globlaisasi dunia

Menindak lanjuti artikel sebelumnya pelajaran PKN tentang globalisasi artikel ini adalah melengkapi artikel globalisasi.

Dampak Globalisasi terhadap Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara
1. Dampak Positif Globalisasi
Globalisasi yang berkembang saat ini, telah merambah dalam segala aspek kehidupan manusia. Globalisasi memberikan damapak pada bidang ekonomi, bidang politik, dan bidang teknologi.

a. Bidang Politik
Globalisasi memberikan perubahan terhadap kedaulatan negara yang pada mulanya dimiliki secara penuholeh suatu negara. Akan tetapi, secara berangsur-angsur kedaultana negara itu mengalami penyesuaian dengan kepentingan global.
Globalisasi memberikan dampak yang positif di bidang politik dan pemerintahan dalam suatu negara didunia ini. ,meskipun politik dan pemerintahaan merupakan hak kedaulatan setiap negara, akan tetapi dalam penyelenggaraan pemerintahannya negara-negara lain menuntut adanya sikap keterbukaan, demokratis dan menghormati hak-hak asasi manusia.

b. Bidang Ekonomi
Globalisasi membuat maraknya perkembangan industri di negara-negara yang berkembang dengan tenaga ahlinya dari bangsa lain. Globalisasi dapat memberikan peluang adanya kesempatan kerja baik didalam maupun diluar negeri. Globalisasi juga membuka adanya pasar internasional sehingga barang-barang produk luar negeri telah terpasarkan di dalam suatu negara.
Globalisasi mendorong ternentuknya lembaga-lemabaga ekonomi dunia yang beranggotakan negara-negara berada di dunia ini. Misalnya International Bank For Reconstruction and Development (IBRD), International Monetery Fund (IMF), dan World Trade Oragnization (WTO), yaitu organisasi dunia yang membantu mengatur laju perdagangan dan perputaran uang antarnegara.
Globalisasi ikut berperan untuk membentuk perjanjian kerjasama perdagangan regional seperti Asia-Pasifik Economic Cooperation (APEC), Nort American Free Trade (NAFTA), Asian Free Trade Area (AFTA) dan adanya pembentukan mata uang bersama negara-negara Eropa yang dinamaikan Euro

c. Bidang Teknologi dan Informasi
Globalisasi memberikan dampak yang positip dalam bidang teknologi dan informatika dalam suatu negara. Dengan semakin canggihnya teknologi dan informasi dapat memungkinkan setiap orang mampu melewati batas-batas negara dalam waktu yang singkat sehingga menghemat waktu dan tenaga.
Dengan adanya globalisasi di bidang teknologi dan informasi, seseorang yang menginginkan informasi tentang peluang kerja ke luar negeri dapat mencarinay melalui internet.

2. Dampak Negatif Globalisasi
a. Bidang Politik
Setiap negara di dunia ini setelah adanya globalisasi pemerintahan negara yang berdaulat dalam mengatur dirinya sendiri semakin berkurang. Hal ini, dikarenakan adanya aturan-aturan baru yang telah disepakati bersama dengan lemabaga-lembaga global misalnya PBB dan WTO. Campur tangan masyarakat internasional dan masuknya nilai-nilai budaya yang baru dari dunia luar memberi perubahan bidang politik dalam suatu negara.
Semakin meningkatnya nilai-nilai politik individu, kelompok, oposisi, diktator mayoritas atau tirani minoritas. Tarnsparasi , akuntabilitas, dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pemerintahan negara semakin mendapat sorotan dari berbagai elemen masyarakat.

b. Bidang Ekonomi
adanya globalisasi perekonomian suatu negara akan mengalami perubahan yang drastis. Hal ini terjadi adanya sektor-sektor ekonomi rakyat yang semula mendapat subsidi sekarang semakin berkurang, lembaga ekonomi seperti koperasi sulit untuk berkembang, dan penyerapan tenaga kerja dengan pola padat karya mulai ditinggalkan.

c. Bidang Sosial Budaya
Globalisasi memberikan dmapak yang negatif terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat dunia. Melalui teknologi informasi dan komunikasi yang canggih masyarakat seantero dunia dapat menikmati nilai-nilai budaya modern yang dapat melenturkan nilai-nilai lokal yang dapat mengakibatkan terjadinya krisis nilai dan identitas.
Orang-orang cenderung bergaya hidup individualisme, pragmatisme, hedonisme dan konsumerisme. Semangat goting royong ditinggalkan, solidaritas dan setiakawan sosial semakin berkurang. Kehidupan masyarakat semakin meninggalkan nilai-nilai keagamaan. Globalissai juga memberikan pengaruh adanya kadar dan kualitas kejahatan semakin canggih dengan mempergunakan teknologi informasi dan komunikasi.[sumber:perpustakaan]

0 komentar:

Poskan Komentar