11.8.20

Media Pembelajaran Daring

 

Pandemi corona memaksa semua orang merubah aktivitasnya guna menceegah meluasnya wabah ini.dibidang pendidikan salah satunya yang harus merubah sistem pembelajaran. Salah satu jenis pembelajaran tersebut adalah pembelajaran daring.


Apa itu daring ? Dengan kata lain, pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan lainnya.

Berbeda dengan daring, sistem pembelajaran luring merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka. Menurut KBBI Kemendukbud, luring adalah akronim dari luar jaring(an); terputus dari jejaring komputer. Misalnya, saat siswa dan mahasiswa belajar melalui buku pegangan siswa atau mahasiswa dan tenaga pengajar.

Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, Whatsapp Grup, Line Grup dan lain-lain membutuhkan kuota internet dan juga terkadang smartphone siswa tidak kompitable dengan aplikasi tersebut serta jaringan internet yang belum merata adalah kendala dari sistem daring tersedia Untuk itu diperlukan media pembelajaran daring yang tanpa harus merepotkan siswa.

Diantara media pembelajaran daring tersebut meliputi :

1.      Video Singkat

Video pembelajaran singkat ini bisa dibuat dengan durasi sesuai APK yang digunakan untuk mengirim ke siswa diantara APK yang populer dan digemari siswa adalah Whatsapp, seperti diketahui durasi maksimal pengiriman video pada whatsapp adalah 6 menit, untuk itu buat video durasi maksimal 6 menit dan buat berseri sesuai topik/tema pembelajaran yang akan diberikan.

2.      PPT (Power Point Presentase)

Buat modul pembelajaran dengan slide-slide power point yang bisa disisipi gambar, atau diconvert menjadi video, kirim PPT melalui apk Line atau Whatsapp

3.      File PDF

File PDF adalah umum digunakan untuk menyimpan file yang tidak bisa dirubah, dengan membuat modul berupa file PDF siswa akan sama halnya membaca sebuah buku hanya kita buat singkat dan mudah dipahami siswa serta dalam pdf ini guru bisa memberikan tugas belajar.

4.      E-book digital Flipbook

e-book digital atau Flipbook adalah file digital yang bisa dibuka sebagaimana layaknya satu paket buku hanya saja bukan cetakan tapi file yang bisa dibuka dengan apk yang mengandung flash flyer yang banyak dijumpai di android.

Keempat media pembelajaran daring diatas adalah salah satu media pembelajaran yang layak digunakan pada pendidikan daring tanpa harus banyak membebani kuota smartphone para siswa.

Itulah informasi singkat tentang media pembelajaran daring artikel selanjutnya akan saya jabarkan satu persatu cara membuat keempat media pembelajaran tersebut.

0 comments:

Posting Komentar

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus