5.4.13

Jenis-jenis Kolam Ikan

Mengenal jenis-jenis atau macam-macam kolam untuk berternak ikan terutama ikanair tawar. Sejatinya ada dua jenis kelompok kolan ikan yaitu, kolam ikan air deras dankolam ikan air tenang. Kolama air deras biasanya untuk memelihara jenis ikan seperti tawas,patin,emas danlain-lain. Sementara kolam air tenang untuk ikan lele,belut,nila,gurame dan lain-lain.

Raja Jempol Blog

Ditengah makin menyempitnya lahan pekarangan rumah untuk difungsikan sebagai kolam maka mucul beberapa kolam alternative yang bias dibuat dihalaman pekarangan yang sempit. Ada beberapa jenis kolam ikan antara lain :
1. Kolam Sawah
Kolam jenis biasa dibuat saat awal musim tanam padi,karena pada saat itu tanamanpadi butuh pengairan terus hingga padi mulai berbuah, dengan adanya air tersebut bisa ditebar bibit ikan tawas dan ikan emas.
2. Kolam Tumpang Sari
Kolam ini memanfaatkan beberapa aliran air dikebun atau sawah untuk ditebar bibit ikan sementara dilahannya ditanami jenis tanaman basah atau yang butuh aliran air terus.
3. Kolam Galian Tanah
Kolam ini dibuat dengan menggali tanah dengan ukuran persegi, dan disertai lubang pemasukan/pembuangan air. Diera modern dengan adanya mesin pompa air lubangmasuk/pembuangan tidak diperlukan karena cukup menggunakan pompa air.
4. Kolam Ubin
Kolam tipe ini dibuat dengan menggunakan bahan baku batu bata dan semen serta pasir,biasanya dibangun diatas tanah selayaknya membangun bak mandi ubin, hanya ukurannya lebih besar dan lebih kuat tahanrembesan air.
5. Kolam Drum
Dengan memanfaatkan drum bekas yang berbahan anti karat, bisa dijadikan untuk kolam guna memelihara ikan jenis lele dan belut. Hanya saja karena ukuran drum yang relatif kecil maka isiikan dalamkolam drum terbatas. Untuk memelihara banyak ikan maka dibutuhkan banyak kolam drum.
6. Kolam Terpal
Kolam terpaladalah kolam yang memanfaatkan terpal [yang biasa dijadikan atap atau menutupi barang dari hujan. Terpal yang tebal akan mampu menahan air. Kolam terpal cocok untuk memelihara ikan lele hingga dewasa selama ketebalan terpal tahan terhadap patil lele.
7. Keramba
Keramba adalah kolam ikan yang dibuat dari keramba, keramba sejenis jaring yang rapat terbuat dari bahan plastik dan kuat. Keramba biasanya dibuat pada sungai,telaga, rawa, danau. Dengan keramba tidak perlu repot untuk mengurus sirkulasi air hanya saja harus cermat memilih sungai, rawa, telaga yang airnya stabil dan bebas dari polusi serta ulah racun ikan.

Itulah beberapa jenis kolam ikan yang bisa dibuat untuk memelihara ikan, dalam artikel mendatang akan Raja Jempol tulis bagaimana cara membuat ketujuh jenis kolam ikan diatas.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus