28.9.12

Pasar Barang

Pasar Barang
Pasar Barang

A. Pengertian Pasar
Pasar yaitu tempat konsumen memperoleh barang dan jasa.
Namun dari segi pandangan produsen pasar adalah tempat untuk menawarkan produk berupa barang maupun jasa.
Dari segi konsumen, pasar adalah tempat diperolehnya berbagai barang atau jasa yang dibutuhkan.
Bila disimpulkan pasar adalah suatu mekanisme yang mempertemukan pembeli [ konsumen ] dengan penjual [ produsen ].


B. Fungsi Pasar
1. Sebagai penentu nilai
2. Organisasi produksi
3. Distribusi produksi

C. Struktur Pasar
Yaitu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar.
D. Jenis-jenis Pasar Barang
1. Pasar persaingan sempurna [ Perfect Market Competition ]
a. Ciri-ciri pokok pasar persaingan sempurna sebagai berikut :
1) Penjual dan pembeli sangat banyak
2) Konsumen mengetahui kondisi pasar
3) Tidak ada campur tangan pemerintah
b. Keburukan pasar persaingan sempurna
1) Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai
2) Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang
c. Pembentukan harga pasar persaingan sempurna
Misalnya :
• Harga yang disetujui oleh pembeli dan penjual untuk sepasang sepatu adalah Rp. 350.000,-
• Harga untuk satu kilogram jeruk Medan yaitu Rp. 8. 500,-

2. Pasar Oligapoli
a. Pengertian pasar oligapoli
Adalah salah satu bentuk struktur pasar dimana hanya ada beberapa produsen atau sedikit perusahaan saja
Contoh : seperti kartu perdana XL dan IM3, kedua kartu perdana tersebut identik dan mirif satu sama lain.
b. Ciri-ciri pasar oligapoli :
1) Adanya ketegaran harga
2) Adanya kepemimpinan harga
c. Kebaikan pasar oligapoli :
1) Efisiensi
2) Yang terlibat dipasar hanya sedikit perusahaan
d. Keburukan pasar oligapoli :
1) Dibutuhkan investasi dan modal yang besar
2) Kemungkian terjadinya Collusion [ kolusi ] antar perusahaan dipasar
3) Adanya hambatan jangka panjang seperti pemberian hak waralaba oleh pemerintah
e. Tujuan pasar oligapoli
Adanya kerjasama antar kedua perusahaan dalam menetapkan tarif, agar masing-masing perusahaan mendapat keuntungan lebih tinggi.
f. Pembentukan harga pasar oligapoli
Misalnya :
PT. Telkomsel menurunkan biaya SMS, dari RP. 350,- per SMS menjadi Rp. 150,-. Tindakan ini akan diikuti oleh Indosat dengan turut menurunkan harga biaya SMS. Hal ini karena Indosat khawatir jika tidak menurunkan biaya yang sama, pelanggan Indosat akan berpindah ke Telkomsel.

3. Pasar Monopolistik
a. Pengertian pasar monopolistik
Adalah struktur pasar dimana hanya terdapat satu penjual atau produsen yang melayani sedemikian banyak pembeli atau konsumen.
Contoh :
• Jasa angkutan kereta api hanya dilayani PT. KAI
• Jasa sambungan listrik hanya dilayani oleh PT. PLN
• Air bersih hanya dilayani oleh PDAM
b. Ciri-ciri pasar monopoli :
1) Monopoli sumber daya
2) Monopoli ciptaan pemerintah
3) Monopoli alamiah
c. Kebaikan pasar monopoli :
1) Efisiensi produksi
2) Mendorong terjadinya inovasi
3) Mengurangi persaingan yang tidak bermanfa’at
d. Keburukan pasar monopoli :
1) Penyalahgunaan kekuatan pasar
2) Tingkat produksi yang lebih rendah
3) Mengurangi kesejahteraan konsumen
4) Ketidakadilan

e. Tujuan pasar monopoli
Efisiensi produksi dapat diciptakan dengan adanya monopoli
f. Pembentukan harga pasar monopoli :
1) Jangka pendek
• Menentukkan harga jual [ price maker ]
2) Jangka panjang
• Adanya laba ekonomis yang cukup tinggi dalam pasar.



0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus