2.11.13

Memilih Mainan Untuk Balita

Memberikan jenis mainan pada balita anda sangatlah penting diketahui agar balita tidak emngalami gangguan kesehatan pada tubuhnya akibat mainan tersebut. Anak-anak usia balita dari mulai belajar berjalan hingga mulai berjalan amatlah rawan bebuat terhadap benda-benda disekelilingnya, seperti perilaku menggigit, melempar, menidurinya dan lain-lain. Untuk itulah perlu langkah-langkah dan tips bagaimana memberikan mainan pada anak usia balita.
mainan untuk balita
Raja Jempol dalam artikel kali ini mencoba memberikan tips bagaimana agar balita aman dari benda atau mainan. Berikut ini ada beberapa langkah yang perlu dilakukan :
1. Jauhkan balita dari benda-benda yang membahayakan, seperti colokan listrik, benda tajam, dan benda-benda kotor.
2. Jangan letakkan balita pada tempat yang tinggi, berlubang, dekat sumber api dan dekat jalanan
3. Tempatkan balita pada tempat tertutup yang ada sirkulasi udara dan cahaya, kalau ditempat terbuka usahakan balita tidak bias keluar dari tempat tersebut, tutup pintu pagar rumah/pekarangan.
4. Jangan satukan balita dengan hewan piaraan, seperti kucing, anjing, ayam hias, atau burung karena jika hewan tersebut bias dikawatirkan menyerang balita jika disentuh balita.
5. Berikan jenis mainan yang tidak membahayakan bagi balita.

Adapun jenis mainan yang tidak membahayakan bisa dikategorikan menurut bahan-bahan dari mainan tersebut, yaitu sebagai berikut :
1. Mainan yang berbahan lunak seperti karet , plastik, kain dan kayu.
2. Mainan yang tidak mengandung aliran listrik baik dari baterei ataupun listrik walau rendah
3. Mainan yang tidak mengandung logam seperti paku, dan logam-logam lain.
4. Ukuran mainan yang lebih besar dari mulut balita, karena jika terlalu kecil dari mulut balita bisa dikawatirkan ditelan.
5. Mainan yang tidak mudah patah/putus atau rontok,pecah.
6. Mainan yang bentuknya tidak menakutkan, misalnya boneka hewan yang menakutkan seperti harimau dan lain-lain
7. Jenis mainan yang lucu dan menyenangkan balita
8. Mainan yang tidak mudah kotor atau menyerap kotoran.

Itulah beberapa langkah dan jenis mainan untuk balita anda agar aman bermain ketika ibu sibuk memasak atau mengurus kebutuhan rumah tangga. Selain itu perhatikan kebersihan mainan tersebut, usahakan membersihakan mainan setiap kali akan memberikannya.
Semoga bermanfaat artikel bertemakan Ibu, Anak dan balita ini.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus