21.1.17

Naskah Drama Sekolah SMP

Bagi adik-adik pelajar Sekolah Menengah Pertama Raja Jempol akan sharing contoh naskah drama untuk kalian.
naskah drama pendek anak sekolah menengah pertama berikut ini :
Raja Jempol Blog
Tema :Persahabatan
Judul :Sahabat Sejati
Tokoh : Isi sendiri nama pemainnya

Amanat :Sesama teman tidak boleh bertengkar

Karakter
Airin :Sabar,Pemaaf
Nayla :Pemarah,Egois
Faby :Sabar,Penasihat
Windy :Boros,Jail
Marvel :Bijaksana dalam mengambil keputusan
Reno :Berlebihan dalam berbicara /lebay

Setting
Tempat :Asrama,Kamar,Kelas
Waktu :Malam dan Pagi
Suasana :Kacau

Alur : Maju


Adegan 1
Di sebuah asrama ada persahabatan yang terdiri dari 4 orang,yaitu Airin,Nayla,Faby dan Windy .Mereka tinggal di kamar nomor 04.
Windy :Wah,persediaan uangku habis ,padahal masih tanggal 20.
Nayla :Kamu memang boros ,belum sampai akhir bulan sudah habis .
Faby :Iya tuh windy kalau sudah habis pasti pinjam uang ku .
Windy :Kok tahu?(sambil nyengir)
Faby :Ya itu memang tradisi kamu dari dulu .
Airin :Ada apa sih ribut-ribut ?
Nayla :Biasa Windy,setiap akhir bulan .
Airin :Hmmm…!aku mau ke kamar mandi dulu (sambil berlari)

Adegan 2
Airin berlari sampai menabrak orang yang ada di depan nya.
Airin :(brekk)Sorry aku nggak sengaja .
Marvel :Lihat-lihat donk kalau jalan .
Reno :Udah apa – apaan sih vel,dia kan udah minta maaf ?
Airin :Reno,ini siapa sih?
Reno :Ini Marvel, anak baru disini .
Airin :Oh.Jadi ini anak baru yang pintar itu?
Reno ;Iya.
Marvel :Makasih udah muji aku ,aku mau minta maaf .
Airin :Sama –sama ,ya udah aku mau ke toilet dulu.Assalamualaikum.
Reno&Marvel:Walaikumsalam .

Adegan 3
Windy dan Faby bertemu dengan Airin di luar kamar mandi.
Windy :Airin kenapa tuh kok ngelamun ?
Faby :Tau tuh,kita kagetin aja yuk!.
Windy :Oke….ayo
Windy&Faby:Duorrr
Airin :Ihh.Kalian ngagetin aja sih !.
Faby :Kamu lagi apa sih kok ngelamun?
Windy :Iya nanti kesambet lo,apalagi ini di depan kamar mandi.
Airin :Aku lagi bingung nih ,aku mau pindah bangku.
Faby :Sama siapa ?
Airin :Sama Marvel anak baru yang pinter itu.
Windy :Terus gimana dengan Nayla ,dia kan sebangku sama kamu ?
Airin :Ya itu yang aku bingungin !.
Faby :Sebaiknya kamu ngomong baik-bak sama Nayla .

Adegan 4
Mereka bertiga langsung masuk ke kamar menghampiri Nayla.
Airin :Nay,aku mau bicara !.
Nayla :Iya ngomong aja .
Airin :Nay aku mau pindah bangku,aku mau sebangku sama Marvel.
Nayla :Tapi aku udah ngomong duluan sama marvel ,kalau aku mau sebangku sama dia !.(agak kesal)
Airin :Kapan kamu ngomong sama Marvel ?
Nayla :Kemarin,dia kan saudara ku .
Faby :Udah kalian kok jad bertengkar ,emangnya kenapa kalau kalian sebangku sama Marvel?
Airin :Marvel kan pinter ,terus kata ibuku kalau duduk sama anak pinter otomatis akan nular ke aku !.

Adegan 5
Tiba –tba Reno dan Marvel datang menghampiri kedepan kamar nomor 04.
Marvel :Didalam ada apa kok ribut-ribut ?.
Reno :Ketok aja pintunya.
Marvel :(dok dok dok )Assalamualaikum
Windy,Faby,Airin,Nayla :Walaikumsalam .
Faby membukakan pintu .
Faby :Ada apa malam-malam kalian datangkesini ?
Reno :Nggak papa ,tadi Cuma lewat aja,terus kebetulan ada yang ribut ribut di dalam kamar kalian.
Windy :Nggak ada apa –apa kok .
Faby :Kita bicara di luar .
Marvel :Ya udah.
Faby :Sebetulnya tadi ribut-ribut itu Airin sama Nayla bertengkar gara-gara kamu .
Marvel : Kenapa sih mereka ribut Cuma gara-gara aku .
Faby :Kamu sadar nggak sih ,mereka ribut tuh Cuma gara-gara pengen sebangku sama kamu vel !.
Marvel :Oh.Jadi gitu ?gini aja solusinya aku nggak akan duduk sebangku dengan salah satu dari mereka .
Faby :Ya udah kita samperin mereka .
Marvel :Ok kalau gitu.


Adegan 6
Faby memanggil Airin dan Nayla .
Faby :Airin ,Nayla sini!.
Nayla :Ada apa sih panggil-panggil?.
Marvel :Aku sekarang udah tau kalau kalian berantem Cuma gara-gara pengen duduk sebangku sama aku .Tapi aku nggak akan milih kalian untuk jadi teman sebangku ku!.
Nayla :Tapi kenapa ?
Airin :Iya kenapa harus gitu ?
Marvel :Karena aku nggak mau ngerusak persahabatan kalian trus aku juga udah punya teman sebangku !.
Nayla &Airin :Siapa ?.
Marvel :Reno .
Windy :Kalau Marvel lebih milih Reno terus buat apa kalian tadi bertengkar ?.
Airin :Iya ya ngapain kita tadi bertengkar Cuma buat ngerebutin sebangku sama Marvel .
Nayla :Ya udah maafin aku ya rin..(sambil tersenyum )
Airin :Iya ,aku juga minta maaf ya Nay!.
Nayla :Ya(sambil berpelukan )
Reno :Ya udah kita mau balik dulu.
Windy :Ya sana pergi pergi.
Reno & Marvel :assalamualaikum
Mereka serentak menjawab “walaikumsallam”

Adegan 7
Keesokan harinya mereka berempat pergi bersama menuju ke kelas .
Windy :cie cie ada yang udah akur ni ye .
Airin :Ngeledek nie?
Nayla :Iya nih Windi bisanya Cuma ngeledek orang aja .
Windy :Siapa juga yang ngeledek,kan beneran kamu sama Airin udah baikan .
Faby :Udah-udah kok malah ledek-ledekan sih.
Airin :Iya tau nih Windy .
Faby :Mending kita sekarang cepat-cepat masuk kelas daripada ntar terlambat .

Adegan 8
Saat di kelas ,mereka bertemu dengan Marvel.Airin menyapa Marvel .
Airin :Selamat pagi Marvel!.
Marvel :Selamat pagi juga !.
Nayla :kamu kok kecentilan banget sih rin.
Airin :Siapa juga yang kecentilan ,aku kan Cuma menyapa !.
Nayla :Kamu itu ya…ihh…!(meninggalkan Airin )
Faby :Haduhh… kalian kok berantem terus sihh?
Reno :Iya baru tadi malam baikan sekarang udah bertengkar lagi .
Airin :Masak iya sih salah ku ?
Windy :Teman –teman tadi kenapa? kok Nayla kelihatan kesel .
Airin :Gak tau tuh Nayla ,tadikan aku Cuma nyapa Marvel tapi dibilang kecentilan .
Windy :Ya udah biarin aja dia sendirian dulu .
Airin :He’emmbbb

Adegan 9
Kring …kring…kring… bel istirahat berbunyi .Semua siswa keluar dari kelas .Tinggal Airin,Nayla,Faby ,dan Windy.
Airin :Nay,kamu jangan cuekin aku donk!.
Nayla :Siapa juga yang cuekin kamu !.
Airin :La itu buktinya kamu diemin aku terus waktu pelajaran
Nayla :Yo piye to…wong pelajaran kok di kongkon rame …???
Airin :Kamu ngomong apa an sih aku ora ngerti .(sambil berfikir)
Windy :Iya kamu ngomong apa sih nay?
Faby :Waduhh…ternta Nayla ngeluarin ciri khas nya nih!.
Nayla :Ciyuss masalah buat loh…
Airin :Kamu masih cuek nay sama aku?
Nayla :Ora rin.(Nayla cetus)
Airin :Kalau aku punya salah aku minta maaf nay(Airin bersedih hati).
Nayla :Kalau aku nggak mau gimana?
Faby :Nayla kamu jangan egois,kita itu sahabat.
Nayla :Feb,kamu kok marah sama aku?
Faby :Aku nggak marah ,aku Cuma ngingetin kamu .Kamu itu ya selalu salah paham.Kamu itu kayak anak kecil tau nggak sih!.
Windy :Feb kamu jangan marah-marah ,kamu itu kan anak yang sabar .
Faby :Astagfirullahhaladzim…,maaf Nayla aku khilaf.
Nayla :Pokoknya aku masih kesel sama Airin dan aku merasa kalau Faby udah nginjek-nginjek harga diri ku titik.
Airin :Ya udah terserah kamu

Marvel &Reno masuk ke kelas
Marvel :Woww ada yang ngerebutin aku lagi ya?
Windy :Kamu jangan ge’er !.
Reno :Bener –bener persahabatan yang cetar membahana badai menggelegar bagai di cakrawala .
Faby :Kamu harus menyadari Nay kalau kamu itu egois dan kalau kamu udah menyadari sebaiknya kamu nggak ngelakuin lagi!
Nayla :Maafin aku temen-temen aku udah egois ,aku udah sadar dan aku nggak akan ngelakuin nya lagi.aku janji sama kalian .
Airin :Aku jadi seneng dengernya.
Faby :Kita akan jadi sahabat selamanya .

Windy :Best Friends Forever
Reno :Betul tuh betul !!!

Akhirnya mereka menjadi sahabat sekarang dan selamanya .

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus