11.7.19

“Menempel Anggrek Pada Kamboja”

Menanam bunga Anggrek agar terlihat indah banyak berbagai cara diantara dua cara tersebut yaitu menanam anggrek dalam pot dan menanam anggrek menempel. Masing-masing cara mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Menanam anggrek dalam pot mempunyai keunggulan bunga anggrek bisa diletakkan dan dipindah-pindah sesuai keinginan, akan tetapi ada juga kelemahan dari menanam anggrek dalam pot ini yaitu, dibutuhkan perawatan yang intensif, jika berkembang biak pot tidak mencukupi, penyiraman secara rutin dan penggantian media tanam yang terus berlanjut.

Menanam anggrek dengan cara menempel ini adalah sejatinya mengembalikan pola hidup anggrek sebenarnya, dimana sering kita jumpai anggrek liar dihutan-hutan yang tumbuh menempel secara alami dipohon-pohon yang rindang. Cara hidup anggrek yang menempel sebagaimana pakis, benalu. Tentu keunggulan dari menempel ini adalah tidak butuh perawatan yang intensif. Akan tetapi adapula kelemahannya yaitu tidak bisa dipindah dan pohon tempat menempel yang terus tumbuh besar yang sewaktu-waktu ditebang.

Untuk itu dalam artikel kali ini Raja Jempol membagi cara menanam anggrek dengan menempel yang tidak akan memiliki kelemahan justeru akan banyak menemui keunggulan. Adapun cara menempel anggrek ini saya namakan “Menempel Anggrek Pada Kamboja”. Saya pilih pohon kamboja sebagai media menempel bunga anggrek dikarenakan pohon ini bukan jenis pohon besar, tapi tanaman bunga yang pendek dan berumur panjang serta cara menanamnya amat mudah, bisa ditanam kedalam pot. Selain itu porsi batang kamboja bagian luar yang lunak sangat cocok bagi akar-akar anggrek menempel dan memperoleh makanan dari batang tersebut.

Oke langsung saja gaess, berikut ini langkah-langkahnya :
1. Pilih bakal kamboja yang akan ditempeli anggrek, bisa ditaman secara langsung ditanah halaman atau juga ditanam dalam pot yang besar. Tunggu kamboja tumbuh daun untuk memastikan kamboja tersebut hidup.
2. Siapkan alat dan bahan yang meliputi, bakal anggrek yang akan ditempel, pisau atau cutter, tali tampar kecil/rafia, busa bekas belah jadi dua dengan ukuran secukupnya.
3. Pilih bagian batang kamboja yang lurus tak ada bakal cabang, kemudian iris bagian kulitnya secukupnya antara 5x6 cm.
4. Kemudian tempelkan anggrek pada bagian irisan batang kamboja tersebut
5. Lalu balut/tutupi/bungkus dengan busa yang telah disiapkan hingga bagian akar bakal anggrek tertutup.
6. Ikat dengan tali hingga rapat
7. Setalah itu sirami, lakukan secara rutin hingga akar-akar anggrek menyatu, ditandai dengan anggrek tumbuh dan berbunga.
8. Setelah anggrek tumbu normal dan menyatu dengan batang kamboja, tempelkan kulit buah kelapa secara melingkar pada akar-akar anggrek untuk menjaga kelembaban sehingga anggrek tumbuh dan berkembangbiak.

Itulah sedikit cara menempel anggrek pada kamboja dengan media busa bekas, busa bekas dipilih karena menyerap air yang merupakan makanan bagi anggrek sebelum menempel pada batang kamboja.
Cara ini akan lebih hemat dan praktis sebab kedepannya tak perlu lagi repot-repot mengganti media tanam, cukup disirami saja.

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus