10.8.20

Contoh RPP K13 Pandemi Corona

Contoh RPP K13 Pandemi Corona ini saya buat guna membantu para guru dalam rangka menerapkan pendidikan kepada anak didiknya sesuai dengan ketentuan SOP Covid 19. Dimana saat ini pendidikan ditengah dilema saat wabah Covid 19 made China mewabah. Anjuran menjaga jarak, menjaga kegiatan luar rumah hingga pendidikan diatur dalam tiga pola, visit home, daring, dan luring. Perubahan tersebut tentu membutuhkan perencanaan pembelajaran bagi guru agar pembelajaran tetap berjalan ditengah wabah Covid ini , salah satunya membuat RPP ditengah wabah corona. 


 RPP Kurikulum 2013 revisi tahun 2018 merupakan kelanjutan implementasi Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 yang mengintegrasikan PPK, keterampilan Abad 21 atau 4C, Literasi, dan HOTS. 
1. Mengintegrasikan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) di dalam pembelajaran, yaitu mengintegrasikan dan mengembangkan karakter terutama 5 karakter: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. 
2. Mengintegrasikan literasi, yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. 
3. Mengintegrasikan dan mengembangkan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
4. Mengintegrasikan HOTS, yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP) Sekolah : SMA …….. 
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia 
Materi Pelajaran : Menganalisis Puisi 
Kelas/Semester : X/Genap 
Alokasi Waktu : 3 x 45’ A. 
 Kompetensi Inti (KI) KI-1 : 
 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional. 
KI3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif, dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan 

 B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
3.8 Menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat)
 3.8.1 Mengidentifikasi struktur fisik dan stuktur batin teks puisi 
3.8.2 Menjelaskan struktur fisik dan struktur batin teks puisi 
3.8.3 Menanggapi struktur fisik dan struktur batin teks puisi. 
3.8.4 Menafsirkan isi struktur fisik dan strutur batin dalam puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan 
 4.8 Menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memerhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) 
4.8.1 Memilih tema sosial, budaya, dan atau kemanusiaan 
4.8.2 Mengamati objek yang sesuai dengan tema pilihan 
4.8.3 Mendata katakunci sesuai dengan tema pilihan 
4.8.4 Menulis puisi dengan memperhatikan struktur fisik dan struktur batin 

 C. Tujuan Pembelajaran Melalui pendekatan pedagogi genre peserta didik dapat menganalisis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) hingga terampil menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan kreatif, kerja keras dan penuh percaya diri. 

 D. Materi Pembelajaran 
1. struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, verifikasi: rima, ritme, dan metrum) 
2. struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat) 

 E. Pendekatan Pembelajaran/ Model/ Metode Pendekatan : saintifik Model : sintesis dari tiga pendekatan(pedagogi genre, saintifik, dan CLIL) Metode : ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, 

F. Media/Alat/Bahan Puisi Subagyo Sastro Wardoyo yang berjudul “Gadis Peminta-minta” dan “Nuansa Budaya Indonesia” karya Destriani Hamidah 
G. Sumber Belajar Bambang Pramono. 2016. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X. Surakarta: Mediatama. Kosasih, Engkos. 2004. Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya. 

Kegiatan Pembelajaran 
- Daring 
- Luring 
- Visit Home 
- Pemberian tugasberskala 

Media pembelajaran : 
 - Video singkat 
- PPT power point 
- Pdf
 - Flipbook Intinya 

RPP K13 Corona tak beda jauh dengan RPP yang sebelumnya ada, hanya saja metode pembelajaran dan media pembelajaran yang perlu dirubah, pada artikel selanjutnya raja jempol akan memberikan cara membuat media pembelajaran daring dengan berbagai format.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus