2.4.13

Penipuan atas nama Indosat

Beberapa hari yang lalu saya mendapat SMS yang berisi : selamat nomor anda mendapat hadiah Toyota Avansa dari PT.Indosat poin plus-plus, pin :xy1i94b, u/info klik: http://indosatpoinplus2013.webs.com,setelah saya klik hasil tampilan situs seperti gambar dibawah ini :
situs penipu

Saya coba call nomor yang ada dalam situs atas nama Beny, dia Tanya nama dannomor pin serta no handphone,kemudian dia jawab tunggu 30 menit lagi untuk cek kebenaran pemenang, 30 menit lagi suruh hubungi.disinilah kejanggalan terlihat koq suruh nunggu 30 menit lagi, karena males saya hiraukan saja paling-paling suruh transfer uang agar hadiah cair, iseng-iseng googling saya temukan artikel dibawah ini :

PALEMBANGdotkom (Palembang) - Akhir-akhir ini marak penipuan melalui pesan singkat/sms yang mengatasnamakan salah satu operator ternama, seperti yang diterima PALEMBANGdotkom Selasa pagi (26/2/2013). Berikut isi pesan singkat yang diterima PALEMBANGdotkom tersebut.
SLMT!_No Anda men-dpt hadiah 1-Unit MOBIL TOYOTA AVANZA dari: Undian POIN PLUS PLUS PT.INDOSAT No Pin.xy1i94b. U/Info lkp klik: www.indosat-info.webs.com
Berdasarkan analisa PALEMBANGdotkom, ada indikasi penipuan yang sangat kentara :
1. Pengirim menggunakan nomor 0856.960.160.76, SEHARUSNYA jika benar dari Indosat, pengirimnya bukan nomor ponsel tapi atas nama INDOSAT, seperti yang sering Indosat lakukan saat memberikan informasi tentang produknya atau informasi lainnya.
2. Penerima SMS diminta mengakses situs www.indosat-info.webs.com, untuk diketahui situs yang ada embel-embel .webs.com adalah situs gratisan, SEHARUSNYA kalau memang Indosat kenapa tidak langsung diminta mengakses www.indosat.com situs resmi indosat. Ini bukti penipu belum ada modal yang banyak, mau menipu tapi tak bermodal.
3. Saat PALEMBANGdotkom mengunjungi situs www.indosat-info.webs.com tampilannya sangat mirip situs resmi INDOSAT bahkan bisa meyakinkan calon yang akan ditipu, situs palsu ini ditambah tombol program undian, daftar pemenang dan informasi lain yang tidak ada dicantumkan dalam situs resmi INDOSAT, jadi ini benar-benar penipuan.
4. Mau ngelabuin penerima lagi, si penipu menulis DITERIMA @ 04:00 berharap penerima sms bangun kesiangan, sehingga ada laporan sms diterima pukul 04.00 subuh.
5. Jadi, Ingat nomor ini 0856.960.160.76 ingat pin ini xy1i94b dan ingat situs ini www.indosat-info.webs.com untuk diabaikan saja.
6. Kalau terjebak, maka anda akan diminta mentransfer uang untuk pajak mobil, biaya pengurusan administrasi dan lainnya. Uang sudah ditransfer, tapi hadiah mobilnya tidak akan anda dapatkan.
Nah, bagi pengguna operator Indosat ataupun operator lainnya, diharapkan tidak mudah tertipu dengan modus penipuan SMS berhadiah seperti ini, jika anda merasa tidak pernah mengikuti undian apapun, tiba-tiba ada sms maka patut dicurigai, saran kami agar selalu waspada dan kritis dalam menyikapi sms/telpon yang menjanjikan hadiah, harap langsung konfirmasi kepada operator nomor ponsel masing-masing atau abaikan saja.
Bagi Anda pegawai operator indosat yang membaca berita ini, agar segera menindaklanjutinya, agar konsumen anda tidak dirugikan, dan penipuan semacam ini tidak terjadi lagi.
Silahkan sebarkan informasi ini agar orang lain tidak banyak tertipu. WASPADALAH ! WASPADALAH !!
Penulis : Gusti [sumber : http://www.palembangdotkom.com/2013/02/26/waspada-penipuan-berhadiah-mobil-dari-indosat/


Melihat hal semacam ini akhirnya saya kunjungi situs indosat http://www.indosat.com/enquiry untuk memberikan masukan plus pemberitahuan agar Indosat juga berperan mencegah penipuan.Dan saya dapat jawaban dari pihak Indosat via e-mail sebagai berikut :

Yth. Bapak/Ibu,

Terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu yang telah menggunakan layanan Indosat.

Dengan senang hati membantu Bapak/Ibu memberikan informasi mengenai kebenaran isi SMS yang Bapak/Ibu terima mengenai hadiah Toyota Avanza dari PT.Indosat Poin Plus-Plus.

Sehubungan dengan perihal tersebut, dapat kami informasikan bahwa hal itu tidak benar, kami sarankan Bapak/Ibu abaikan dan lebih berhati-hati terhadap hal sejenis. Karena informasi seperti ini tidak Indosat kirimkan melalui SMS, Indosat hanya memiliki link portal informasi resmi di www.indosat.com atau bisa hubungi Custumer Service kami di 100.

Informasi mengenai produk dan layanan Indosat juga dapat ditanyakan melalui layanan Call Center 24 jam Indosat yaitu 100 dari Im3 dan Mentari, 111 dari Matrix dan Starone atau (021)54388888 atau mengirimkan email ke customer_service@indosat.com.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Contact Center Officer Indosat.



Sang penipu lebih sering ganti-ganti nomor…….ingat ya hehehe..

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus