6.5.13

Memindah Data Tanpa Mengetik

Memindah data atau tulisan dari buku, majalah,Koran tanpa harus mengetik, apa mungkin ? dijaman yang serba canggih hal tersebut bisa terwujud dan mungkin. Terkadang kita punya tugas merangkum dari buku ataumembuat makalah/skripsi dengan referensi dari berbagai sumber buku, majalah, koran dan lain-lain. Tentu saja hal demikian membuat kita lelah dan memakan waktu lama untuk mengetiknya kembali melalui komputer.

Dari pengalaman Raja Jempol membuat makalah dengan mengetik dari sumber buku referensi selain capek dan beribet, akhirnya raja temukan sebuah cara memindahkan,data,tulisan dan gambar dari buku tanpa harus mengetiknya.

Bagaimana caranya,berikut ini langkah-langkahnya :
Raja Jempol Blog
Pertama kali sebagai syarat utama harus mempunyai peralatan dan perlengkapan antara lain:
1. Dokumen file,data buku,majalah, koran dan lain-lain yang akan dipindah
2. Komputer ,laptop atau mini notebook
3. Scanner [ alat untuk memindah,mencopy file] dari buku, majalah,koran untuk disimpan.bila tidak mempunyai cukup ke jasa scanner,untuk mencopy data dan disimpan pada flashdisk.
4. Modem untuk internetan atau kewarnet

Setelah data dicopy/discan dan disimpan dalam format file image.jpeg mulai merubah data image tersebut menjadi file ms.word, ms.excel,teks plain dan lain-lain dengan cara :
1. Nyalakan komputer/laptop pasang modem dan mulai berkelana didunia internet jangan lupa minum "SUSU" lebih dulu biar seger.
2. Persiapkan data yang telah discan tadi
3. Kunjungi situs dengan alamat http://www.onlineocr.net/
4. Lihat bagian situs “free” langsung atau bisa juga mendaftar.
5. Pada bagian “Free online OCR” ada kotak, browser dan upload, klik browser untuk memilih file image yang akan dirubah jadi tulisan , kemudian klik upload,tunggu hingga selesai.
Raja Jempol Blog
6. Setelah file image selesai diupload [lihat gambar diatas], pilih bahasa dan pilih format pengubahan yang meliputi pilihan : ms words, ms excel dan texs plain
7. Kemudian isi kode verifikasi tersedia pada kotak.
8. Bila selesai klik “Recognize” proses “reapiring” berjalan tunggu hingga selesai dan akan tampakhasilnya seperti pada gambar dibawah ini :
Raja Jempol Blog
9. File data image hasil scan daribuku,majalah,koran telah dirubah menjadi file ms word,excel,text plain.
10. Klik “Download Output File” untuk mengunduh file hasil pengubahan tersebut dan simpan. Tinggal mengedit saja.

Nah itulah sedikit cara praktis merubah,memindah file data dari buku, majalah, koran dan lain-lain tanpa harus mengetiknya.

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus