27.8.18

#BukaInspirasi di Bukalapak

#BukaInspirasi Bukalapak di Hari Kemerdekaan RI. Saat ini saya menjalankan usaha kecil-kecilan disebuah kampung yang cukup jauh dari kota terutama dari kota Surabaya. Usaha yang saya jalankan bergerak dalam bidang jasa Servis komputer, servise laptop, servis printer dan pengeprintnan.
Usaha Bukalapak
Namanya juga jasa servise tentu membutuhkan sparepart, komponen dan perangkat yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan komputer, laptop, printer milik pelanggan. Dan alhamdulillah usaha saya berjalan lancar dan konsumen semakin banyak. Ada sedikit kesulitan dikarenakan usaha ini masih saya tangani sendiri, yaitu kesulitan mengatur waktu dan kesulitan untuk mencari sparepart komponen laptop, printer model tertentu terutama yang sudah jadul.

Karena jauhnya lokasi usaha saya kekota Surabaya dimana disitulah banyak dijual komponen-komponen tersebut, untuk menuju kesana butuh waktu dan biaya transportasi walau sekedar isi bahan bakar motor, namun waktu perjalanan yang cukup jauh inilah yang disayangkan. Kadang seharian untuk mencari satu komponen malah tidak mendapatkan sama sekali.
Sayangkan ? waktu terbuang sia-sia padahal dengan waktu tersebut bisa kita gunakan untuk pekerjaan lain, karena berharganya waktu tersebut orang-orang sukses sering bilang “Time Is Money”.

Seiring majunya teknologi dan maraknya medsos, saya juga berusaha mencari komponen tersebut melalui Facebook, BBM, Whatsapp, dan lain-lain akan tetapi ada beberapa kelemahan, antara lain :
Penjual yang tidak jelas identitasnya, barang yang belum terjamin kualitasnya dan lokasi transaksi atau istilahnya COD yang tidak memungkinkan. Tak heran kalau transaksi via medsos tersebut sering dijumpai kasus penipuan.
Kalau kena tipu kan manyuuun kawan ????

Saat belanja komponen laptop, printer, atau aksesoris lainnya ke Hi-Tech Mall Surabaya yang merupakan pusat perbelanjaan komputer, spareparts dan aksesoris di Surabaya, sering juga lho malah dapatnya stock lagi kosong. Lalu bagaimana agar tahu stock ditoko tersebut ada ? oh ternyata toko-toko tersebut juga membuat Online Store.
Dari situlah saya mmendapatkan inspirasi untuk mencari komponen-komponen yang sulit dicari secara offline dengan mencari dan belanja online, di Bukalapak.

Kenapa musti Bukalapak ?
Ada beberapa alasan kenapa saya belanja dan mencari komponen tersebut di Bukalapak. Banyaknya penjual atau pelapak di situs tersebut, dan ternyata toko komponen yang biasa saya datangi di kota Surabaya juga memajang produk mereka di Bukalapak, itu alasan pertama saya.
Alasan kedua, tingkat kepercayaan konsumen pada pelapak tinggi sebab Bukalapak menjamin keamanan transaksi antara pembeli dengan pelapak, jika barang belum dikirim, batal dikirim, atau stok barang kehabisan tapi pembeli telah mentransfer uang pembayaran , Bukalapak memberikan jaminan 100% uang kembali kepada pembeli untuk setiap transaksi yang berlangsung melalui sistem pembayaran Bukalapak.
Dana transaksi akan dikembalikan jika:
 Pelapak tidak mengirim barang dalam 2x24 jam setelah pembayaran
 Pelapak menolak pesanan
 Pelapak di-non-aktifkan dari Bukalapak
 Transaksi dibatalkan atas kesepakatan pelapak dan pembeli, dana atas transaksi yang dibatalkan atau ditolak pelapak akan dikembalikan ke BukaDompet kamu.
Sumber : Info Bukalapak : Jika Sebagai Pembeli Pesanan Ditolak Pelapak

Alasan ketiga. Kemudahan transaksi serta cepatnya pengiriman, dengan cukup install app Bukalapak di smartphone, kita bisa mencari barang sekaligus transaksi dengan mudah. Namun terlebih dulu harus mempunyai akun di Bukalapak, ini penampakan Bukalapak di smartphone jadul saya,
App Bukalapak
Dengan aplikasi Bukalapak di smartphone kita juga bisa mendapat pemberitahuan secara berkala dari mulai promosi, produk baru, discount dan semarak Bukalapak lainnya.
Kecepatan pengiriman barang juga saya rasakan, transaksi hari ini, dalam waktu kurang lebih 3 hari barang yang saya pesan sampai dirumah, lamanya pengiriman tergantung lokasi alamat pelapak penjual dari lokasi pembeli.
Untuk itu saya beri sedikit tips belanja di Bukalapak agar barang yang kita beli cepat sampai, simak baik-baik tips berikut ini :
Cari produk , barang yang anda beli dari pelapak/penjual yang lokasi atau alamat pelapak dekat dengan alamat anda satu propinsi sebelum kelokasi yang jauh

Dari #BukaInspirasi Belanja di Bukalapak , sekarang saya tidak lagi buang-buang waktu perjalanan untuk mencari komponen dan produk baru, cukup pegang hape, cari barang transaksi, tinggal menunggu barang tiba sambil mengerjakan pekerjaan lain ditempat usaha.
Itulah sedikit pengalaman saya dalam menjalankan usaha sehari-hari , selamat meraih sukses bersama Bukalapak.
Joint Bukalapak

1 komentar:

  1. Sangat menginspirasi sekali kak artikelnya, saya juga pengguna Bukalapak. Ya penjual, ya pembeli juga. Tapi saya terus berusaha supaya kiat sukses berwirausaha biar kelak masa depan bisa baik.

    BalasHapus

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus