7.9.18

Gambar dan Fungsi Input Device

Bagi adik-adik pelajar maupun orang yang ingin mengetahui lebih detail tentang ilmu computer, tentulah harus mengetahui beberapa peralatan computer. Raja jempol dalam artikel kali ini mencoba share beberapa peralatan input atau input device dan fungsinya masing-masing :

Raja Jempol Blog

a Keyboard. Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

Raja Jempol Blog

b.Mouse. Mouse bukanlah tikus namun sebuah alat input komputer, Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

Raja Jempol Blog

c.Touchpad. Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada laptop, sebagai penggerak kursor pada monitor melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut, dengan fungsi ini pula touchpad digunakan sebagi pengganti mouse. Pada gadget tertentu input device ini langsung pada monitor seperti gadget.

Raja Jempol Blog

d.Light Pen. Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Raja Jempol Blog

e. Joy Stick dan Games Paddle. Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Raja Jempol Blog

f. Barcode reader. Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.

Raja Jempol Blog

g.Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.

Raja Jempol Blog

h. Scanner. Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.

Raja Jempol Blog

i. Kamera Digital. fungsi dari kamera digital sama seperti fungsi kamera pada umumnya, yaitu untuk mengambil gambar dan menyimpannya dalam sebuah media. perbedaan kamera digital dgn kamera biasa adalah di media penyimpannya. pada kamera digital, gambar disimpan dalam bentuk format digital di sebuah media penyimpan digital (memory card).

Raja Jempol Blog

j. Mikropon dan Headphone. Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

Raja Jempol Blog

k.Graphics Pads - Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor, dengan teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat gambar grafik yang tajam.

Raja Jempol Blog

l.Card Reader. Alat ini berfungsi untuk membaca file yang tersimpan dalam memory card baik itu dari handphone atau kamera digital kemudian dipindahkan keberbagai media lainnya.

Untuk melihat lebih jelas gambar dan fungsi Input Device Klik dibawah ini :

1
Gambar Pertama
"KEYBOARD DAN FUNGSINYA"

1 komentar:

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus