13.12.13

Cara Praktis Membuat BOM

Bulan Desember menjelang tahun baru adalah saat yang paling tepat untuk membuat BOM. Dengan bom tersebut akan membuat sebuah kejutan super dahsyat dari yang buruk menjadi baik atau untuk menghasilkan lebih baik. Desember adalah musim penghujan, dengan memanfaatkan air hujan serta pendukung bahan-bahan yang ada BOM mudah dibuat. Untuk itu Raja Jempol pada artikel ini coba berbagai bagaimana cara membuat bom.
bom
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat BOM :
1. Bokashi adalah sebuah metode pengomposan yang dapat menggunakan starter aerobik maupun anaerobik untuk mengkomposkan bahan organik, yang biasanya berupa campuran molasses, air, starter mikroorganisme, dan sekam padi. Starter yang digunakan amat bervariasi, dapat diinokulasikan dari material sederhana seperti kotoran hewan, jamur, spora jamur, cacing, ragi, acar, sake, miso, natto, anggur, bahkan bir, sepanjang material tersebut mengandung organisme yang mampu melakukan proses pengomposan.

2. Organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia. Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota (sampah).

3. Molase merupakan sari tetes tebu yang bisa didapat dari pabrik gula atau biasa disebut tetes,bila susah didapatkan molase bisa diganti dengan membuat cairan gula merah / gula putih. Perbandingan yang digunakan yaitu 1:1. sebagai contoh untuk mendapatkan 500 ml molase diperlukan gula merah / gula putih sebanyak 500 g dan air bersih sebanyak 500 ml.

Cara membuat :
1. Campurkan bahan bom Bokashi dan organic terlebih dahulu, setelah merata baru campur dengan Molashe
2. Masukkan campuran tersebut kedalam karung plastic/sak
3. Tata bertumpuk dibawah ririndangan
4. Tutup atasnya dengan terpal secara rapat guna menjaga kelembaban
5. Biarkan terkena hujan tumpukan bom tersebut
6. Setelah kadar biogas mulai berkurang, dengan merasakan kondisi suhu panas pada karung, maka bom tersebut bisa digunakan.

Itulah sedikit tatacara membuat BOM ( Bokashi Organik Molashe ) yang sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanaman anda dengan bahan yang ada disikitar dan biaya murah.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus