15.11.13

Perbedaan Kambing Gibas Dengan Domba

Perbedaan Domba dengan Kambing, serta jenis-jenis kambing yang ada untuk dimanfaatkan bagi kepentingan manusia. Kambing sudah mulai dijinakan atau didomestikasi dan dipelihara oleh manusia sejak tahun 7000 SM di Irak, sedangkan domba lebih lama lagi, yaitu didomestikasi tahun 9000 SM. Pemanfaatan kedua jenis ternak tersebut pada umumnya untuk diambil bulu, daging dan susunya, tapi di negara Timur Tengah sumber susu dapat diambil dari kambing dan unta.

Susu adalah bagian yang sangat penting dan makanan yang kita konsumsi seharian. Susu menjadi makanan pertama dan utama bagi bayi yang barn lahir, baik dengan disusui atau menggunakan botol Susu mengandung nutnisi yang banyak sehingga dapat membantu perkembangan tubuh anak-anak dan dapat menyehatkan bagi orang dewasa.

Pengobatan dan pencegahan penyakit dengan menggunakan susu kambing sudah dilakukan sejak nibuan tahun yang lalu. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa susu yang berasal dan ruminansia liii mempunyai banyak sekali kandungan gizinya, dan juga merupakan satu-satunya susu hewan yang bisa dikonsumsi tanpa dimasak terlebih daliulu seperti ASI (air susu ibu), selain itu juga susu kambing lebih baik dan daripada susu sapi.

Terkadang banyak orang bingung mana yang kambing dan mana yang domba, terutama untuk kambing jenis Gibas. Untuk itu Raja Jempol sedikit bagikan perbedaan Domba dengan Kambing Gibas, sebagai berikut :

1. Domba
domba
a. Bulunya ikal dan rapi
b. Sifat Bergerombol lebih besar, senang berkompok dengan sekawanan
c. Ekor terkulai
d. Jenis makanan terbanyak adalah rumput-rumputan
e. Kelenjar Tanduk tidak ada

2. Kambing Gibas
kambing Gibas
a. Bulunya Lurus
b. Kurang suk a hidup bergerombol denga n kawanannya
c. Ekornya Mengarah ke atas
d. Makanan lebih suka Daun-daunan
e. Kelenjar tanduk Ada, bau prengus (pada jantan).

Selain kambing Gibas ada beberapa Type Kambing Berdasarkan Kegunaannya, ada 3 type kambing antara lain :
a. Type Pedaging
Tujuaanya utamanya adalah untuk menghasilkan daging, contohnya adalah kambing kacang.
kambing kacang

b. Type Perah
Tujuannya utamanya untuk menghasilkan susu, contoh jenis kambing ini adalah kambing Saanen. Kambing Saanen berasal dan negara Swiss. Ciri utamanya adalah warna bulunya putih, produksi susu bisa menghasilkan 5 — 7 liter per hari per ekor.
kambing saanen

c. Type Dwiguna
Tujuan utama pemeliharaanya untuk menghasilkan daging dan susu, contolmya adalah kambing Peranakan Ettawa (PE). Kambing liii hasil persilangan kambmg perah dan Ettawa (India) dan kambing lokal Indonesia. Selain menghasilkan daging juga bisa menghasilkan susu.
kambing Peranakan Etawa


Itulah sedikit artikel tentang perbedaan Domba dengan Kambing Gibas, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus