ulang .
Pola yang ditampilkan berupa pola ragam hias teratur, terukur, dan memiliki keseimbangan.

d. Teknik menggambar ragam hias
Dalam menggambar ragam hias memiliki aturan sebagai berikut
1. Perhatikan pola bentuk ragam hias yang akan di gambar
2. Persiapkan alat dan media gambar
3. Tentukan ukuran pola gambar yang akan di buat
4. buatlah sketsa ragam hias yang telah di tentukan
5. berilah warna pada gambar ragam hias

Itulah sedikit rincian artikel ragam hias semoga bermanfaat.

Kata Bijak Warisan Bob Sadino

Beberapa waktu yang lalu seorang pengusaha sukses meninggal dunia, kesuksesannya dimulai dari keuletan.Berawal dari Ternak 50 Ekor Ayam, Bob percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Ia dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan yang nomor satu, yang penting kemauan, komitmen, berani mencari dan menangkap peluang.
Harta warisan yang ditinggalkannya tentulah banyak namun harta warisan termahal darinya adalah ketekadan, keuletan dalam merintis bisnis.
kata bijak
Untuk itu Raja Jempol sharing beberapa kata-kata bijak Bob Sadino untuk dijadikan motivasi raih kesusksesan.
1. Orang pintar biasanya paling banyak harapannya. Bahkan maunya berhasil dalam waktu singkat. Padahal kita tahu semua itu Impossible! 0rang goblok harapannya hanya satu ; hari ini bisa makan!

2. Orang pintar biasanya banyak ide, bahkan terlalu banyak sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sementara orang ‘goblok’ mungkin hanya punya satu ide, dan satu ide itulah yang menjadi pilihan usahanya.

3. Orang ‘goblok’ biasanya lebih berani dibanding orang ‘pintar’. Kenapa ??? Karena orang ‘goblok’ sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya orang ‘pintar’ terlalu banyak pertimbangan sehingga tidak melangkah-langkah.

4. Sekolah terbaik adalah sekolah kehidupan, sekolah jalanan, sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya untuk mengeksplorasi dengan leluasa seluruh potensinya yang ada padanya.

5. Orang bodoh sulit mendapat pekerjaan sehingga dia terpaksa buka usaha sendiri. Dalam perjalanan bisnisnya agar semakin sukses dia harus merekrut orang pintar. Alhasil orang bodoh tadi jadi bos nya orang pintar.

6. Orang pintar belajar keras untuk mendapatkan ijazah dan secepat mungkin melamar pekerjaan. Orang bodoh berjuang keras secepatnya mendapatkan uang, agar bisa membayar pelamar kerja.

7. Semakin goblok seseorang, akan kian banyak ilmu yang diperolehnya. Saya menggoblokkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain.
8. Anda berpikir seribu mil, wah pasti terasa jauh. Sedangkan saya tidak pernah berpikir karena hanya melakukan selangkah saja. Ngapain pakai mikir kan hanya selangkah.[referensi = superboy.com]

Yuuk rebut warisan paling berharga Bob Sadino.

Naskah Drama 2 Orang Anak SMA

Naskah drama ada banyak macamnya ada monolog, ada pula 2 pelaku, 3,4,5,6,7 dan seterusnya. Kali Raja Jempol akan membuatk naskah drama singkat untuk 2 orang pelaku yang raja tujukan pada anak-anak sekolah SMA. Karena anak-anak SMA maka naskah drama ini raja buat sesimple mungkin.
raih cita
Judul : Mengejar Cita-cita
Pelaku : Rani dan Rini
Tema : perbincangan dua anak SMA menjelang kelulusan

Jelang akhir ujian nasional dua siswi sebut saja Rani dan Rini, dua sahabat yang akrab walau berbeda kondisi ekonomi orangtuanya. Dibawah pohon beleci...eh salah kersen..salah juga bahasa Indonesianya pohon murbei, mereka asyik bincang-bincang tentang rencana mereka kelak sehabis lulus SMA.

Saat istirahat tampak Rani mencari-cari sahabatnya Rini yang biasa rajin keperpustakaan setiap istirahat, koq tidak kelihatan, dilihatnya Rini sedang duduk termenung sendirian dibawah pohon murbei, segera saja Rani bergegas menghampirinya.
Rani : Hei Rin.....ngapain kamu bengong sendirian dimari ?
[dengan sedikit terkejut]
Rini : Nggak apa-apa hanya lagi berfikir aja.
Rani : mikirin pacar ya ? ayo ngaku [tanya sirani sambil menggoda]
Rini : Ah..nggak lha...sumpah ! aku sedang mikirin masa depan kita.
Rani : Masa depan kita ? [sambil bertanya-tanya plus bengong]
Rini : Iya masa depan kita setelah lulusan SMA, bukan hal lain lho....masa’ jeruk makan jeruk..hehehe..
Rani : [sambil berfikir dengan sedikit mimik wajah berkerut] Iya-iya sehabis lulus SMA ngapain ?
Rini : Kalau kamu sih enak Ran, ortu kamu kaya so pasti sehabis lulus SMA melanjutkan kuliah keperguruan tinggi, sedangkan aku..
Rani : Ehmm betul juga, rencananya sih aku mengejar cita-citaku dengan melanjutkan kuliah. Terus kamu gimana Rin ?
Rini : Aku nggak tahu, maunya kuliah tapi ortu tidak ada biaya untuk menguliahkanku, pinginnya seperti kamu mengejar cita-cita, sayangnya Cuma mimpi.
Rani : Lho koq Cuma mimpi..btw cita-cita itu sebuah mimpi yang harus diwujudkan.
Rini : Iya itu sih mudah buat kamu karena kamu anak orang kaya, sedangkan aku...
Rani : Waalaah jangan putus asa donk banyak cara untuk mewujudkan cita-citamu. Kamu bisa ikut program beasiswa untuk kuliah...ehmmm atau juga kerja sambil kuliah, kan banyak tuh Universitas Terbuka.
Rini : Benar juga ya, terus gimana kalau Ibu milih simplenya saja, kagak usah kerja atau kuliah mending menikah saja ?..
Rani : Ya kerja dan kuliah alasan yang tepat untuk menolak kemauan ibumu, bilang saja masa Bu saya sekolah hingga SMA Cuma untuk didapur. Hehehe itu saran saja lho bukan ngajarin melawan.
Rini : Ehmm kamu memang smart Ran...kayaknya itu yang musti aku lakukan, dapatkan beasiswa agar meringankan ortu atau kerja sambil kuliah..
Rani : Ya udah jangan termenung sendirian dimari, Yuuk seperti biasa keperpustakaan baca-baca buku biar nanti terwujud dapat beasiswa.
Rini : Ayuuk ! makasih ya Ran atas masukkannya..[sambil menggandeng tangan Rani]
Rani : Yoi...masukannya tidak gratis lho, mumpung istirahat tinggal lima menit minum es cendol mak ipah kayaknya seger.
Rini : Ah..kamu dari dulu-dulu ada maunya.
[ merekapun pergi menuju kewarung mak ipah]
Dihari-hari berikutnya setiap istirahat senantiasa mereka keperpustakaan sebagai bekal untuk mewujudkan cita-cita mereka sehabis lulus SMA kelak.

Itulah sedikit drama singkat 2 orang pelaku untuk anak SMA, semoga bermanfaat.

Gambar dan Fungsi Perangkat Komputer

Perangkat komputer ada perangkat lunak dan Perangkat keras atau Hardware yaitu berupa peralatan fisik dari sebuah sistem komputer, yang artinya peralatan ini dapat disentuh dan terlihat fisiknya. peralatan ini terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1. Perangkat Masukan (Input Device) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer. Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen, scanner, dan sebagainya.
2. Perangkat Keluaran (Output Device) perangkat keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan, misalnya monitor, speaker, dan printer.
3. Perangkat pengolah data (Processor) Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Selain itu, perangkat keras (hardware) juga dikelompokan berdasarkan fungsinya
1.Fungsi Perferal ,misalnya Network card ,Modem, Midi
2. Storage device ,misalnya Disket, Harddisk, CD-ROOM, Optycal Disk, Flashdisk, PCMCIA card, Catridge
3. Komponen Inti CPU yaitu RAM, ROM, Processor ,Motherboard

Berikut ini beberapa gambar perangkat tersebut beserta fungsinya :
1. CPU (Central Processing Unit)
cpu
Fungsi :sebagai pemroses data CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi dan penyimpanan data. Komponen CPU ada tiga bagian yaitu CU(control unit) sebagai pengontrol semua arus pusat, ALU(aritmetik Logical Unit) sebagai pemroses data berupa angka aritmetika, dan Register membantu memproses instruksi ke memory (RAM).

2.RAM ( Random Access Memory)
ram
Fungsi sebagai penyimpan sementara, baik untuk system oprasi, program aplikasi, atau file kerja selama komputer dalam kondisi dioprasikan.

3. Monitor
monitor
Fungsi:Untuk menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU. monitor memiliki berbagai ukuran dan resolusi. Resolusi berarti sejumlah pixels yang sangat kecil yang dipergunakanuntuk memproksi karakter-karakter atau gambar-gambar pada layar.

4. Keyboard
keyboard
Fungsi :Untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi Ada beberapa jenis konektor yaitu: PS/2, USB, Hingga yang terbaru saat ini menggunakan wireless (Tanpa kabel).

5. Mouse
mouse
Fungsi :Untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data. Biasanya, pada tampilan monitor, mouse berupa pointer berupa tanda panah sebagai petunjuk icon-icon yang dapat diklik.

6. Printer
printer
Fungsi :Untuk memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.

7. CD/DVD ROM
cd room
Fungsi :Untuk menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.

8. Compact Disk (CD)
CD
Fungsi Untuk penyimpanan data yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.

9. Floppy Disk
floppy
Fungsi :untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi. Untuk media penyimpananya sendiri menggunakan disket

10. Harddisk
hard disk
Fungsi : untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.

11. Scanner
scanner
Fungsi untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.

Itulah beberapa contoh gambar perangkat keras, sesuai perkembangan teknologi IT maka perangkat keras tersebut ada banyak berbagai macam dan jenis baru yang lebih canggih dan smart.



Mengatasi Malas Sekolah Usai Liburan

Liburan yang panjang selain membuat enjoy juga mengakibatkan malas, lupa, enggan untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Malas masuk kerja dan malas sekolah adalah penyakit habis liburan, untuk itu Raja Jempol coba sharing cara mengatasi malas tersebut. Untuk malas kerja dengan sendirinya akan hilang karena factor gaji,uang yang menyelesaikannya, kalau nggak kerja nggak gajian..heeheee. terus bagaimana dengan malas sekolah, berikut ini tipsnya :
malas sekolah
1. Berpikir Positif
Sebagai manusia, kita diwajibkan untuk berpikir positif agar hawa-hawa malas sekolah itu minggir semua. Berpikir aja kalau kalian ingin ketemu temen atau sahabat di sekolah. Kalian ingin berkutat dengan rumus-rumus atau pelajaran apapun itu, Kalian masih ingin membahagiakan ortu kalian dengan nilai-nilaimu yang memuaskan, Kalian memikirkan masa-masa bahagia waktu disekolah .

2. Semangat
Semangat kembali belajar demi masa depan kalian, untuk dituntut belajar guna raih kesuksesan.

3. Dengarkan musik
Usahakan buat dengarkan lagu dulu sebelum melakukan aktivitas mandi,dll, karena dengan mendengarkan musik itu bisa bikin mood kita jadi fresh lagi .

4. Usahakan berangkat mepet
Dateng aja mepet-mepet mau bel gitu ke sekolah. Ga usah mepet dari rumah juga, bisa aja kamu lagi nongkrong di tempat fotocopyan atau di tempat orang yang jual makanan atau minuman didekat sekolah yang banyak temennya gitu (buat yang lagi musuhan cari yang jarang disamperin temen) tapi ga jauh dari sekolah, atau bisa juga kamu ngumpul sama temen dulu (yang musuhan bisa ngumpet dulu) di belakang halaman sekolah terus waktu mau bel kamu muncul deh di kelas. Jadi, hal ini bisa bikin kamu ga gondok, ga males, dan ga telat waktu dateng ke sekolah!

5. Baca buku
Nah untuk yang ga mau dateng mepet dan suka baca, saya sarankan buat baca buku ke perpus atau bawa buku bacaan sendiri yang menurutmu asyik buat dibaca terus baca deh disekolah kayak di kelas atau di halaman belakang sekolah. Kenapa? Masih sama sih alesannya kayak diatas, males ketemu temen yang lagi musuhan dan kalian masih ingin merasakan nikmatnya liburan kecil kan? hal ini bisa dilakukan dan cukup efektif kok! lumayan juga kan buat refreshing daripada gondok minta bolos sekolah?

6. Pulang cepat
Nah buat yang masih gondok sama sekolah, waktu bel sekolah menandakan kegiatan sekolah udah selesai semua, cepet-cepetan aja keluar dari gerbang sekolah terus samperin deh rumah kalian! Kenapa? karena saya yakin banyak orang yang masih ingin menghabiskan waktunya buat hibernasi, dll. Namun kamu ada kegiatan lainnya seperti kursus atau les? Ya udah kelarin dulu aja semua yang penting kalau udah selesai kegiatan buru-buru pulang aja buat ngelakuin hal yang kalian mau! banyak tugas?

Sekian aja tips-tips yang rada ngawur tapi cukup bermanfaat dari Isabella blog.