3.9.13

Cara Mendirikan PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD, kabarnya dianjurkan ada disetiap desa dengan tujuan agar anak mulai belajar sejak dini dengan dengan cara bermain. Untuk mendirikan PAUD tidaklah mudah butuh kejelian dan kerjasama antar komponen dipemerintahan desa dan warga.
pendirian PUAD
Raja Jempol dalam artikel kali ini coba berbagi cara mendirikan PAUD.
Berikut ini adalah langkah-langkahnya :
1. Dekati warga sekitar, tetangga yang mempunyai anak balita, bicara sanati yang ujung-ujungnya kearah anjuran ke PAUD.
2. Hubungi aparat desa setempat dari mulai kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat tentang ide PAUD.
3. Sediakan tempat yang nantinya kan digunakan untuk sarana belajar, usahakan yang nyaman sejuk dan ada fasilitas belajar dan bermain.
4. Promosikan ide PAUD dengan fasilitas yang dimiliki.
5. Bentuk kepengurusan yayasan PAUD dari mulai penyelenggara hingga para gurunya, usahakan para pengajar yang berpengalaman diutamakan rekruit guru TK yang professional.
6. Ajukan proposal pendirian PAUD dengan rincian antara lain :
a. Kop Proposal yang bertuliskan ijin proposal, nama PAUD, alamat PAUD dan tahun pengajuan .
b. Proposal
c. struktur organigram kepengurusan PAUD
d. daftar calon anak-anak PAUD
e. surat ijin dari kepala desa
f. doto-foto calon peserta PAUD
g.foto-foto lokasi tempat penyelenggaraan PAUD
h. foto copy ijasah para pengajarnya
berikut ini adalah contoh Proposalnya :

PROPOSAL

I. PENDAHULUAN
Paud adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan Dasar yang merupakan upaya pembinaan yang di tujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan pada jalur formal non formal dan informal.
Paud menyiapkan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakkan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan Fisik ( Koordinasi motorik halus dan kasar ), Sosio emosional ( Sikap perilaku serta agama ), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh Anak Usia Dini.
Ada dua tujuan diselenggarakan Paud yaitu :
- Tujuan Utama : untuk membentuk anak Indonesia yang berkwalitas yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal didalam memasuki pendidikan dasar serta mempunyai kehidupan dimasa yang akan datang.
- Tujuan Penyerta : untuk menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar ( akademik ) di sekolah.
Rentangan anak usia dini menurut pasal 28 Undang-Undang SISDIKNAS No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun, sementara menurut kajian rumpun keilmuan Paud dan penyelenggaraannya di beberapa negara PAUD dilaksanakan sejak 0-8 tahun.
Ruang lingkup PAUD
- Infant ( 0-1 tahun )
- Toddler ( 2-3 tahun )
- Pre school/Kindergarten Children ( 3-6 tahun )
- Early Primary School ( SD kelas awal 6-8 tahun )
Bertitik tolak dari pemikiran diatas maka masyarakat bekerjasama dengan pemerintah Desa Raja Jempol Kecamatan Jempoler dan berdasarkan musyawarah yang diselenggarakan pada hari Jum’at tanggal 6 bulan Mei tahun 2013, bermaksud membentuk suatu program peningkatan kwalitas pendidikan anak-anak sedini mungkin melalui pendirian Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) dan lembaga tersebut kami beri nama PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN ( PAUD ) Jempol Oke Desa Raja Jempol Kecamatan Jempoler Kabupaten Jempol.
II. Tujuan yang ingin dicapai melalui program ini adalah :
• Menyediakan layanan pendidikan yang murah dan bermutu bagi anak usia 0 s.d 6 tahun
• Mengoptimalkan pertumbuhan dan pekembangan anak usia 0 s.d. 6 tahun
III. Sasaran program
Sasaran program ini adalah anak usia 0-6 tahun, sebanyak 23 anak.
IV. Waktu dan tempat pelaksanaan
a. Waktu
Waktu pelaksanaan Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Bermain Jempol Oke dimulai dari hari Senin jam 07.30 – 10.00 BBWI sampai dengan hari Kamis, adapun jadwal waktu pelaksanaan sebagai berikut :[buat tabel rinciannya]
b. Tempat pelaksanaan kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini kelompok bermain PENDIDIKAN ANAK USIA DINI KELOMPOK BERMAIN ( PAUD ) Jempol Oke Desa Raja Jempol Kecamatan Jempoler Kabupaten Jempol.
c. DATA TENAGA PENDIDIK dan PESERTA DIDIK.
Tenaga pendidik dan peserta didik yang ada pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini sebanyak 4 (empat) orang dan peserta didik sebanyak 24 orang dengan rincian sebagai berikut :[buat tabel rinciannya struktur organigramnya]
V. Daya Dukung
Guna mendukung penyelenggaraan rintisan program Kelompok Bermain Pos PAUD* dimaksud, sarana dan prasarana yang terseduia adalah sebagai berikut :
a. Sarana dan Prasarana
No Jenis Sarana/Prasarana Jumlah Keadaan
1. Gedung 1 buah Baik
2. Meja 10 buah Baik
3. Kursi 20 buah Baik
4. Alat Permainan Edukatif 10 buah Baik

b. Tindak Lanjut
Agar program pelaksanaan dapat berjalan secara berkesinambungan langkah yang dilakukan adalah dengan cara mengadakan pelatihan dan penambahan fasilitas pelayanan kepada peserta didik pada umumnya dan masyarakat desa Raja Jempol pada umumnya.
VI. PENUTUP
Demikianlah sebagian keinginan masyarakat yang coba kami salurkan, mudah-mudahan dengan partisipasi dari semua elemen masyarakat akan tercipta suatu kerjasama yang menghasilkan sebuah peningkatan pendidikan di Desa Raja Jempol Kecamatan Jempoler Kabupaten Sidoarjo Propinsi Jawa Timur khususnya dan umumnya akan menyumbangkan keberhasilan bagi negara kita tercinta amin.



0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus