9.9.18

Tanaman Timun Emas

Mengenal Tumbuhan Timun Emas, Mungkin kita tak asing lagi dengan nama Timun Emas dalam sebuah cerita, dongen pengantar tidur anak. Timun Mas adalah seorang gadis cantik yang baik hati, cerdas, dan pemberani. Itulah sebabnya, ia sangat disayangi oleh ibunya yang bernama Mbok Srini. Suatu ketika, sesosok raksasa jahat ingin menyantap Timun Mas. Berkat keberaniannya, ia bersama ibunya berhasil melumpuhkan raksasa jahat itu. Kenapa raksasa itu hendak memangsa Timun Mas? Lalu, bagaimana Timun Mas dan ibunya mengalahkan raksasa itu?

Kisah lebih lengkapnya dapat anda baca dibuku-buku atau tulisan pada artikel blog yang tersebar dimana-mana tinggal ketikan “Timun Emas” pada Google serach engine maka akan ditemukan cerita tersebut.
Seperti apa Timun Emas dalam bentuk tumbuhan/tanaman yang sebenarnya ?

Dalam artikel singkat da jitu kali ini saya coba jelaskan ciri-ciri, bentuk tanaman mulai batang, daun dan buah tanaman timun emas agar kita mengenal tumbuhan yang melegenda tersebut. Kebetulan beberapa waktu lalu saya coba menenanmnya dipekarangan belakang rumah dan alhamdulillah tanaman tumbuh dan berbuah. Berikut saya paparkan secara singkat tentang tumbuhan timun emas ini.
Timun Emas
Jenis tanaman :
Timun emas merupakan jenis tanaman merambat dengan buah diatas. Cara hidupnya mermabat pada tanaman lain atau pagar-pagar rumah dari kayu.

Cara penanaman :
Cara menanam tanaman timun emas cukup mudah yaitu dengan cara stek dengan mengambil sebagaian batang tanaman kemudian ditancapkan pada tanah. Dengan disirami secara teratur maka akan tumbuh akar dari batang pohon tersebut.

Masa berbuah :
Timun emas tanaman yang relatif cepat berbuah, dalam satu bulan sudah berbuah, dan masa berbuahnya tidak tergantung musim, saat buah
dipanen/dipettik akan muncul bakal buah lainnya begitu seterusnya.
Ciri-ciri tanaman timun emas :
Adapaun ciri tanaman timun emas berbeda dengan timun sayur ataupun timun suri yang biasa dijual dipasar-pasar adalah mencakup bagian akar, batang, daun dan buahnya seperti berikut ini.
Akar
Akar timus emas termasuk jenis akar serabut yaitu akar yang cenderung banyak dan dangkal.

Batang
Batang Timun Emas
Batang timun emas menjalar dengan diameter kuarng lebih 2 cm, batang akan terus menjalar keatas mengikuti sinar matahari, semakin tinggi pohon yang dijadikan media permabatannya maka semakin panjang dan tinggi pula menjalarnya batang timun emas tersebut.
Batang yang tertanam ditanah akan bercabang dan abang-cabang tersebut akan tumbuh anak-anak batang seperti halnya tumbuhan bunga melati.

Daun
 Daun Timun Emas
Daun timun emas berbentuk segilima dengan lebar kurang lebih 4 cm, warna daun hijau dan tumbuh setaiap batang berjarak sekitar 10 cm.

Buah
Timun Emas
Buah timun emas seperti timun-timun biasa pada umumnya akan tetapi ukuran buahnya sangat kecil, panjang kira-kira 5 cm dan diameter 2 cm. Buah berwarna hijau muda dan bergaris-garis. Pada saat tua dan matang buah berwarna merah rasanya manis. Bijinya sangat banyak dan kecil-kecil.

Manfaat
Manfaat buah timun emas ini banyak sekali,
- Bisa dijadikan lalapan makanan
- Mampu mencegah penyakit daibetes dengan konsumsi secara rutin
- Mampu menurunkan tekanan darah tinggi
- Mampu menghilangkan pusing kepala, dan manfaat keshatan lainnya.

Itulah sedikit pemaparan singkat tentang buah timun emas yang telah melegenda, semoga bermanfaat .

3 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik,
    Untuk menambah pengetahuan manfaat buah-buahan saya merekomendasikan
    http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/852-temukan-manfaat-buah-naga-yang-sarat-nutrisi

    BalasHapus

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus