16.8.20

Membuat Video Tutorial Pembelajaran

 

Salah satu cara model pembelajaran adalah dengan cara membuat video Tutorial yang merupakan rekaman dari Guru yang akan diberikan kepada anak didiknya. Dalam membuat video ini butuh kejelian dari mulai durasi hingga besar video yang dibuat, sebab media apk yang digunakan untuk mengirim video tersebut mempunyai batasan maksimum pengiriman.

Disini akan saya jabarkan dua cara membuat video tutorial pembelajaran dengan menggunakan fsilitas whatsapp dan channel youtube.

 

Mari kita mulai :

1.      Membuat video tutorial dengan media pengiriman apk Whatsapp.


§  Sebelum membuat video terlebih dahulu anda harus membuat whatsapp group yang fokus pada mata pelajaran yang anda ajarkan, ajak masuk semua anak didik kedalam grup tersebut, dengan grup ini anda bisa mengirim video atau tugas belajar kepada siswa tanpa harus kesatu persatu anak. Anda posting kedalam grup anak didik tinggal download.

§  Seperti diketahui ukuran video yang dikirim melalui apk whatsapp maksimal 16MB atau durasi sekitar 6 menit.

§  Buat rekaman video dengan durasi tidak lebih dari 10 menit, kemudian edit video tersebut dengan menggunakan aplikasi movie maker bawaan OS untuk memberi judul, titel dan teks pendukung lainnya.

§  Setelah itu Compres video agar ukuran menjadi kecil tidak lebih dari 16 MB, compress video ini bisa menggunakan banyak aplikasi pengedit semisal “Format Factory” dan lain-lain

§  Setelah ukuran file video tidak lebih dari 16 MB baru upload video tutorial tersebut kedlam grup whatsapp untuk didownload anak didik anda.

 

2.      Membuat video tutorial dengan media Youtube.

Cara ini mungkin paling mudah dan simple, tanpa membuat video sendiri akan tetapi kekreatifan guru dipertanyakan anak didiknya yang pandai dan kritis, untuk itu alangkah baiknya ikuti langkah-langkah berikut ini :


Langkah 1 – Buat Channel Youtube

§  Channel youtube bisa dibuat dengan mudah dengan syarat anda telah mempunyai akaun Google sebab Youtube bagian dari Google.

§  Setelah itu brwosing diyoutube video tentang pembelajaran setelah ketemu download dan simpan dalam komputer anda.

§  Edit video tersebut dengan menambahkan video pembuka atau teks lainnya, jangan lupa sertakan sumber asli video tersebut.

§  upload file video tersebut ke akun YouTube milikmu.

§  Copy link video, Jika file video yang akan dikirimkan sudah berhasil di-upload di YouTube, selanjutnya kamu copy link video tersebut. Caranya, ketuk ikon titik tiga kemudian pilih menu 'Share'.

§  Setelah itu, kamu pilih opsi 'Copy link'.Langkah berikutnya, kamu cari dan buka kontak WhatsApp orang yang akan kamu kirimkan file video-nya.

§  Selanjutnya, kamu paste dan kirimkan link video yang sudah di-upload ke YouTube tadi.

§  Jika semua langkah di atas telah berhasil dilakukan, sekarang orang yang kamu kirimkan tersebut tinggal download video YouTube-nya deh.

 

Pembuatan Channel ini penting mengingant Channel video yang anda downlaod terkadang bercampur-campur jenis konten videonya.

1 komentar:

Sara Jorok Spam ma'af , Saya Hapus