5.6.20

Wedang Mengkudu Untuk Obat Darah Tinggi

Siapa yang tidak tahu tanaman satu ini yang banyak tumbuh dan mudah tumbuh didaerah Indonesia. Tanaman ini banyak dijumpai dikebon-kebon, tanaman yang tinggnya tidak sampai 5 meter ini dengan daun lebar serta rindang dan buh berbiji banyak mengkudu namanya. Buah mengkudu banyak kegunaannya, daun mudanya biasa diolah menjadi jamu untuk perawatan kulit agar halus, bebas jerawat dan gatal-gatal jamu kudu laos adalah olahan dari daunnya.
Buah mengkudu biasa juga dibuat untuk rujak, karena bijinya yang banyak ini membuat rujak mengkudu kurang disukai. Buah mengkudu yang sudah matang yang biasa disebut pace sering menjadi makanan burung trucukan dan juga bermanfaat mengusir tikus karena baunya menyengat.
Diantara beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yaitu menjaga tekanan darah tinggi, merawat rambut lambat beruban dan lain-lain. Karena mengkonsumsi buah mengkudu yang sudah matang atau pace kurang diminati karena rasa dan bau yang kurang sedap. Maka saya @Id.Djoen si Raja Jempol pada artikel kali bagaimana agar bisa mengonsumsi buah megkudu tanpa harus memakan buahnya yang matang, yitu dengan membuat wedang sari mengkudu.
Bahan yang diperlukan tentu saja buah mengkudu, gula/gula merah, jeruk nifis, dan madu.
Langkah-langkah pembuatan wedhang mengkudu secara singkat seperti berikut ini :
1. Siapkan alat dan bahan buah mengkudu, gula jawa/gula, jeruk nifis, dan madu
2. Ambil dan cuci bersih beberapa buah mengkudu
3. Iris-iris mengkudu menjadi kecil-kecil
4. Rebus buah mengkudu hingga masak
5. Saring hangat-hangat air rebusan buah mengkudu tersebut
6. Beri seiris jeruk nifis, gula, dan madu
7. Aduk hingga rata
8. Wedhang mengkudu siap dikonsumsi untuk menjaga stamina tubuh anda.

1 komentar:

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus