29.10.13

Cara Membuat Kata Pengantar

Tatacara membut kata pengantar untuk makalah, skripsi atau laporan. Kata pengantar adalah bagian dari makalah yang disertakan guna sebagai pembuka terhadap sebuah makalah dengan tujuan bentuk sambutan bagi para pembaca dari penulis sebuah makalah, laporan,buku. Kata pengantar sangat perlu dibuat oleh penulis makalah, buku dengan harapan ada ketertarikan dan perhatian bagi pembacanya.
kata pengantar
Untuk itu dalam artikel kali ini Raja Jempol coba berbagi bagaimana cara membuat kata pengantar beserta contohnya agar makalah,laporan,biku,skripsi jadi menarik untuk dibaca. Sebelum Raja Jempol berikan langkahnya perlu diketahui kata pengantar harus memenuhi beberapa bagian yaitu :
a. Judul : Kata Pengantar
b. Sambutan pujian kepada Tuhan atas terselesainya makalah,laporan,skripsi tersebut
c. Judul dari makalah,laporan tersebut dicantumkan kedalam isi kata pengantar
d. Tujuan penyusunan makalah,laporan,skripsi
e. Ucapan terima kasih kepada fihak-fihak yang telah membantu terselesaikannya makalah tersebut.
f. Alinea penutupan disertai permintaan masukan dari pembaca
g. Tanda tangan penulis

Berikut ini beberapa langkah tersebut :
1. Buat judul : KATA PENGANTAR, dengan huruf tebal dan capital letakkan pada posisi tengah-tengah.
2. Ukuran font 12, jenis font time new roman dan paragraph “justify”
3. Maksimal 5 alinea saja, jangan terlau panjang dan juga jangan terlalu singkat
4. Aline pertama diawali dengan kalimat pujian pada Tuhan, misalnya : Dengan memanjatkan puji Syukur kehadirat Tuhan YME……..
5. Judul makalah diletakkan pada akhir alinea pertama.
6. Tujuan penulisan makalah letakkan pada alinea kedua
7. Dilanjutkan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu tersusunnya makalah tersebut, misalnya, dosen, guru, tokoh tertentu dan lain-lain tergantung tema makalahnya.
8. Alinea terakhir penutup yang berisi anjuran untuk memberi masukan dan ucapan terima kasih. Usahakan jangan terlalu bertele-tele atau terlalu pede.
9. Tanda tangan penyusun, disertai tempat dan tanggal penyusunan makalah letakkan pada pada kanan bawah.

Itulah beberapa langkah-langkah cara membuat kata pengantar, bersama ini Raja jempol juga sertakan beberapa contoh kata pengantar.
1. contoh kata pengantar untuk Skripsi

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat serta hidayah-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul :”Penerapan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kesejahteraan penai didesa Raja Jempol “. Skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui bahwa dengan penerapan teknologi tepat guna akan menambah kemampuan para petani mengolah lahannya dengan baik.

Adapun skripsi ini, penulis susun untuk memenuhi salah satu pesyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Pertanian di Universitas Raja Jempol . Dalam menyusun Skripsi ini penulis mendapat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak yang telah bersedia meluangkan waktu, tenaga dan pikiran yang begitu berharga sampai terselesaikannya skripsi ini.
Melalui kesempatan ini perkenankanlah penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada :
1. Drs..........., selaku Rektor Universitas Raja Jempol Sidoarjo
2. Drs..........., selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Raja Jempol Sidoarjo
3. Dra..........., selaku Kaprodi Fakultas Pertanian Universitas Raja Jempol Sidoarjo
4. Drs..........., selaku dosen pembimbing yang selalu mengarahkan sehingga skripsi ini dapat terselesaikan
5. Segenap dosen Fakultas Pertanian yang telah memberikan ilmunya sehingga mengantarkan penulis dalam menyelesaikan studi pada Fakultas Pertanian
6. Teman-teman guru yang memberi sumbangsih kepada penulis baiik material maupun spiritual.
7. Rekan mahasiswa angkatan 9999 jurusan Pertanian di Universitas Raja Jempol Sidoarjo.

Akhirnya penulis berharap semoga skripsi ini dapat memberikan manfat yang besar bagi pembac dalam upay untuk kemajuan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia secara keseluruhan baik sekarng maupun dimasa yang akan datang. Penulis menyadari bahwa hasil penelitian ini masih kurang dan belum sempurna. Untuk itu karena keterbatasan kemampuan yang penulis miliki, maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak untuk kesempurnaan skripsi ini.


2. Contoh kata pengantar Makalah
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun makalah dengan judul “Cara Memperoleh Sambungan Internet” ini tepat pada waktunya.

Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Akhir kata, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.

3. Contoh kata pengantar Makalah TIK
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, kita dapat menyelesaika tugas ini dengan baik. Dalam pembuatan tugas ini setidaknya terdapat hal-hal yang menambah kita untuk memperoleh informasi dan komunikasi yang semakin berkembang di Era Globalisasi.

Selanjutnya kami menyadari jika dalam pembuatan Makalah ini banyak berbagai pihak, yang memberi dukungan dan sambutan sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang pertama kepada :Bpk. Raja selaku guru mapel TIK pembimbing dan teman-teman yang telah ikut membantu kami secara langsung ataupun tidak langsung.

Semoga pembuatan Makalah ini dapat membantu para siswa dalam mempelajari mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna,oleh karena itu dengan segala kerendahan hati ,kepada para pembaca kami mohon dapat menyampaikan saran dan kritik untuk perbaikan selanjutnya.


Itulah cara membuat kata pengantar makalah, skripsi, buku, laporan dengan berbagai tema isinya, semoga bermanfaat.





0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus