1.11.13

Trik Dan Tips Kampanye Pemilu

Tips dan trik kampanye adalah artikel Raja Jempol kali ini berhubung masa peilu 2014 tinggal “menghitung hari” seperti lagunya Kris Dayanti KD janda cerai Anang Ashanty. Tak dapat dipungkiri dana untuk kampanye teraatlah besar hampir mencapai ratusan juta, akan tetapi dana tersebut tidak menjamin seorang caleg akan terpilih. Uang yang untuk membeli baliho , poster dan bendera bagai bakar kemenyan saja habis begitu cepat, bukan berarti saya anjurkan edukun lho hehehe.
Untuk itu Raja Jempol berusaha memeberikan tips dan trik kamapanye yang cerdas dan mengena sasaran pemilih.
partai 2014
Apa yang harus dilakukan seorang caleg ? berikut ini sedikit langkah-langkahnya :
1. Terlebih dahulu caleg harus mensurvey berapa jumlah calon pemilih diwilayah dapil caleg, dari mulai jenis kelamin dan yang terpenting usia dan pendidikan.
2. Setelah mengetahui target calon pemilih pilah-pilah cara mendekati pemilih dengan pola yang berbeda sesuai usia mereka.
3. Poster dan baiho tidak usah banyak cukup 2-3 poster saja ukuran sedang taruh ditempat banyak orang berkumpul dipusat dapil.
4. Poster jangan Cuma foto saja, tapi sertakan foto tokoh yang dapat dijadikan referensi seperti ketua partai, sertakan juga misi dan visi, untuk logo partai jangan terlalu besar, dikarenakan masyarakat mulai jenuh dengan partai. Lebih bagus sertakan panduan tata cara mencontreng.
5. Tidak usah kampanye dengan memasang bendera partai, karena tidak seberapa pengaruh.
6. Untuk mendekati calon pemilih wanita/ibu-ibu dewasa, dekati dengan membuat momen yang berhubungan dengan rumah tangga, seperti kursus singkat gatis: memasak, membuat keterampilan,senam diet dan sejenisnya, tidak usah memberikan kaos partai sebagai souvenir, namun berikan peralatan dan perlengkapan pada momen kursus tersebut.
7. Untuk mendekati pemilih bapak-bapak/pria usia deawasa, dekati dengan melihat apa pekerjaan mayoritas mereka, kalau petani bisa adakan penyuluhan pertanian, begitupula peternak dan sejenisnya.
8. Untuk mendeati pemilih usia remaja bisa dilakukan dengan berbagai cara :
- Menggunakan media jejaring sosial seperti facebook
- Memberikan kursus gratis untuk pelajar kelas 3 SMA tentang UAN
- Mengadakan lomba-lomba bertemakan pendidikan, olahraga dan musik
- Dekati dan satukan ormas pemuda dan karangtaruna dengan adakan silaturahim akbar atau momen hiburan yang mendidik.
9. Utamakan kampanye maksimal didapil anda dan usahakan anda dikenal mereka dengan turun langsung bukan Cuma poster saja.
10. Utamakan mereka memilih anda bukan partai anda, utamakan diri anda daripada partai anda.

Itulah beberapa tips dan trik kampanye jelang pemilu 2014, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus