Membuat jurnal atau artikel bagi mahasiswa sebagai bentuk tugas mata kuliah membutuhkan sedikit trik ilmu pengetikan. Sebab dalam membuat jurnal/artikel bagi seorang awam akan amat membingungkan terlebih bila dalam satu halaman ada dua format yaitu satu kolom dan dua kolom yang biasa ada dihalaman depan artikel jurnal. Untuk itu raja jempol akan sedikit menugpas rahasianya, namun sebelumnya membuat jurnal ada aturan-aturan sebagai berikut :
ANATOMI ARTIKEL HASIL PENELITIAN
a. Judul
b. Nama Penulis
c. Abstrak
d. Kata Kunci
e. Pendahuluan
f. Metode
g. Hasil
h. Pembahasan
g. Kesimpulan dan Saran
h. Daftar Rujukan
JUDUL
1. Singkat dan efektif
2.Jelas
3.Tidak terlalu pendek atau terlalu panjang
(Tidak melebihi 12 kata)
4.Memuat variabel penelitian/gambaran masalah yang diteliti
Contoh:
1.Penggunaan Media Benda Kongkrit untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar
2.Penggunaan Model Pembelajaran Sentra untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Taman Kanak-Kanak
NAMA PENULIS
Ditulis di bawah judul artikel
Tanpa disertai gelar akademik atau lainnya
Tanpa foto
Alamat lembaga
Alamat email
ABSTRAK
1.Dituangkan secara padat dalam satu paragraf, dengan spasi tunggal
2.Panjang abstrak sekitar 50-75 kata
3.Format lebih sempit dari teks utama
4.Memuat masalah dan tujuan penelitian, metode penelitian, serta hasil penelitian
5.Artikel berbahasa Indonesia sebaiknya diberi abstrak bahasa Inggris
6.Ukuran font berbeda dengan teks utama
KATA KUNCI
-Menggambarkan masalah penelitian
-Tercermin pada variabel/masalah yang diteliti
-Terdiri atas 3 – 5 kata
-Diperlukan untuk sistem informasi
-Komputerisasi --à memudahkan pelacakan
PENDAHULUAN
1.Berisi latar belakang masalah, landasan teori, atau segi-segi lainnya, pada akhir deskripsi bisa diberikan tujuan dan manfaat penelitian
2.Dilakukan secara naratif, tanpa pemisahan subbagian
METODE
1.Pendekatan / jenis penelitian
2.Rancangan penelitian
3.Lokasi penelitian
4.Populasi dan sampel / subyek penelitian
5.Teknik pengumpulan data
6.Instrumen penelitian
7.Teknik analisis data
HASIL
1.Hasil analisis data dalam bentuk hasil bersih
2.Proses perhitungan statistik tidak perlu disajikan
3.Tabel dan gambar boleh disajikan sebagai pelengkap
PEMBAHASAN
1.Menjawab masalah-masalah penelitian
2.Menginterpretasi temuan dikaitkan dengan pengetahuan yang ada
3.Mengkomfirmasi dengan teori
4.Mengaitkan dengan temuan-temuan lain
5.Menyusun teori, memodifikasi teori, menguatkan teori, atau mengembangkan teori yang ada
6.Memuat gagasan-gagasan peneliti
KESIMPULAN DAN SARAN
1.Menyajikan kesimpulan (temuan/ringkasan) hasil penelitian
2.Menyajikan saran-saran berbasis kesimpulan/ temuan penelitian
DAFTAR RUJUKAN
1.Hanya memuat yang dirujuk Semua yang dirujuk harus ada dalam daftar rujukan, dan yang tidak dirujuk harus tidak ada dalam daftar rujukan
2. Sebaiknya sumber primer
3. Sebaiknya up to date (10 tahun terakhir)
4. Teknik penulisan rujukan harus benar
PENYUNTINGAN ARTIKEL
PENULISAN & BAHASA
Menggunakan Bahasa Objektif
Contoh tepat
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap unjuk kerja guru
Menggunakan Format Esai (bukan enumeratif)
Contoh tepat
Kepemimpinan transformasional menunjukkan kharisma, memberikan motivasi, mendorong kreatifitas, dan perhatian kepada anggota secara individual.
Menyusun paragraf yang baik
1)Merupakan kesatuan
2)sistematis
3)Lengkap
4)Kemampuan mengajar guru merupakan faktor utama yang bepengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa akan aktif belajar bila guru dapat menerapkan strategi mengajar yang tepat. Perhatian siswa juga akan optimal bila guru mampu menggunakan media pembelajaran yang menarik. Siswa akan lebih mudah memahami materi bila guru dapat menggunakan metode mengajar yang baik. Keaktifan, perhatian, dan pemahaman siswa merupakan aspek-aspek yang menentukan terhadap hasil belajar siswa.
Menggunakan Kalimat yang Benar
Contoh yang lebih tepat
1)Menurut Nitko (2007), evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa.
Nitko (2007) menyatakan bahwa evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa
Menggunakan Kalimat yang Efektif
Contoh yang lebih tepat
Umar (1996) mengatakan bahwa tes adalah himpunan pertanyaan yang harus dijawab, atau tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur suatu aspek perilaku siswa
Menggunakan Ejaan yang Tepat
1)Setiap kata ditulis terpisah dengan kata lainnya, kecuali kata yang tidak dapat berdiri sendiri.
Contoh:
meja, kursi, pascasarjana, dan lain-lain
Jarak antar kata dalam paparan satu ketukan
) Setiap huruf ditulis rapat
P E L A T I H A N -----à PELATIHAN
Gabungan kata yang memiliki makna khusus diberi tanda hubung.
Contoh:
proses belajar-mengajar, buku sejarah-baru
5)Kata jadian berimbuhan gabung depan dan belakang ditulis serangkai
Contoh:
inonaktifkan, menomorduakan,
Setelah tanda tanya, tanda seru, titik, titik dua (:), titik koma (;) ada jarak satu ketukan.
9. Tanda tanya, tanda seru, titik, titik dua (:), titik koma (;) ditulis rapat dengan kata yang mendahului.
Apa hasilnya?
Tanda petik ganda (“...”) atau petik tunggal (‘...’) ditulis rapat dengan yang diapit.
Pegawainya masih “dirumahkan”.
Tanda perhitungan = , +, -, x, :, <, >, ditulis dengan jarak satu ketukan.
2 + 3 = 5
10. Nama (nama bangsa, suku, bahasa, tahun, bulan, hari, hari raya, peristiwa sejarah, tempat) ditulis dengan huruf kapital.
hari Minggu
Hari Pahlawan
bangsa Indonesia
Afrika Selatan
11. Kata asing menggunakan huruf miring.
work motivation, leadership, supervision, dan lain-lain
12. Kata hubung antar kalimat menggunakan koma (,)
Oleh sebab itu,
Dengan demikian,
Oleh karena itu,
13. Koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang didahului dengan tetapi, sedangkan, namun, yaitu, dll.
Kegiatan ini sederhana, tetapi besar manfaatnya.
14. Kata depan dipisah, awalan disambung.
Di samping itu, Di sisi lain, Di depan, dll.
dipukul, didengar, dilihat, ditulis, dll.
15. Tidak menggunakan titik
cm. cm
kg. kg
S.Pd. S.Pd
16. Menggunakan koma
Jenis pendidikan meliputi pendidikan formal, informal, dan nonformal.
17. Tidak menggunakan koma
Pengolahan dilakukan per butir agar mudah ditemukan hasilnya.
18. Tidak memakai titik dua
Proses kegiatan ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
19. Ditulis rapat
Menurut Wiyono (2008:12) teknik pengumpulan data dibagi dua, yaitu tes dan nontes
20. Kata yang ditulis serangkai
multiarah
kontraproduksi
ekstrasekolah
kokurikuler, intrakurikuler
menumbuhkembangkan, dikembangbiakkan, dll
TEKNIK PENULISAN DAFTAR RUJUKAN
DARI BUKU
Hasibuan, J. & Mudjiono. 1986. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Remadja Karya.
Sudjana, N., & Daeng, A. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proser Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rinneka Cipta.
RUJUKAN DARI KORAN
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.
RUJUKAN DARI JURNAL
Hanafi, A. 1989. Partisipasi dalam Siaran Pedesaan dan Pengadopsian Inovasi. Forum Penelitian, 1(1): 33-47.
Suryadarma, S.V.C. 1990. Procesor dan Interface: Komunikasi Data. Info Komputer, IV (4) : 46-48.
RUJUKAN DARI LEMBAGA
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
RUJUKAN DARI KARYA TERJEMAHAN
Ari, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. Tanpa tahun. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
RUJUKAN DARI SKRIPSI, THESIS, DISERTASI
Pangaribuan, T. 1992. Perkembangan Kompetensi Kewacanaan Pembelajaran Bahasa Inggris di LPTK. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP MALANG.
RUJUKAN DARI MAKALAH
Karim, Z.1987. Tatakota di Negara-Negara Berkembang. Makalah disajikan dalam Seminar Tatakota, BAPPEDA Jawa Timur, Surabaya, 1-2 September
RUJUKAN DARI ARTIKEL DI INTERNET
Hitchcock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Jornals, 1990-95: The Calm before the Storm, (Online), http://journal.ecs.soton.uk/survey/ survey.html, diakses 12 Juni 1996).
Setelah mengetahui aturan membuat jurnal, berikut ini cara pengetikan via ms word.
1. Buka file yang telah diketik
2. Jadikan satu antara abstrak dengan pendahuluan
3. Blok bagian pendahuluan yang ikut pada halaman pertama/depan dengan abstrak
4. Klik page layout, lalu pilih “columns” pilih 2 kolom
5. Pada abstrak blok, kemudian kecilkan ukuran fontnya lebih kecil dari isi utama, klik TAB dua kali, hingga alinea abstrak agak masuk
6. pada halaman kedua dan seterusnya “blok” page layout – colums pilih 2 kolom
7. selesai sudah
ANATOMI ARTIKEL HASIL PENELITIAN
a. Judul
b. Nama Penulis
c. Abstrak
d. Kata Kunci
e. Pendahuluan
f. Metode
g. Hasil
h. Pembahasan
g. Kesimpulan dan Saran
h. Daftar Rujukan
JUDUL
1. Singkat dan efektif
2.Jelas
3.Tidak terlalu pendek atau terlalu panjang
(Tidak melebihi 12 kata)
4.Memuat variabel penelitian/gambaran masalah yang diteliti
Contoh:
1.Penggunaan Media Benda Kongkrit untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar
2.Penggunaan Model Pembelajaran Sentra untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Taman Kanak-Kanak
NAMA PENULIS
Ditulis di bawah judul artikel
Tanpa disertai gelar akademik atau lainnya
Tanpa foto
Alamat lembaga
Alamat email
ABSTRAK
1.Dituangkan secara padat dalam satu paragraf, dengan spasi tunggal
2.Panjang abstrak sekitar 50-75 kata
3.Format lebih sempit dari teks utama
4.Memuat masalah dan tujuan penelitian, metode penelitian, serta hasil penelitian
5.Artikel berbahasa Indonesia sebaiknya diberi abstrak bahasa Inggris
6.Ukuran font berbeda dengan teks utama
KATA KUNCI
-Menggambarkan masalah penelitian
-Tercermin pada variabel/masalah yang diteliti
-Terdiri atas 3 – 5 kata
-Diperlukan untuk sistem informasi
-Komputerisasi --à memudahkan pelacakan
PENDAHULUAN
1.Berisi latar belakang masalah, landasan teori, atau segi-segi lainnya, pada akhir deskripsi bisa diberikan tujuan dan manfaat penelitian
2.Dilakukan secara naratif, tanpa pemisahan subbagian
METODE
1.Pendekatan / jenis penelitian
2.Rancangan penelitian
3.Lokasi penelitian
4.Populasi dan sampel / subyek penelitian
5.Teknik pengumpulan data
6.Instrumen penelitian
7.Teknik analisis data
HASIL
1.Hasil analisis data dalam bentuk hasil bersih
2.Proses perhitungan statistik tidak perlu disajikan
3.Tabel dan gambar boleh disajikan sebagai pelengkap
PEMBAHASAN
1.Menjawab masalah-masalah penelitian
2.Menginterpretasi temuan dikaitkan dengan pengetahuan yang ada
3.Mengkomfirmasi dengan teori
4.Mengaitkan dengan temuan-temuan lain
5.Menyusun teori, memodifikasi teori, menguatkan teori, atau mengembangkan teori yang ada
6.Memuat gagasan-gagasan peneliti
KESIMPULAN DAN SARAN
1.Menyajikan kesimpulan (temuan/ringkasan) hasil penelitian
2.Menyajikan saran-saran berbasis kesimpulan/ temuan penelitian
DAFTAR RUJUKAN
1.Hanya memuat yang dirujuk Semua yang dirujuk harus ada dalam daftar rujukan, dan yang tidak dirujuk harus tidak ada dalam daftar rujukan
2. Sebaiknya sumber primer
3. Sebaiknya up to date (10 tahun terakhir)
4. Teknik penulisan rujukan harus benar
PENYUNTINGAN ARTIKEL
PENULISAN & BAHASA
Menggunakan Bahasa Objektif
Contoh tepat
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap unjuk kerja guru
Menggunakan Format Esai (bukan enumeratif)
Contoh tepat
Kepemimpinan transformasional menunjukkan kharisma, memberikan motivasi, mendorong kreatifitas, dan perhatian kepada anggota secara individual.
Menyusun paragraf yang baik
1)Merupakan kesatuan
2)sistematis
3)Lengkap
4)Kemampuan mengajar guru merupakan faktor utama yang bepengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa akan aktif belajar bila guru dapat menerapkan strategi mengajar yang tepat. Perhatian siswa juga akan optimal bila guru mampu menggunakan media pembelajaran yang menarik. Siswa akan lebih mudah memahami materi bila guru dapat menggunakan metode mengajar yang baik. Keaktifan, perhatian, dan pemahaman siswa merupakan aspek-aspek yang menentukan terhadap hasil belajar siswa.
Menggunakan Kalimat yang Benar
Contoh yang lebih tepat
1)Menurut Nitko (2007), evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa.
Nitko (2007) menyatakan bahwa evaluasi adalah proses memberikan pertimbangan nilai tentang hasil belajar siswa
Menggunakan Kalimat yang Efektif
Contoh yang lebih tepat
Umar (1996) mengatakan bahwa tes adalah himpunan pertanyaan yang harus dijawab, atau tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur suatu aspek perilaku siswa
Menggunakan Ejaan yang Tepat
1)Setiap kata ditulis terpisah dengan kata lainnya, kecuali kata yang tidak dapat berdiri sendiri.
Contoh:
meja, kursi, pascasarjana, dan lain-lain
Jarak antar kata dalam paparan satu ketukan
) Setiap huruf ditulis rapat
P E L A T I H A N -----à PELATIHAN
Gabungan kata yang memiliki makna khusus diberi tanda hubung.
Contoh:
proses belajar-mengajar, buku sejarah-baru
5)Kata jadian berimbuhan gabung depan dan belakang ditulis serangkai
Contoh:
inonaktifkan, menomorduakan,
Setelah tanda tanya, tanda seru, titik, titik dua (:), titik koma (;) ada jarak satu ketukan.
9. Tanda tanya, tanda seru, titik, titik dua (:), titik koma (;) ditulis rapat dengan kata yang mendahului.
Apa hasilnya?
Tanda petik ganda (“...”) atau petik tunggal (‘...’) ditulis rapat dengan yang diapit.
Pegawainya masih “dirumahkan”.
Tanda perhitungan = , +, -, x, :, <, >, ditulis dengan jarak satu ketukan.
2 + 3 = 5
10. Nama (nama bangsa, suku, bahasa, tahun, bulan, hari, hari raya, peristiwa sejarah, tempat) ditulis dengan huruf kapital.
hari Minggu
Hari Pahlawan
bangsa Indonesia
Afrika Selatan
11. Kata asing menggunakan huruf miring.
work motivation, leadership, supervision, dan lain-lain
12. Kata hubung antar kalimat menggunakan koma (,)
Oleh sebab itu,
Dengan demikian,
Oleh karena itu,
13. Koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang didahului dengan tetapi, sedangkan, namun, yaitu, dll.
Kegiatan ini sederhana, tetapi besar manfaatnya.
14. Kata depan dipisah, awalan disambung.
Di samping itu, Di sisi lain, Di depan, dll.
dipukul, didengar, dilihat, ditulis, dll.
15. Tidak menggunakan titik
cm. cm
kg. kg
S.Pd. S.Pd
16. Menggunakan koma
Jenis pendidikan meliputi pendidikan formal, informal, dan nonformal.
17. Tidak menggunakan koma
Pengolahan dilakukan per butir agar mudah ditemukan hasilnya.
18. Tidak memakai titik dua
Proses kegiatan ini dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
19. Ditulis rapat
Menurut Wiyono (2008:12) teknik pengumpulan data dibagi dua, yaitu tes dan nontes
20. Kata yang ditulis serangkai
multiarah
kontraproduksi
ekstrasekolah
kokurikuler, intrakurikuler
menumbuhkembangkan, dikembangbiakkan, dll
TEKNIK PENULISAN DAFTAR RUJUKAN
DARI BUKU
Hasibuan, J. & Mudjiono. 1986. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Remadja Karya.
Sudjana, N., & Daeng, A. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proser Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Sinar Baru.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Penerbit Rinneka Cipta.
RUJUKAN DARI KORAN
Jawa Pos. 22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3.
RUJUKAN DARI JURNAL
Hanafi, A. 1989. Partisipasi dalam Siaran Pedesaan dan Pengadopsian Inovasi. Forum Penelitian, 1(1): 33-47.
Suryadarma, S.V.C. 1990. Procesor dan Interface: Komunikasi Data. Info Komputer, IV (4) : 46-48.
RUJUKAN DARI LEMBAGA
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
RUJUKAN DARI KARYA TERJEMAHAN
Ari, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. Tanpa tahun. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
RUJUKAN DARI SKRIPSI, THESIS, DISERTASI
Pangaribuan, T. 1992. Perkembangan Kompetensi Kewacanaan Pembelajaran Bahasa Inggris di LPTK. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP MALANG.
RUJUKAN DARI MAKALAH
Karim, Z.1987. Tatakota di Negara-Negara Berkembang. Makalah disajikan dalam Seminar Tatakota, BAPPEDA Jawa Timur, Surabaya, 1-2 September
RUJUKAN DARI ARTIKEL DI INTERNET
Hitchcock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A Survey of STM Online Jornals, 1990-95: The Calm before the Storm, (Online), http://journal.ecs.soton.uk/survey/ survey.html, diakses 12 Juni 1996).
Setelah mengetahui aturan membuat jurnal, berikut ini cara pengetikan via ms word.
1. Buka file yang telah diketik
2. Jadikan satu antara abstrak dengan pendahuluan
3. Blok bagian pendahuluan yang ikut pada halaman pertama/depan dengan abstrak
4. Klik page layout, lalu pilih “columns” pilih 2 kolom
5. Pada abstrak blok, kemudian kecilkan ukuran fontnya lebih kecil dari isi utama, klik TAB dua kali, hingga alinea abstrak agak masuk
6. pada halaman kedua dan seterusnya “blok” page layout – colums pilih 2 kolom
7. selesai sudah
0 comments:
Posting Komentar
Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus